12 Penyebab Shopee Pinjam Tidak Muncul Dan Solusinya

Inne November 25, 2023

Shopee Pinjam tidak muncul merupakan kendala yang umum terjadi di sebagian para pengguna. Biasanya hal ini terjadi karena perilaku pengguna itu sendiri.

Nah, jika memang Anda ingin mencoba menggunakan layanan dan fiturnya Anda bisa mempraktekan sejumlah solusi Shopee Pinjam yang tidak aktif di bawah ini.

Daripada penasaran, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini hingga selesai.

Apa Itu Shopee Pinjam?

Shopee Pinjam atau SPinjam Shopee adalah layanan pinjaman uang tunai yang disediakan oleh Shopee, sebuah platform e-commerce yang populer di Asia Tenggara.

Layanan ini memungkinkan pengguna Shopee untuk mengajukan pinjaman uang tunai secara online melalui aplikasi Shopee.

Pengguna dapat mengajukan pinjaman melalui aplikasi Shopee dengan mengisi formulir aplikasi dan memberikan informasi yang diperlukan seperti identitas pribadi, informasi keuangan, dan sebagainya.

Setelah pengajuan pinjaman diajukan, Shopee akan mengevaluasi dan memproses permohonan pinjaman tersebut. Jika pengajuan disetujui, maka dana pinjaman akan ditransfer ke akun pengguna dalam waktu singkat.

Namun Banyak dari pengguna Shopee yang mengeluhkan Fitur Shopee Pinjam di aplikasi mereka tidak muncul saat akan mengajukan pinjaman.

Hal ini tentunya membuat pengguna jengkel, maka dari itu artikel ini akan membahas penyebab Shopee Pinjam tidak muncul dan solusi untuk hal tersebut.

Baca Juga : 8 Cara Mencairkan Shopee Paylater Tanpa 2 Akun Terbaru

Penyebab Shopee Pinjam Tidak Muncul

✅ Shopee Pinjam Tidak Muncul 🔰Penyebab dan Solusinya
✅ Data Akun Tidak Valid 🔰Lengkapi Data Akun dan Verifikasi
✅ Akun Belum Cukup Umur 🔰Batas Waktu 3 Bulan Pengajuan
✅ Transaksi Minim 🔰Tingkatkan Transaksi Akun
✅ Ajukan Shopee Pinjam Sekarang 👉Klik Disini

Ada beberapa hal yang menyebabkan fitur Shopee Pinjam tidak muncul, yang mana diantaranya ialah sebagai berikut ini:

1.  Data Akun Belum Terverifikasi

Untuk mengaktifkan SPinjam shopee tentunya kamu harus melengkap data berupa identitas yang sudah terverifikasi.

Hal ini sering disepelakan pengguna dan menjadi salah satu penyebab utama shopee pinjam tidak muncul, kamu dapat mengetahui apakah data kamu sudah valid pada menu profil akun.

2. Transaksi Minim

Jarang atau minim melakukan kegiatan transaksi juga menjadi salah satu penyebab shopee pinjam tidak muncul.

Pengguna yang jarang atau tidak pernah menggunakan metode pembayaran dengan cicilan Shopee Pay Later juga termasuk dalam kategori transaksi minim sehingga SPinjam akunnya tidak muncul.

Baca Juga :   15 Aplikasi Bebas Biaya Transfer Bank dan Admin
Shopee Pinjam Tidak Muncul
Transaksi Minim

3. Tagihan Belum Terbayar

Tunggakan Pinjaman Pay Later atau cicilan lain belum selesai dibayar juga menjadi penyebab shopee pinjam tidak muncul.

Pastikan akun kamu bersih dari tunggakan dan hindari tunggakan yang lewat bahkan sudah dikenakan denda di layanan SPaylater, karena hal tersebut akan menjadi penilaian buruk saat akan mengaktifkan Shopee Pinjam di akun kamu.

4. Belum Izinkan Akses Lokasi

Biasanya saat akan mengunduh aplikasi shopee akan muncul notifikasi perizinan akses lokasi, Shopee Pinjam bisa tidak muncul apabila akses lokasi belum diizinkan di perangkat terinstal.

Berkaitan dengan akses lokasi, Lokasi pengguna yang mengajukan Shopee Pinjam berada di luar jangkauan (sulit dijangkau) juga menjadi penyebab Shopee Pinjam Tidak Muncul.

Shopee Pinjam Tidak Muncul
Izinkan Akses Lokasi

5. Usia Akun Belum Mencukupi

Pengguna shopee yang mengajukan Shopee Pinjam masih baru atau kurang dari 3 bulan.

Usia akun yang masih baru terdektesi sistem sebagai akun fresh yang perlu melewati masa waktu 3 bulan bahkan lebih cepat jika akun kamu ramai transaksi dan bersih dari pelanggaran.

Beberapa Penyebab Shopee Pinjam Tidak Muncul lainnya yang sering di ulas pengguna shopee namun belum diketahui apakah hal tersebut berpengaruh besar.

  • Belum memiliki kepercayaan atau tidak memenuhi syarat loyalty Shopee.
  • Akun Shopee melakukan pelanggaran sehingga bermasalah atau akun dalam moderasi.
  • Menggunakan aplikasi lama atau tidak diupdate ke versi yang lebih baru.
  • Sejumlah penyebab tersebut bisa menjadi masalah fitur Shopee Pinjam tidak muncul di akun Shopee Anda.

Solusi Shopee Pinjam Tidak Muncul

Pada dasarnya untuk menghidupkan atau mengaktifkan kembali fitur Shopee Pinjam yang tidak muncul ini tidak ada solusi atau cara yang khusus.

Meski demikian, Anda bisa berusaha dengan cara umum yang paling banyak ditemukan di antaranya:

1. Pastikan Tidak Memiliki Pinjaman Lain

Hal yang wajib Anda perhatikan dalam mengaktivasi Shopee Pinjam ialah memastikan ketidak adanya pinjaman atau tunggakan lain.

Perlu Anda pahami bahwa syarat menggunakan fitur Shopee Pinjam adalah pengguna tidak memiliki pinjaman lain.

Maka untuk itu pastikan Anda benar-benar tidak memiliki tunggakan lain, meskipun Anda menggunakan platform lain tetapi ini bisa merekam jejak pengajuannya di database.

Selain dari itu pastikan pula riwayat kredit Anda tidak bermasalah dan lancar, sebab ini menjadi poin pertimbangan pihak Shopee.

Shopee Pinjam Tidak Muncul
Lunasi Tagihan

2. Hindari Pelanggaran Aturan Shopee

Selanjutnya untuk solusi pinjam tidak muncul Anda bisa melakukannya dengan menaati aturan dan kebijakan dari shopee.

Jika Anda melakukan pelanggan akun Shopee, Anda bisa terkena moderasi akun atau akun dibatasi. Sehingga dengan ini, Anda tidak bisa menggunakan fitur pinjaman.

Baca Juga : 7 Cara Mencairkan Shopee PayLater ke DANA Tanpa Biaya 2023

3. Rutin Melakukan Transaksi di Aplikasi Shopee

Selanjutnya hal yang harus Anda perhatikan dalam menggunakan fitur Shopee Pinjam ialah dengan melakukan transaksi di Shopee dengan secara rutin.

Baca Juga :   7 Cara Convert Pulsa Ke DANA Minimal 10 Ribu 2023

Dengan melakukan kegiatan transaksi dengan secara rutin akun Anda akan terlihat aktif, tentu ini menjadi jejak transaksi yang bagus. Selain itu pengguna yang aktif dalam melakukan transaksi bisa menjawab persoalan kredibilitas si pengguna.

Hal ini bisa meningkatkan kepercayaan shopee pada akun Anda, bahkan jumlah transaksi yang Anda lakukan menjadi pertimbangan yang baik bagi Shopee.

Meningkatkan kegiatan transaksi pada akun Shopee bisa membuat pengguna meningkatkan levelnya mulai dari level Loyalty, Gold hingga Platinum

Dengan ini, Anda akan terhindari dari masalah Shopee Pinjam Tidak muncul, artinya pihak Shopee akan memberikan layanan Shopee Pinjam.

Dengan demikian, Anda bisa merasakan fitur tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Melengkapi Data Akun Shopee

Selain daripada itu para pengguna akun Shopee pun bisa melengkapi identitas diri untuk mengaktifkan fitur Shopee Pinjam.

Di mana pengguna bisa melakukan verifikasi data dengan melengkapi identitas diri mulai dari nama lengkap, username,  kontak aktif seperti Email dan nomor HP dan lain sebagainya.

Perlu Anda pahami bahwasannya dengan melengkapi identitas akun Shopee dapat meningkatkan kepercayaan pihak Shopee itu sendiri. Untuk memastikan kebenaran datanya, maka Anda pun harus melakukan verifikasi data dengan memasukan kode OTP.

Dengan meningkatnya kepercayaan pihak Shopee, maka Anda bisa terhindari dari masalah Shopee Pinjam tidak muncul dan Anda bisa mencoba menggunakan fitur tersebut.

Shopee Pinjam Tidak Muncul
Data Belum Terverfikasi

5. Menggunakan Fitur Layanan Cicilan Shopee Lainnya

Meskipun Anda tidak diwajibkan untuk menggunakan fitur layanan cicilan shopee lainnya, tetapi mulai saat ini Anda bisa mencoba mengaktifkannya untuk menangani permasalahan Shopee Pinjam tidak muncul.

Adapun layanan cicilan Shopee ini mencakup Shopee PayLater, kredivo atau Akulaku dan layanan cicilan lain yang tersedia di Shopee. Pastikan pulsa Anda tidak terlambat membayar cicilan kredit tersebut.

6. Mengupgrade Aplikasi Shopee ke Versi Baru

Permasalahan fitur Shopee Pinjam tidak muncul bisa jadi disebabkan oleh aplikasi Shopee yang Anda gunakan sudah lama tidak diupdate atau kadaluarsa sehingga tidak memunculkan fitur baru secara otomatis.

Maka cara lain untuk mengatasi permasalahan tersebut ialah dengan mengupgrade atau mengupdate aplikasi Shopee ke versi yang lebih baru.

Biasanya dengan melakukan pembaruan aplikasi ini, maka fitur dan layanan baru bisa bermunculan termasuk fitur Shopee Pinjam, sehingga Anda pun bisa menggunakan fitur tersebut berkat dari melakukan  pembaruan aplikasi.

Untuk melakukan pembaruan aplikasi Shopee bisa Anda lakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Pertama buka aplikasi Google Play Store (untuk Android) atau App Store (untuk iPhone).
  • Selanjutnya cari aplikasi Shopee di kolom pencarian dengan mengetikan kata kunci ‘Shopee’.
  • Kemudian buka hasil pencarian teratas yang relevan.
  • Selanjutnya klik opsi Update.
  • Silahkan tunggu untuk beberapa saat hingga pembaruan aplikasi dilakukan.
  • Setelah selesai, kini Anda bisa membuka kembali aplikasi Shopee dan mengecek fitur Shopee Pinjam. 
Baca Juga :   9 Cara Pembayaran TikTok Transfer Bank / Dompet Digital 2023

Umumnya cara ini cukup efektif untuk mengatasi permasalahan tidak adanya fitur dan layanan di Shopee.

7. Hubungi Customer Service

Jika semua langkah di atas sudah Anda lakukan tetapi fitur Shopee pinjam ini masih belum muncul, sehingga Anda kesulitan untuk menggunakannya, maka Anda bisa mencoba menghubungi Customer Service Shopee.

Anda bisa menghubungi CS Shopee melalui pusat bantuan atau email Shopee, tetapi jika Anda membutuhkannya secara darurat maka Anda bisa menelepon CS Shopee di nomor Call Center 1500702.

Tanyakan permasalahan Shopee Pinjam tidak muncul/aktif, dan CS Shopee akan menjelaskan solusi permasalahan tersebut. Silahkan ikuti solusi instruksi dari Shopee untuk bisa menikmati fitur layanan Shopee Pinjam.

Shopee Pinjam Tidak Muncul
Hubungi Costumer Service

Cara Memunculkan Shopee Pinjam Shopee

Jika sudah mengetahui penyebab dan solusi Shopee Pinjam Tidak muncul maka kamu dapat mengajukan pinjaman dengan cara di bawah ini:

  • Buka aplikasi Shopee dan masuk ke akun Shopee Anda. Jika Anda belum memiliki akun Shopee, daftar terlebih dahulu.
  • Setelah masuk ke akun Shopee, periksa menu navigasi yang terletak di bagian bawah aplikasi.
  • Klik ikon untuk Shopee Pinjam berupa ikon dompet atau ikon uang.
  • Ketuk ikon atau pilihan menu yang terkait dengan Shopee Pinjam. Ini akan membuka halaman Shopee Pinjam di aplikasi.
  • Di halaman Shopee Pinjam, kamu akan melihat informasi tentang pinjaman, persyaratan, dan proses pengajuan.
  • Untuk mengajukan pinjaman, ketuk opsi “Ajukan Pinjaman” atau “Mulai Sekarang” (tergantung pada tampilan aplikasi).
  • Isi formulir aplikasi yang diberikan dengan informasi yang diminta, seperti identitas pribadi, informasi keuangan, dan sebagainya.
  • Setelah Anda mengisi formulir aplikasi, ajukan permohonan pinjaman. Shopee akan mengevaluasi dan memproses permohonan pinjaman Kamu.

Keunggulan Fitur Shopee Pinjam

Shopee Pinjam merupakan salah satu fitur yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan pinjaman uang tunai. Fitur pengajuan pinjaman ini pun lebih aman dan mudah dibandingkan dengan mencairkan limit Shopee PayLater dengan jasa gestun.

Adapun rangkuman keunggulan fitur shopee pinjam ialah:

  • Proses pengajuan lebih mudah tanpa menggunakan jaminan.
  • Syarat hanya KTP tanpa slip gaji.
  • Tidak harus melakukan verifikasi nomor.
  • Pengajuan aman diawasi OJK.
  • Persetujuan cepat.

Tak heran jika banyak pengguna Shopee yang berburu untuk menikmati fitur Shopee Pinjam. 

Nah dengan segala solusi untuk menangani Shopee Pinjam tidak muncul di atas, diharapkan Anda mulai bisa menggunakan layanannya.

Kesimpulan

Shopee Pinjam Tidak Muncul
Shopee Pinjam Tidak Muncul

Pada dasarnya untuk menangani masalah fitur shopee pinjam tidak muncul ialah dengan menghindari penyebabnya baik itu dari segi kelengkapan data diri, loyalitas pengguna atau akun bermasalah.

Shopee Pinjam sendiri merupakan layanan Shopee yang memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk mengajukan pinjaman dalam bentuk saldo dengan limit tertentu.

Nah dengan penjelasan di atas, kini Anda tidak perlu bingung cara menangani permasalahannya, sehingga Anda bisa kembali menggunakan fitur Shopee Pinjam.