13 Cara Mengatasi Ongkir Yang Mahal Di TikTok

Sanra23 November 25, 2023

Sering belanja online di TikTok namun selalu terkendala dengan ongkir mahal? Pastikan kamu mencoba Cara Mengatasi Ongkir Yang Mahal Di TikTok di bawah ini.

Tidak bisa dipungkiri bahwa Saat ini tren belanja online lewat TikTok Shop sangat diminati, dan bahkan sudah menyaingi marketplace belanja online lainnya.

Namun Biaya pengiriman yang tinggi tentu membuat beberapa pengguna jengkel, namun tidak perlu khawatir karena ada beberapa Cara Mengatasi Ongkir Yang Mahal Di TikTok , Simak Ulasannya di bawah ini.

Penyebab Ongkir TikTok Mahal

Ongkir telah menjadi kepetusan akhir bagi banyak orang yang ingin membeli suatu produk pada suatu toko termasuk di TikTok.

Tidak jarang banyak pengguna yang batal membeli barang karena ongkir yang di dapatkan terlalu mahal.

Mengetahui penyebab ongkir TikTok mahal sudah menjadi salah satu Cara Mengatasi Ongkir Yang Mahal Di TikTok loh, Beberapa penyebab lainnya sudah mimin ulas di bawah ini :

1. Tidak Menggunakan Voucher

Penyebab utama Ongkir belanja online di TikTok mahal yaitu tidak menggunakan voucher gratis ongkir, voucher yang dimaksud dapat kamu klaim sebelumnya atau langsung menggunakannya pada menu voucher.

Perlu diketahui bahwa voucher saat belanja di TikTok ada dua yaitu Voucher gratis ongkir dan potongan ongkir.

Voucher gratis ongkir biasanya tersedia di akun yang baru pertama kali melakukan pembelian di TikTok, apabila sudah pernah maka voucher yang tersedia hanya voucher Potongan ongkir.

Menggunakan kedua voucher tersebut adalah Cara Mengatasi Ongkir Yang Mahal Di TikTok yang paling ampuh, jadi apakah kamu sudah klaim Voucher tersebut?

2. Belum Memenuhi Minimal Pembelian

Cara Mengatasi Ongkir Yang Mahal Di TikTok
Belum Memenuhi Minimal Pembelian

Selain belum klaim voucher, penyebab besarnya ongkos kirim di TikTok  yang kedua yaitu checkout produk tidak memenuhi minimal pembelian.

Biasanya toko dan jasa pengiriman menerapkan aturan minimal pembelian untuk pemberian ongkir yang lebih terjangkau.

Jika belanja kurang dari total pembelian, maka kemungkinan akan diberikan ongkir yang lebih tinggi.

Jadi agar ongkir TikTok bisa gratis atau lebih murah lagi, sebaiknya beli barang sesuai dengan minimal voucher yang telah diterapkan.

Baca Juga : 12+ Cara Mengatasi Akun TikTok Tidak Bisa Follow 2023

3. Berat Dan Dimensi Barang

Berat dan dimensi barang juga menjadi penyebab ongkir di TikTok mahal. Hal tersebut dikarenakan pihak jasa pengiriman menentukan biaya ongkir berdasarkan berat dan dimensi barang yang akan dikirimkan.

Baca Juga :   7 Cara Top Up Stumble Guys Pakai Pulsa, Codashop, DANA, Gopay, DLL

Semakin berat barang yang akan dikirimkan, maka semakin tinggi pula harga ongkir yang akan didapatkan, Biasanya jasa pengiriman menggunakan sistem pengukuran berat dan dimensi yang berbeda-beda.

Maka dari itu mengetahui berat dan dimensi barang yang akan kamu beli sudah menjadi salah satu Cara Mengatasi Ongkir Yang Mahal Di TikTok.

Adapun ketentuan yang telah diberlakukan oleh TikTok dan jasa pengirim yaitu berat barang yang akan dikirim tidak boleh lebih dari 1kg atau wajib dibawah 1 kg.

4. Voucher Tidak Berlaku

Voucher tidak berlaku atau telah berakhir juga dapat menyebabkan ongkir di TikTok menjadi tidak karuan.

Sehingga pelanggan tidak dapat memperoleh penawaran gratis ongkir atau potongan pengiriman barang.

Untuk itu sebelum melakukan ppembelian barang, sebaiknya cek terlebih dahulu masa aktiif voucher dan ketentuan yang telah diberlakukan.

5. Diluar Pulau Jawa

Biasanya pengiriman pulau Jawa memerlukan biaya, seperti biaya angkutan laut dan udara, serta biaya administrasi yang lebih tinggi.

Selain itu, hal ini juga disebabkan oleh masa jangkauan dan aksibilitas yang lebih sulit.

Maka sebaiknya pertimbangkan lokasi pengiriman dan bandingkan harga ongkir dari beberapa jasa pengiriman sebelum membeli barang dari luar pulau jawa.

Cara Mengatasi Ongkir Yang Mahal Di TikTok

✅ Cara Mengatasi Ongkir Mahal 🔰Aplikasi TikTok
✅ Penyebab Ongkir TikTok Mahal 🔰Tidak Memenuhi Minimal Pembelian
✅ Penyebab Lainnya 🔰Voucher Tidak Berlaku
✅ Solusi Utama 🔰Klaim Voucher Gratis Ongkir
✅ Alternatif Lainnya 🔰Belanja Di Hari Besar

Ongkir yang mahal tentu menjadi permasalahan yang besar, terutama jika kamu sedang membutuhkan suatu barang dalam keadaan yang mendesak.

Salah satu cara mengatasi ongkir yang mahal di TikTok yaitu dengan mengklaim voucher gratis ongkir.

Voucher gratis ongkir ini bisa kamu dapatkan ketika ingin mengcheckout suatu produk pada sebuah toko di TikTok.

Selain itu, TikTok juga sering sekali menawarkan promo diskon atau kode voucher yang dapat digunakan untuk mengurangi biaya pengiriman.

Berikut beberapa cara mengatasi ongkir yang mahal di TIkTok, yakni diantaranya :

1. Gunakan Voucher Yang Tersedia

Cara Mengatasi Ongkir Yang Mahal Di TikTok
Klaim dan Gunakan Voucher

Menggunakan voucher ongkir TikTok dapat menjadi salah satu cara mengatasi ongkir yang mahal di TikTok. Voucher ini bisa kamu klaim sebelum melakukan checkout barang di TikTok.

Biasanya voucher ini memberikan potongan harga atau diskon pada biaya pengiriman produk tertentu dengan minimal pembelian Rp30.

Jika memenuhi ketentuan, maka akan mengurangi biaya pengiriman yang harus dibayar.

Berikut adalah langkah-langkah menggunakan voucher ongkir di TikTok.

  • Cari pengguna yang sedang melakukan Live Streaming produk.
  • Klik Keranjang kuning.
  • Cek ketersediaan voucher ongkir diatas produk yag dijual dan klaik voucher.
  • Kemudian klik Beli.
  • Pilih warna dan ukuran baju, lalu klik Beli Sekarang.
  • Cek kembali apakah voucher yang sudah diklaim bisa digunakan, setelah itu pilih metode pembayaran yang tersedia.
  • Konfirmasi pembelian dengan menekan Buat Pesanan.
Baca Juga :   100 Star Facebook Berapa Rupiah? Ini Dia Cara Hitungnya√

Perlu diketahui, voucher gratis ongkir yang tersedia tidak dapat digunakan apabila pemesanan barang di TikTok masih kurang dari jumlah minimal penggunaan voucher.

2. Belanja di Hari Besar

Tidak jauh beda dengan aplikasi online shop lainnya, TikTok juga secara rutin memberikan promo atau diskon besar-besaran pada saat hari besar. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.

TikTok biasanya akan memberikan promo atau diskon besar saat Harbolnas, Harbolnas Elektronik, dan ditanggal dan bulan yang sama seperti 11.11 dan 12.12.

Jadi apabila kamu ingin membeli barang tidak dalam keadaan mendesak, sebaiknya belanja di hari besar saja agar mendapatkan gratis ongkir atau potongan ongkir dari TikTok.

Cara Mengatasi Ongkir Yang Mahal Di TikTok
Belanja di hari besar

Baca Juga : 15 Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir 2023

3. Gunakan Layanan Pengiriman Alternatif

Menggunakan layanan pengiriman alternatif dapat menjadi cara mengatasi ongkir yang mahal di TikTok dan sangat efektif untuk dilakukan.

Pasalnya, layanan pengiriman alternatif sering sekali menawarkan tarif yang lebih terjangkau dibandingkan dengan kurir tradisional.

Berikut beberapa alasan mengapa harus menggunakan layanan pengiriman alternatif dapat membantu mengurangi ongkir TikTok yang mahal.

  • Fokus pada Daerah Lokal – Layanan pengiriman alternatif biasanya beroperasi di daerah lokal atau regional tertentu. Jika pengiriman kamu berasal dari kawasan tersebut, maka ekspedisi akan menawarkan tarif yang lebih rendah karena jarak yang dekat.
  • Fleksibel dalam Pilihan Kurir – Beberapa layanan pengiriman alternatif memungkinkan kamu untuk memilih kurir yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Jadi kamu memiliki kesempatan untuk membandingkan tarif dari beberapa kurir.
Cara Mengatasi Ongkir Yang Mahal Di TikTok
Ubah Layanan Pengiriman

4. Pastikan Berat Paket tidak Melebihi Ketentuan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa penyebab ongkir di TikTok mahal yaitu berat barang yang telah dipesan melebihi kapasitas atau ketentuan yang telah diberlakukan oleh TikTok.

Karena pada umumnya, ketentuan berat paket biasanya diberlakukan oleh jasa pengiriman atau platform e-commerce untuk menentukan biaya pengiriman yang akan dikenakan.

Jadi hindari pemesanan barang melebihi berat yang telah ditentukan atau lakukan konfirmasi terhadap toko untuk meminta pertimbangan atau saran selanjutnya.

5. Gunakan Pembayaran Kartu Kredit

Cara mengatasi ongkir yang mahal di TikTok selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan kartu kredit.

Pasalnya, beberapa bank menawarkan diskon atau cashback untuk pembelian di aplikasi TikTok dengan menggunakan kartu kredit mereka.

Namun sebelum melakukan checkout produk, pastikan untuk memeriksa promosi dari bank tersebut untuk memastikan ketersediaannya.

6. Pilih Toko Dengan Label Gratis Ongkir

Memilih toko shopee yang sudah besar dan lengkap pastinya menyediakan label gratis ongkir untuk produk mereka dengan syarat tertentu.

Syaratnya bervariasi mulai dari minimal pembelian hingga metode pembayaran yang digunakan saat Checkout produk.

Memanfaatkan hal ini menjadi salah satu Cara Mengatasi Ongkir Yang Mahal Di TikTok yang dapat kamu coba.

Baca Juga :   10 Cara Menggabungkan 2 Foto Menjadi 1 Tanpa Aplikasi Gratis

Biasanya Toko yang dimksud merupakan toko dengan peringkat tinggi dan penjualan terbanyak di platform ini.

7. Belanja Di Toko Yang Sama

Cara Mengatasi Ongkir Yang Mahal Di TikTok yang satu ini lumrah digunakan di marketplace lain, dan dapat juga diterapkan saat belanja di TikTok.

Yaitu memaksimalkan belanja di satu toko agar ongkir digabung menjadi satu untuk keseluruhan produk yang diCheckout.

Namun cara ini hanya berlaku apabila produk yang akan kamu beli tersedia di satu toko tersebut, maka dari itu pilihlah toko yang cukup lengkap.

Bagaimana Cara Belanja di TikTok Shop Agar Gratis Ongkir?

Belanja di TikTok Shop merupakan suatu hal yang mudah untuk dilakukan dan hampir semua orang dapat melakukannya. Namun, tidak semua pengguna bisa mendapatkan promo gratis ongkir.

Ada dua cara belanja di TikTok Shop agar gratis ongkir, yaitu belanja di TikTok saat live dan belanja di TikTok Shop langsung.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mendapatkan gratis ongkir saat belanja di TikTok dari keduanya.

Baca Juga : 9 Cara Pembayaran TikTok Transfer Bank / Dompet Digital 2023

1. Belanja di TikTok Saat Live

Untuk cara mendapatkan gratis ongkir saat belanja di TikTok shop ketika sedang melakukan siaran langsung, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Cari dan pilih toko yang sedang melakukan siaran langsung produk .
  • Klik Keranjang kuning.
  • Klaim Voucher gratis ongkir dan pilih produk yang akan dibeli.
  • Lalu klik Beli.
  • Pilih ukuran, warna, dan jumlah, lalu klik Beli Sekarang.
  • Secara otomatis voucher gratis ongkir akan terpasang jika minimal pembelian produk memenuhi ketentuan voucher.
  • Pilih Metode Pembayaran yang tersedia, gunakan metode pembayaran yang menawarkan potongan harga.
  • Kemudian klik Lanjutkan > Transfer Bank Mandiri > Buat Pesanan.
  • Copy atau salin code pembayaran Virtual Account.
  • Terakhir, lakukan pembayaran menggunakan kode Virtual Account dengan cara paste kode tersebut.

2. Belanja di TikTok Shop Langsung

Cara Mengatasi Ongkir Yang Mahal Di TikTok juga bisa kamu akali dengan belanja langsung di TikTok Shop, berikut caranya :

  • Buka Aplikasi TikTok kemudian ketik nama Toko atau Produk pada kolom pencarian.
  • Jika sudah menemukan toko dan produk yang dicari, klik keranjang kuning.
  • Pilih etalase lalu kode produk yang ingin dibeli.
  • Tentukan warna, jumlah dan ukuran produk lalu klik beli sekarang.
  • Pilih metode pembayaran yang ingin digunakan.
  • Selesaikan pembayaran.
  • Done.

Kesimpulan

Cara Mengatasi Ongkir Yang Mahal Di TikTok
Cara Mengatasi Ongkir Yang Mahal Di TikTok

Ongkir yang mahal tentu akan menjadi permasalahan yang besar untuk kita sendiri, pasalnya hal ini dapat membuat sesorang untuk mengurungkan niatnya membeli produk yang diinginkan.

Namun saat ini ada banyak cara mengatasi ongkir yang mahal di TikTok beserta penyebabnya yang harus kamu hindari ketika melakukan checkout produk.

Semoga informasi cara mengatasi ongkir yang mahal di TikTok ini bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu diinformasi selanjutnya. Selamat Mencoba!