15 Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir 2023

Senior Kultural Oktober 6, 2023

Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir menjadi cara yang cukup banyak dicari akhir-akhir ini, pasalnya TikTok sedang gencar-gencarnya melakukan pemblokiran akun terhadap akun yang melanggar syarat dan kebijakan mereka.

Mengapa pemlokiran akun menjadi semakin sering dialami pengguna TikTok ? karena sangat mudahnya para penggguna baru mendaftar akun TikTok namun tidak memahami setiap aturan yang terdapat di platform video pendek yang satu ini.

Alhasil banyak akun TikTok yang terblokir dan ingin membukanya kembali dengan mencari Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir di Internet, menanyakan kepada teman dan sebagainya.

Bagi kamu yang mengalami hal serupa dan ingin tahu Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir, Maka tepat sekali kamu sedang membaca artikel ini karena kami akan mengulasnya secara lengkap di bawah ini, Baca sampai selesai ya sobat !

Penyabab Akun TikTok Diblokir

Sebelum masuk ke Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir, pastinya kamu penasaranya apa yang menyebabkan akun TikTok tersebut terblokir.

Ada beberapa alasan mengapa akun TikTok di banned oleh pihak TikTok, salah satu yang menjadi penyebab paling umum, yaitu tindakan spam. Berikut adalah faktor penyebab akun TikTok diblokir lainnya, diantaranya :

1. Pelanggaran Hak Cipta (Coppyright Issue)

Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir
Pelanggaran Hak Cipta

Faktor penyebab paling umum akun TikTok di blokir yaitu pengaggaran Hak CipTa (coppyright). Dimana hal ini bisa terjadi karena menggunakan musik, video, merk atau konten dari pengguna TikTok lain tanpa izin atau lisensi.

2. Pelanggaran Kebijakan Konten

TikTok memiliki kebijakan yang ketat untuk memastikan bahwa konten yang di posting di platform ini sesuai dengan standart etika dan moral yang berlaku di masyarakat.

Seperti penggunaan senjata dan aksi kekerasan, konten yang berisi kebencian, deskriminasi, atau pelecahan terhadap kelompok tertentu

Apabila akun yang digunakan terbukti melanggar kebijakan konten, maka dapat dipastikan bahwa akun kamu akan diblokir.

Baca Juga : Tiktok 18 Mod Apk ( Tiktok Plus 18 Th Bar Bar ) No Sensor 2023

3. Tindakan Spam atau Penipuan

Salah satu tindakan yang paling sering terabaikan oleh setiap pengguna akun TikTok hingga berdampak pada keselamatan akun yang digunakan, yaitu tindakan spamming.

Tindakan ini seperti, spam like, komentar, share dan segala jenis spam yang bertentangan dengan pedoman TikTok.

Bukan hanya itu saja, menitu identitas milik pengguna akun TikTok lain dengan tujuan untuk menyesatkan orang lain juga akan membuat akun kamu mengalami permasalahan pemblokiran.

4. Pelanggaran Aturan Penggunaan

Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir
Pelanggaran Syarat dan Kebijakan

TikTok memiliki aturan yang harus diikuti oleh semua pengguna agar dapat menggunakan platform tersebut dengan aman dan bertanggung jawab.

Baca Juga :   Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 7 Hingga 10 Terbaru 2023

Misalya saja seperti, tindakan mengirim pesan atau konten yang tidak pantas, melanggar hak kekayaan intelektual pengguna lain, menggunakan bahasa kasar, vulgar atau tindakan yang mengancam.

5. Pengguna Belum Cukup Umur

Apabila TikTok mengetahui bahwa akun yang sedang dibuat diakses oleh pengguna yang belum cukup umur yaitu kurang dari 13 tahun, maka platform tersebut akan membatasi akun karena telah melanggar ketentuan usia pengguna.

Jadi agar hal yang tidak diinginkan terjadi, sebaiknya TikTok yang digunakan oleh anak berusia dibawah 13 tahun harus mendapatkan ppengawasan dari orang tua.

6. Berisi Provokasi Dan Kriminal

Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir
Pelanggaran Konten Berbau Kekerasan

Faktor lain yang menjadi penyebab akun TikTok di blokir permanen adalah konten ang mengandung unsur provokasi atau kriminal yang mengandung kejahatan di plastform tersebut.

Karena hal ini tentu sudah menjadi kebijakan dari pihak TikTok untuk melindungi semua pengguna aplikasi dari Tindakan kekerasan kriminal.

Jika akun kamu terindikasi memiliki konten seperti ini maka sudah dipastikan bahwa akun kamu akan dibekukan dan kamu harus segera mencari Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir.

7. Penggunaan Bot Dan Skrip

Bot merupakan program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu secara otomatis, sedangkan skrip adalah kode program yang digunakan untuk otomatis tugas tertentu pada platfomr seperti TikTok.

Kedua praktik ini dianggap melanggar kebijakan TikTok dan dapat menyebabkan pemblokiran akun. Karena hal ini dapat memberikan keuntungan yang tidak adil dalam pertumbuhan akun pengguna.

Apabila TikTok menggunakan Sistem Kecerdasan Buatan (AI) dan ternyata akun kamu melanggar kebijakan yang telah ditentukan maka dapat dipastikan akun TikTok di blokir permanen.

Macam-Macam Pemblokiran Akun TikTok

Untuk mengetahui Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir kamu juga harus tahu macam-macam pemblokiran yang diberlakukan oleh platform TikTok.

Sejatinya untuk Saat ini ada 3 (tiga) macam pemblokiran akun TikTok, yaitu pembatasan akun TikTok, pemblokiran akun TikTok sementara, dan akun TikTok diblokir sementara.

Masing-masing pemblokiran ini memiliki jangka waktu dalam pembukaan akun TikTok kembali.

Sehingga setiap pengguna harus menunggu hingga pihak TikTok membuka kembali akun TikTok yang digunakan. Berikut penjelasan dari ketiga macam pemblokiran akun TikTok sebelum membahas cara mengembalikan akun TikTok yang diblokir.

1. Pembatasan Akun TikTok

Tindakan pertama yang terjadi jika pengguna melanggar kebijakan yang diberlakukan oleh pihak TikTok yaitu pembatasan akun TikTok. Jika hal ini terjadi maka pengguna akun akan dibatasi dalam mengakses beberapa fitur.

Pembatasan pada akun ini biasa berupa peringatan yang ringan dan brsifat sementara. Apabila pembatasan akun TikTok sudah berakhir maka pengguna dapat mengakses kembali akun TikTok yang dimiliki.

2. Pemblokiran Akun TikTok Sementara

Peringatan pada pemblokiran akun yang bersifat semementara ini hanya berlangsung dalam beberapa jam saja. Umumnya, pemblokiran akun akun sementara ini antara 1jam hingga 24jam sejak notifikasi pemblokiran akun muncul.

Perlu diketahui bahwa selama akun TikTok masih dalam pemblokiran, maka pengguna tidak akan dapat mengakses akun tersebut hingga muncul notifikasi yang berisi pemblokiran telah dicabut.

3. Pemblokiran Akun TikTok Secara Permanen

Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir
Pemblokiran Akun TikTok Secara Permanen

Pemblokiran akun TikTok secara permanen terjadi karena adanya indikasi pelanggaran yang serius dan berulang kali, atau telah melakukan kegiatan yang tidak pantas yang merugikan bagi platform maupun pengguna lain.

Baca Juga :   9 Cara Mengembalikan Foto WA Yang Sudah Dihapus Oleh Pengirim

Apabila tidak mengajukan banding pada akun yang telah di blokir dalam waktu lebih dari 30 hari, maka akun TikTok akan dihapus secara permanen dan kamu tidak bisa lagi menggunakan Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir.

Syarat Memulihkan Akun TikTok yang Diblokir

Untuk memulihkan akun TikTok yang telah diblokir hampir sama dengan Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus disiapkan agar proses pengajuan berjalan dengan baik. Berikut syaratnya :

  • Aplikasi TikTok sudah versi terbaru.
  • Siapkan username, nomor Hp dan email yang terdaftar di akun TikTok.
  • Sudah berusia lebih dari 18 tahun.
  • Bersedia mematuhi semua ketentuan dan kebijakan TikTok.
  • Siapkan beberapa bukti dokumen valid yang mendukung pembukaan akun TikTok.

Apakah Akun TikTok Yang Telah Diblokir Bisa Dikembalikan?

Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir
Apakah Akun TikTok Terblokir Bisa Dipulihkan ?

Faktanya, Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir sebenarnya ada dan dapat kamu terapkan di artikel ini.

Akun TikTok yang telah diblokir dapat dikembalikan tergantung jenis pemblokiran yang telah diberikan oleh akun TikTok pada akun pengguna.

Apabila akun TikTok yang digunakan diblokir secara permanen maka sangat kecil kemungkinan akun TikTok yang dimiliki bisa kembali lagi atau bisa digunakan lagi.

Meskipun demikian, pengguna masih tetap bisa melakukan permohonan pengajuan banding akun dengan beberapa metode yaitu melalui email, dan lewat menu pusat bantuan.

Agar proses pengajuan permohonan banding yang dilakukan diterima oleh TikTok sebaiknya lampirkan bukti yang valid seperti screenshot gambar yang mendukung pembukaan akun kembali.

Baca Juga : 10 Cara FYP Tiktok Hari Ini Biar Viral Banyak Viewer dan Like

Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Diblokir

🔰 Penyebab Akun TikTok Terblokir Solusinya
🔰 Terindikasi Peretasan Akun ✅Hindari Memasukkan Pasword Salah Sebanyak 3 x
🔰 Melanggar Hak Cipta ✅Buat Konten Original & Hapus Konten Berhak Cipta
🔰 Konten Vulgar & SARA ✅Hapus Konten Berbau Vulgar Atau SARA
🔰 Buka Blokir TikTok 👉Klik Disini

Satu-satunya cara mengembalikan akun TikTok yang telah terblokir yaitu dengan cara mengajukan permohonan banding pemulihan akun TikTok disertai dengan data pendukung lainnya terkait kekeliruan pemblokiran akun.

Namun perlu diketahui bahwa, permohonan banding tidak selalu diterima oleh pihak TikTok. Jadi agar pihak TikTok dapat menerima permohonan banding yang telah diajukan sebaiknya lampirkan bukti yang valid dan mendukung pembukaan akun kembali.

Tetapi jika ternyata akun yang digunakan terbukti melanggar aturan TikTok, dapat dipastikan bahwa pihak TikTok tidak akan menerima permohonan banding yang telah diajukan. Artinya, pihak TikTok akan menolak permohonan banding yang kamu berikan.

Berikut langkah cara mengembalikan akun TikTok yang diblokir, diantaranya :

Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir
Pengajuan Banding Buka Blokir Tiktok
  • Buka notifikasi pemblokiran akun yang telah dikirim oleh pihak TikTok.
  • Pilih opsi Permohonan Banding.
  • Tuliskan permohonan pemulihan akun dengan kalimat yang jelas, serta lampirkan bukti pendukung yang valid.
  • Ikuti petunjuk pemulihan akun TikTok hingga selesai.
  • Kirimkan permohonan banding akun TikTok yang telah di blokir.

Berapa Lama Proses Banding TikTok

Dikutip dari akun Seller Center, jika akun TikTok diblokir karena berusia dibawah umur maka kamu memiliki waktu 113 hari atau 180 hari jika berada di Wilayah Ekonomi Eropa (EEA) atau 23 hari jika kamu berada di (AS) sejak tanggal pemblokiran akun untuk mengajukan banding dan mengunduh data.

Baca Juga :   Instagram Qlizz: Situs Penambah Followers Instagram Gratis

Jika kamu tidak mengajukan banding atau permohonan banding tidak disetujui, maka pihak TikTok akan menghapus akun pada hari ke 120 atau hari ke 30.

Cara Mengajukan Banding pada Pemblokiran Akun TikTok

Meskipun cara mengembalikan akun TikTok yang diblokir diatas sudah dipahami, namun TikTok sendiri perlu pertimbangan yang besar untuk mengembalikan akun TikTok yang dimiliki.

Salah satu cara mengembalikan akun TikTok yang diblokir agar di proses secepatnya, perhatikan cara mengajukan banding pada pemblokiran Akun TikTok berikut ini.

  • Selfi menggunakan KTP.
  • Foto dengan orang tua/ wali jika kamu berusia 13 hingga 17 tahun.
  • Otorisasi kartu kredit jika berusia 18 tahun ke atas.

Setelah semua ketentuan diatas sudah terpenuhi, selanjutnya perhatikan cara mengajukan banding di TikTok.

  • Buka notifikasi.
  • Klik Banding untuk memulai proses banding.
  • Ikuti petunjuk yang disediakan.
  • Tunggu beberapa saat hingga pihak TikTok melakukan konfirmasi apakah pengajuan banding yang kamu lakukan berhasil atau tidak.

Perlu dicatat cara mengembalikan akun TikTok yang diblokir meskipun sudah mengajukan banding tidak sepenuhnya diterima oleh pihak TikTok tergantung penyebab pemblokiran yang dilakukan.

Bagaimana Cara Menghindari Agar Akun TikTok Tidak Terblokir

Setelah mengetahui Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir di atas dan untuk menghindari hal serupa terjadi ke depan maka ada baiknya kamu menghindari beberapa hal yang bisa menyebabk akun kamu terblokir kembali.

Terhindar dari segala tindakan atau permasalahan yang terjadi di TikTok merupakan hal yang selalu di inginkan oleh pengguna akun TikTok.

Pasalnya, jika terjadi permasalahan seperti pembokiran akun tentu saja akun membuat akun yang dimiliki tidak aman lagi.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi berikut beberapa cara yang dapat dilakukan agar akun TikTok tidak terblokir permanen.

  • Tingkatkan keamanan Akun – Ada tiga opsi yang dapat dilakukan agar akun TikTok yang dimiliki tetap aman, seperti mengganti password secara berkala, menghubungan email, Nomor HP ke akun TikTok, dan Mengaktifkan Verifikasi dua langkah.
  • Hindari Pelanggaran Pedoman Komunitas – Agar tetap aman dan terhindar dari tindakan yang akan diberikan oleh pihak TikTok, sebaiknya baca pedoman komunitas yang berisi tindakan yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan di platform tersebut.
  • Hindari Tindakan Spam – Apabila terdeteksi melakukan tindakan spam, maka TikTok tidak akan segan-segan untuk memblokir akun sementara. Jadi hindari melakukan spam komentar dan like di aplikasi TikTok.

Kesimpulan

Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir
Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir

Jika akun TikTok terdeteksi melakukan pelanggaran dan telah terblokir secara permanen, sebaiknya lakukan pengajuan banding sebelum 30 hari terakhir setelah mendapatkan notifikasi pemblokiran.

Karena TikTok sendiri memberikan kebijakan, apabila pengguna tidak melakukan permohonan banding lebih dari 30 hari maka akun TikTok akan hilang atau tidak bisa kembali.

Namun perlu diketahui, Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir dengan pengajuan banding akun TikTok tidak selalu diterima artinya pengajuan permohonan banding bisa ditolak.

Jadi agar pengajuan permohonan banding akun TikTok kamu diterima, maka sebaiknya lampirkan bukti valid yang mendukung permohonan banding akun kamu.

Semoga informasi cara mengembalikan akun TikTok yang diblokir permanen ini bermanfaat dan dampai betemu diinformasi selanjutnya. Selamat Mencoba!