Kenapa Instagram Online Terus Padahal Tidak Dibuka? Ketahui 10 Penyebabnya

Abdul Agustus 21, 2023

Kenapa Instagram Online Terus Padahal Tidak Dibuka? Hal ini tentu menjadi Pertanyaan yang membingungkan baik bagi pemilik akun maupun bagi teman yang mengikuti.

Bahkan tak jarang hal semacam ini bisa menimbulkan masalah, karena kita seolah-olah sedang online padahal sebenarnya kita sedang melakukan kegiatan lainnya.

Maka bukan tak mungkin hal ini menimbulkan kesalahpahaman bahkan pertengkaran, Hal ini kerap terjadi dan dialami beberapa orang.

Jika kamu juga sedang mengalami hal semacam ini, kamu harus segera mengatasinya agar tak menimbulkan masalah baru di kemudian hari.

Alasan kenapa Instagram online terus padahal tidak dibuka beserta cara mengatasinya akan dijelaskan di artikel ini. Pastikan kamu menyimaknya sampai akhir ya.

Sekilas Tentang Fitur Instagram Online

Instagram merupakan salah satu media sosial paling terkenal saat ini. Platform ini menyediakan banyak fitur menarik, termasuk fitur Instagram Feed, Reels, Story, hingga Direct Message.

Pada fitur Direct Message, para pengguna Instagram bisa saling bertukar pesan secara pribadi. Sehingga isi pesan tersebut hanya bisa diketahui oleh kedua belah pihak.

Instagram juga menyediakan fitur online, yang menjadi penanda bahwa pengguna tersebut sedang membuka aplikasi Instagram pada saat itu. Berkat fitur ini, para pengguna bisa melihat apakah followersnya sedang aktif di IG atau tidak.

Kendati demikian, sebelum menjawab pertanyaan Kenapa Instagram Online Terus Padahal Tidak Dibuka? ada beberapa hal penting terkait fitur online Instagram yang perlu kamu ketahui, antara lain:

  • Fitur aktivitas online di IG tidak selalu akurat. Ada kalanya kita tidak sedang buka IG tapi keterangan online tetap menyala.
  • Fitur aktivitas online bisa ditemukan di bagian Direct Message (DM) instagram.
  • Pengaturan privasi Instagram mempengaruhi fungsi fitur aktivitas online.

Fitur ini sangat bermanfaat untuk mengetahui apakah pengguna lainnya sedang aktif atau tidak. Sehingga para pengguna bisa mengetahui apakah orang lain memungkinkan untuk bertukar pesan melalui pesan langsung (Direct Message)

Baca Juga :   10 Cara Menggunakan Terabox Agar Penyimpanan Tidak Penuh

Namun perlu diingat bahwa aspek privasi juga perlu dipertimbangkan saat kamu menggunakan fitur Instagram satu ini. Oleh karenanya, setiap pengguna IG bisa menonaktifkan fitur online ini jika memang diperlukan.

Baca Juga : Instagram Qlizz: Dapatkan 10K Followers Instagram Gratis 2023

Kenapa Instagram Online Terus Padahal Tidak Dibuka, Ini Penyebabnya

✅ Instagram Online Tapi Tidak Dibuka 🔰Penyebab Dan Cara Mengatasinya
✅ Cara Umum 🔰Hapus Aplikasi Sedang Berjalan
✅ Cara Lainnya 🔰Matikan Data Seluler
✅ Alternatif 🔰Pengaturan Privasi Non Publik
✅ Matikan Fitur Online IG Sekarang 👉Klik Disini

Meski merupakan fitur yang sangat bermanfaat bagi semua pengguna, tak jarang fitur Instagram online ini tidak akurat atau tidak berfungsi dengan baik.

Keterangan online tetap menyala meski kita tidak sedang membuka Instagram, Berikut ini alasan kenapa Instagram online terus padahal tidak dibuka:

  • Sinkronisasi Latar Belakang di Perangkat

Kenapa Instagram Online Terus Padahal Tidak Dibuka?
Hapus Aplikasi Berjalan

Penyebab pertama kenapa Instagram online terus padahal tidak dibuka ialah karena sinkronisasi latar belakang masih terbuka.

Beberapa aplikasi, termasuk IG, dapat melakukan sinkronisasi di latar belakang secara otomatis, sehingga memungkinkan perbaruan konten maupun data.

Pembaruan konten ini termasuk munculnya keterangan online padahal sedang tidak dibuka. Itu artinya sinkronisasi latar belakang untuk aplikasi IG sedang berjalan meski kamu tidak menggunakannya secara aktif.

  • Sesi Login Masih Aktif

Penyebab lainnya ialah mungkin saja ada orang lain yang sedang aktif di akun Instagram milikmu.

Periksa apakah kamu memberikan akses akun Instagram milikmu kepada orang lain? Atau mungkin kamu pernah masuk ke akun IG milikmu melalui perangkat lain dan lupa kamu logout.

  • Pengaturan Notifikasi

Kenapa Instagram Online Terus Padahal Tidak Dibuka?
Pengaturan Notifikasi

Penyebab berikutnya kenapa Instagram online terus padahal tidak dibuka ialah pengaturan notifikasi.

Kamu mungkin saja mengaktifkan notifikasi IG sebelumnya. Hal ini juga bisa menyebabkan akun tetap online padahal tidak digunakan secara aktif.

Jika tidak ingin mendapatkan notifikasi tersebut kamu cukup menghapus instagram kamu dengan mudah meskipun telah lupa password dan email.

  • Kesalahan Teknis atau Kesalahan Jaringan

Instagram memang aplikasi besar yang nyaris tanpa bug. Namun tak menutup kemungkinan terjadinya kesalahan teknis yang membuat akun menunjukkan keterangan aktif padahal tidak dibuka.

Kesalahan teknis ini bisa disebabkan oleh bug di aplikasi, atau kesalahan jaringan yang sedang kamu.

Baca Juga :   12 Aplikasi Menghapus Coretan Di Foto Terbaik 2023

Itulah beberapa faktor penyebab Kenapa Instagram Online Terus Padahal Tidak Dibuka. Siapapun bisa mengalami masalah ini jadi pastikan kamu memahami penyebabnya.

Cara Mengatasi Instagram Online Terus Padahal tidak Dibuka

Kenapa Instagram Online Terus Padahal Tidak Dibuka?
Pengaturan Privasi

Jika tidak segera ditangani, keterangan online pada IG yang tidak dibuka bisa menyebabkan kesalahpahaman.

Mungkin pasanganmu atau temanmu mengirim pesan melalui direct message, tapi tak kunjung kamu balas karena kesibukan. Dikarenakan munculnya keterangan online, seolah-olah kamu enggan membalas pesan mereka.

Lalu apa solusi dari pertanyaan Kenapa Instagram Online Terus Padahal Tidak Dibuka? Mudah saja, caranya yakni dengan mematikan fitur online di IG. Selain itu, kamu juga bisa melakukan langkah-langkah berikut:

  • Matikan notifikasi IG di menu pengaturan.
  • Pastikan tidak ada sesi login yang sedang aktif di perangkat lain.
  • Periksa pengaturan privasi di IG, dan pastikan kamu tidak membagikan status login kepada publik.
  • Coba restart perangkat yang kamu gunakan untuk login IG.
  • Coba bersihkan cache aplikasi IG.

Jika kamu telah melakukan langkah-langkah di atas namun masalah tetap berlanjut, silakan segera hubungi dukungan teknis IG untuk meminta bantuan.

Cara Menonaktifkan Status Online di IG

Kenapa Instagram Online Terus Padahal Tidak Dibuka?
Pengaturan Aktivitas

Setelah mengetahui kenapa Instagram online terus padahal tidak dibuka, kamu harus segera mengatasinya dengan menonaktifkan status online di IG.

Cara ini sangat mudah dan bisa dilakukan melalui HP maupun PC. Untuk panduannya silakan simak pada penjelasan berikut:

  • Buka aplikasi Instagram melalui perangkatmu.
  • Di halaman utama IG, klik menu Profil.
  • Berikutnya, klik ikon tiga garis di pojok kanan atas.
  • Setelah itu pilih menu Setting atau pengaturan.
  • Selanjutnya pilih menu Privasi.
  • Gulir ke bawah lalu pilih Status Aktivitas.
  • Terakhir, klik ikon Tampilkan Status Aktivitas hingga warnanya berubah dari hijau menjadi hitam.

Dengan langkah di atas, secara otomatis status online di akun IG milikmu telah diaktifkan. Namun perlu diketahui, jika kamu menonaktifkan fitur ini, maka kamu juga tak bisa melihat status online pengguna lainnya.

Tapi tenang saja, kamu tetap bisa mengirim pesan pada pengguna lain melalui Direct Message.

Baca Juga : SSS Instagram Download Story, Reels, IGTV, Foto, Dan Video IG

Cara Mematikan Sedang Aktif Instagram

Kenapa Instagram Online Terus Padahal Tidak Dibuka?
Nonaktifkan Fitur Sedang Aktif Instagram

Jika sudah mengetahui jawaban dari Pertanyaan Kenapa Instagram Online Terus Padahal Tidak Dibuka? kamu juga harus mengetahui cara mematikan fitur “Sedang Aktif” di Instagram.

Baca Juga :   7 Cara Mencairkan GoPay Paylater Via Akulaku Paling Mudah 2023

Lantas bagaimana mematikan fitur ini, cukup mudah tetapi perlu diketahui bahwa tidak ada pengaturan yang memungkinkan kamu untuk secara eksplisit mematikan fitur ini, kamu dapat mengelolanya dengan cara berikut:

Cara Penjelasan
Non-Aktifkan Koneksi Internet atau Mode Pesawat Matikan koneksi internet atau aktifkan mode pesawat pada perangkat Anda agar status “Sedang Aktif” tidak muncul.
Kurangi Interaksi Aktif Hindari melakukan interaksi aktif seperti mengomentari atau menyukai agar status aktif Anda tidak terlihat.
Non-Aktifkan Notifikasi Matikan notifikasi aplikasi Instagram untuk mengurangi godaan memeriksa atau berinteraksi secara terus-menerus.
Gunakan Mode Rahasia Pertimbangkan menggunakan mode rahasia atau pribadi pada perangkat atau aplikasi pihak ketiga yang mendukungnya.
Atur Pengaturan Privasi Sesuaikan pengaturan privasi Anda untuk membatasi siapa yang dapat melihat status aktif Anda.
Pertimbangkan Log Out atau Tidak Menggunakan Aplikasi Jika Anda ingin sepenuhnya mematikan status “Sedang Aktif”, Anda dapat berhenti menggunakan atau log out dari aplikasi.

Cara Mengetahui Teman yang Online di Instagram

Berikutnya kamu pasti ingin tahu bagaimana cara mengetahui siapa yang online di Instagram.

Jika kamu tidak menonaktifkan fitur ini, kamu bisa melihat status online pengguna lainnya melalui langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, buka aplikasi IG di perangkat HP ataupun PC.
  • Berikutnya, di halaman utama, masuk ke menu Direct Message yang ada di pojok kanan atas.
  • Klik pada kolom pencarian, lalu ketik nama pengguna lain yang ingin kamu ketahui statusnya.
  • Klik nama pengguna tersebut.
  • Berikutnya, di bagian atas obrolan ada nama pengguna beserta statusnya.
  • Jika keterangannya sedang aktif, maka pengguna tersebut sedang aktif di IG.

Apabila kamu tidak bisa melihat status online milik orang lain, silakan aktifkan kembali status online milikmu melalui menu pengaturan.

Penutup

Kenapa Instagram Online Terus Padahal Tidak Dibuka?
Kenapa Instagram Online Terus Padahal Tidak Dibuka?

Kenapa Instagram online terus padahal tidak dibuka merupakan pertanyaan yang banyak dilontarkan pengguna media sosial Instagram. Hal ini cukup membuat jengkel, karena kita seolah-olah aktif padahal tidak.

Alasannya beragam, bisa karena settingan notifikasi, sinkronisasi latar belakang, maupun kesalahan teknis jaringan atau bug dari aplikasi IG itu sendiri.

Kendati demikian, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi permasalahan ini.

Terima kasih, semoga informasi tentang kenapa Instagram online terus padahal tidak dibuka di artikel ini membantu.