12 Cara Mengatasi Ongkir Yang Mahal Di Shopee 2023

Senior Kultural Oktober 6, 2023

Saat belanja online di Aplikasi Shopee pastinya kamu wajib mengeluarkan ongkir dan biasanya ongkir ini bisa tidak sesuai atau mahal sehingga mengurungkan niatmu untuk melakukan pembelian.

Maka dari itu kamu wajib tahu Cara mengatasi ongkir yang mahal di Shopee terlebih bagi kamu yang rutin belanja menggunakan Aplikasi ini.

Pasalnya, kamu tidak datang langsung ke tokonya untuk mengambil barang melainkan melalui jasa kurir atau ekspedisi.

Kalau untuk nominal ongkir tergantung si jasa ekspedisi dan marketplace tempat kamu berbelanja. Oleh karena hal tersebut, wajar kalau nominal ongkir akan berbeda beda disetiap pembelian produknya. Pertanyaannya ialah bagaimana cara mengatasi ongkir yang mahal di Shopee?

Sekilas Tentang Gratis Ongkir Shopee

Cara mengatasi ongkir yang mahal di Shopee sebenarnya sangat mudah, kita hanya perlu mengetahui penyebab dan trik untuk mengatasinya.

Bagi yang awam dan belum mengenal apa itu Gratis ongkir Shopee, Ongkir gratis Shopee merupakan fitur yang wajib kamu coba untuk meminimalisir ongkir produk yang kamu beli di Shopee.

Shopee sendiri merupakan aplikasi marketplace yang di dalamnya terdapat ribuan toko dengan jutaan produk berkualitas.

Nah, karena ini merupakan toko online tentu kamu tidak perlu mengunjunginya melainkan cukup berbelanja melalui ponsel saja. Sangat mudah bukan.

Salah satu kelebihan Shopee ialah terdapat program COD (Cash of Delivery) yang artinya bayar setelah barang sudah tiba di rumah. Ini merupakan program yang bagus dan bisa meminimalisir terjadinya penipuan loh.

Berikut adalah jumlah potongan ongkir dan ketentuan belanja minimum yang berlakuk di Aplikasi Shopee :

Minimal Belanja Potongan Ongkir Lokasi Tercover
Rp 30.000 Maksimum Rp 10.000 Khusus Pengiriman di Pula Jawa
Rp 50.000 Maksimum Rp 40.000 Pengiriman di Luar Pulau Jawa

Penyebab Ongkir Di Shopee Mahal

Penyebab Ongkir Di Shopee Mahal
Penyebab Ongkir Di Shopee Mahal

Cara mengatasi ongkir yang mahal di Shopee pada dasarnya susah-sudah gampang tergantung penyebab mengapa produk yang kita beli di shopee ongkirnya mahal.

Berikut mimin berikan beberapa penyebab mengapa ongkir di shopee mahal, simak ulasannya di bawah ini :

1. Lokasi Tujuan

Penyebab utama ongkir mahal di shopee tentunya terkait lokasi atau jarak pengiriman dari toko menuju tujuan, semakin jauh jarak maka ongkir juga akan semakin mahal meskipun sudah memakai Voucher potongan Gratis Ongkir.

Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya jarak yang jauh ataupun sulit di capai kurir paket otomatis membuat ongkir produk yang akan kita chekout menjadi lebih mahal.

2. Berat Paket

Selain Jarak, Berat Paket juga menjadi salah satu penyebab ongkir di shopee mahal loh, alasannya tentu saja jika produk tersebut semakin berat maka pengirimannya menjadi lebih sulit.

Baca Juga :   9 Cara Mendapatkan Uang dari Snack Video 1 Jt Sehari Untuk Pemula

Karena biasanya ekspedisi yang bekerja sama dengan Aplikasi Shopee memberikan ketentuan berat dengan satuan Gram/Kilo gram untuk produk yang akan dikirim.

3. Jasa Ekspedisi

Cara mengatasi ongkir yang mahal di Shopee bisa kamu selesaikan dengan memilih ekspedisi yang terkenal, memilih ekspedisi yang tidak bisa dipakai voucher merupakan salah satu penyebab ongkir mahal di Shopee.

Dan biasanya promo gratis ongkir yang telah disepakati antara shopee dan pihak ekspedisinya hanya diberikan untuk akun-akun tertentu atau hari-hari besar, Seperti Harbolnas hingga hari raya besar ke agamaan.

4. Jenis Paket

Penyebab lainnya masih terkait produk, yaitu jenis paket yang di beli loh sobat. Sebagai contoh ongkir untuk produk mudah pecah/rusak tentu saja lebih mahal dibandingkan produk biasa.

Ini berkaitan dengan resiko dalam pengiriman yang ditanggung oleh pihak ekspedisi apabila produk tersebut rusak atau tidak sesuai saat sampai ditangan pembeli.

Maka dari itu untuk jenis-jenis paket yang sensitif biasanya akan dikenakan model pakingan kayu atau ekstra bubble dengan ongkir yang sedikit lebih mahal.

Baca Juga : 10 Solusi Lazada Paylater Tidak Tersedia Untuk Order!

5. Tidak Menggunakan Voucher Gratis Ongkir

Bagi yang melakukan belanja online di Shopee dan ingin mendapatkan ongkir gratis maka cara salah satunya yaitu dengan menggunakan voucher gratis ongkir.

Voucher ini juga ada berupa potongan ongkir keseluruhan atau setengahnya tergantung ekspedisi dan jarak pengirimannya, dengan memanfaatkan Voucher gratis ongkir kamu sebenarnya sudah mengetahui Cara mengatasi ongkir yang mahal di Shopee yang paling umum.

6. Pembayaran Non Shopee Pay

Penyebab Ongkir mahal di Shopee lainnya yaitu pembayaran yang tidak menggunakan Shopee Pay, karena biasanya Produk yang dijual di shopee akan diberikan Cashback, Promo bahkan gratis ongkir apabila pembeli menggunakan metode pembayaran Shopee Pay langsung.

Cara Mengatasi Ongkir Yang Mahal Di Shopee

Setelah memahami indikasi penyebabnya tentu kamu akan mencari tahu bagaimana cara mengatasi ongkir yang mahal di Shopee agar produk yang kamu incar bisa di checkout. Nah jangan tunggu lama lagi dan jangan pindah ke lain website. Baca saja terus artikel di bawah ini sampai selesai ya. Ini dia ulasan cara mengatasi ongkir yang mahal di Shopee :

1. Manfaatkan Voucher Gratis Ongkir

Cara Mengatasi Ongkir Yang Mahal Di Shopee
Gunakan Voucher

Terdapat banyak fitur bagus yang dirilis oleh developer marketplace Shopee. Salah satunya adalah fitur Gratis Ongkir yang disediakan khusus kepada seluruh pengguna aplikasi ini.

Fitur tersebut akan membantu kamu untuk menangani kendala terkait cara mengatasi ongkir yang mahal di Shopee.

Fitur Gratis Ongkir sendiri merupakan program unggulan dari marketplace Shopee. Luar biasanya program ini dirilis kepada seluruh pelanggan Shopee baik yang sudah menjadi pelanggan lama maupun yang masih bertransaksi perdana. Jadi kamu juga bisa dapat ya.

Program gratis ongkir merupakan program eksklusif. Artinya fitur ini tidak setiap hari muncul melainkan perbulan atau di waktu-waktu tertentu saja.

2. Jangan Fokus pada Satu Toko

Cara Mengatasi Ongkir Yang Mahal Di Shopee
Cari Toko Berlabel Gratis Ongkir Xtra

Kalau kamu ingin mendapatkan ongkir yang murah di Shopee, maka jangan terfokus pada satu toko saja ya. Melainkan kamu harus melakukan survey terhadap seluruh toko yang ada yang kebetulan menjual produk yang sama.

Usahakan kamu memilih toko yang lokasi pengirimannya dari tempat yang terdekat. Karena biasanya nominal ongkir yang harus kamu bayarkan juga lebih murah dibandingkan pengiriman dari tempat yang jauh.

Baca Juga :   12 Cara Mendapatkan Saldo Bonus LinkAja Gratis 2023

Sekalipun demikian kualitas produk tetap harus menjadi prioritas kamu loh. Artinya, produk boleh sama tetapi terkadang kualitas produk antara toko yang satu dengan yang lain itu berbeda. Jadi berhati-hati saat belanja ya guys.

3. Belanja Saat Harga Turun

Cara mengatasi ongkir yang mahal di Shopee berikutnya ialah berbelanja ketika harga produk sedang turun.

Kalau kamu menemukan produk semacam ini, maka pastinya uang yang kamu keluarkan tidak sebesar ketika belum ada program turun harga.

Biasanya setiap toko di Shopee akan memberikan harga diskon kepada seluruh pelanggannya. Nah, kamu bisa memanfaatkan ini saja supaya nominal yang harus kamu bayarkan tidak mahal sekalipun biaya ongkos kirimnya masih tetap sama.

Kamu harus berbelanja di periode tertentu seperti saat hari kemerdekaan, saat hari pahlawan, Idul Fitri dan selainnya. Karena biasanya di waktu-waktu tersebut even turun harga mulai muncul di Shopee.

4. Ikuti Promo Gratis Ongkir

Cara Mengatasi Ongkir Yang Mahal Di Shopee
Program Promo Gratis Ongkir

Cara mengatasi ongkir yang mahal di Shopee yang bisa kamu coba selanjutnya yaitu dengan mengikuti promo gratis ongkir .

Promo gratis ongkir ini merupakan program yang diberikan shopee dengan ketentuan tertentu yang bisa kamu dapatkan setelah menyelesaikan misi dari Shopee.

Promo ongkir semacam ini sejatinya teknik Shopee untuk menarik pelanggan sebanyak-banyaknya. Dan teknik ini terbukti manjur karena hingga sekarang ini sudah jutaan orang yang bertransaksi di Shopee.

Untuk nominal promo ongkir sendiri tergantung toko dan marketplace. Ada yang memberikan potongan 50% bahkan ada yang 80%.

5. Pilih Toko dengan Jarak Pengiriman Terdekat

Cara mengatasi ongkir yang mahal di Shopee yang terakhir ialah memilih toko yang jarak pengirimannya terdekat dengan lokasi tempat kamu berada saat ini.

Misal kamu pelanggan dari Madura, maka silakan beli produk di toko Shopee yang pengirimannya dari Surabaya bukan dari kawasan yang lebih jauh dari kota tersebut.

Pasalnya, kalkulasi ongkir juga diperhitungkan dari jarak pengiriman. Semakin jauh jarak pengiriman produk tentu biaya ongkos kirim yang harus kamu bayarkan juga semakin mahal.

Sekalipun demikian, patokan toko yang harus dipilih tidak semata jarak pengiriman saja. Tetapi kualitas produk juga harus kamu perhatikan. Karena akan sia-sia dan mengecewakan kalau ongkir-nya murah tetapi produknya sekali pakai langsung rusak.

6. Pilih Ekspedisi Yang Sedang Promo Gratis Ongkir

Cara Mengatasi Ongkir Yang Mahal Di Shopee
Ekspedisi Promo Gratis Ongkir

Cara mengatasi ongkir yang mahal di Shopee yang terakhir yang bisa kamu coba yaitu dengan memilih Ekspedisi yang sedang memberikan Promo Gratis ongkir, baik itu dengan voucher ataupun promo langsung.

Promo ongkir yang dikeluarkan oleh Jasa pengiriman ini biasanya sudah bekerja sama dengan shopee selaku platform belanja online, dan tersedia pada hari-hari atau perayaan tertentu.

Baca Juga : 12 Penyebab Shopee Paylater Ditolak dan Solusinya !

Tips Mengatasi Ongkir yang Mahal di Shopee

Mengetahui tips dan cara mengatasi ongkir yang mahal di Shopee memiliki berbagai mafaat yang signifikan, seperti menghemat keuanagn saat berbelanja online.

Pasalnya, biaya pengiriman yang tinggi dapat meningkatkan total biaya pesanan dan dengan menggunakan tips yang tepat dapat menguranginya atau bahkan mendapatkan pengiriman gratis. Ini ada beberapa tips atau caraa mengatasi ongkir yang mahal di Shopee.

  • Mencari Penjualan Lokal – Pembelian dari penjualan lokal umumnya menawarkan biaya pengiriman yang lebih rendah dibandingkan dengan pembelian dari penjualan yang berlokasi jauh. Hal ini karena jarak yang lebih dekat antara penjual dan pembeli.
  • Membandingkan Penyedia Kurir – umumnya, penyedia kurir berbeda-beda dalam menentukan biaya pengiriman, dengan membandingkan penawaran dari eskpedisi tersedia, kamu dapat menentukan tarif penawaran yang lebih terjangkau.
  • Manfaatkan Promo dan Diskon – Shopee selalu menawarkan promo dan diskon pada setiap pelanggan setianya, kamu bisa pantau halaman promo yang tersedia atau menggunakan kode promo yang diberikan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
  • Gunakan Fitur Pembayaran – Ada banyak metode pembayaran yang tersedia di Shopee, mulai dari transfer bank, Shopeepay, Shopee Paylater, dan layanan COD. Dimana setiap metode pembayaran ini menawarkan berbagai promo yang berbeda-beda termasuk potongan ongkir maupun cashback. Kamu bisa pilih metode pembayaran mana yang menyediakan promo gratis ongkir sesuai dengan layanan yang disediakan.
  • Belanja Saat Flash Sale – Pada saat hari besar seperti 8.8 Shopee akan memberikan dikson besar-besaran hingga potongan 90%, gratis ongkir, dan cashback. Jadi untuk cara mengatasi ongkir yang mahal di Shopee, kamu bisa pantau jadwal flash sale dan masukkan produk ke dalam keranjang. Pastikan kamu sudah mengaktifkan fitur pengingat diskonnya agar tidak ketinggalan.
Baca Juga :   7 Cara Convert Pulsa Ke ShopeePay Gratis Rate Tinggi 2023

Kenapa Ongkir Di Shopee Tidak Sesuai

Tidak dipungkiri kalau terkadang ongkir atau ongkos kirim di Shopee memang kemahalan atau tidak sesuai. Oleh karena itu kamu wajib tahu cara mengatasi ongkir yang mahal di Shopee di atas.

Kalau ongkir di Shopee bisa dikurangi tentunya saldo Shopee Pay kamu tidak akan berkurang secara drastis. Bahkan uang belanja harian kamu juga lebih hemat kalau tata cara pembeliannya secara COD.

Nantinya sisa saldo dan uang belanja bisa kamu gunakan kembali untuk membeli produk Shopee yang lain.

Oleh sebab itu, baca terus artikel ini agar kamu bisa mengetahui strategi ongkir yang mahal di Shopee supaya tidak terlalu mahal ya guys.

Berbelanja di Shopee akan menyenangkan kalau kamu mendapatkan tiga hal ini. Yang pertama ialah kamu mendapatkan produk yang berkualitas dengan harga di bawah standar.

Sedangkan yang kedua produk tersebut dikirimkan dengan cepat dan biaya ongkir-nya sangat terjangkau bahkan murah. Apalagi kalau kamu mendapatkan produk yang bebas ongkir.

Nah, untuk yang ketiga adalah pelayanan yang terbaik. Misal pengirimannya sangat cepat, boxing produk aman dan rapi hingga adanya komunikasi yang santun, bagus dan responsif dari si pemilik toko.

Kesimpulan

Cara Mengatasi Ongkir Yang Mahal Di Shopee
Cara Mengatasi Ongkir Yang Mahal Di Shopee

Tentunya kamu sudah mengetahui cara mengatasi ongkir mahal di Shopee dari penjelasan-penjelasan di atas. Untuk itu silakan berbelanja di Shopee lalu dapatkan ongkos kirim yang murah bahkan gratis.

Jangan lupa pilihlah toko yang memang bagus, dengan cara melihat review dari pengguna yang sebelumnya.

Dan toko semacam ini banyak di Shopee jadi kamu tinggal melihat dan melakukan survey saja di sana.

Sekalipun demikian tetaplah berbelanja dengan sewajarnya dan tidak berlebihan. Serta belilah produk yang memang kamu butuhkan secara cash dan bukan berhutang karena ini lebih aman dan nyaman.

Namun jangan lupa cara mengatasi ongkir yang mahal di Shopee-nya harus kamu terapkan. Selamat berbelanja ya guys.