12 Penyebab Shopee Paylater Ditolak dan Solusinya !

Senior Kultural Oktober 6, 2023

Pernahkah kamu mendapatkan penolakan dari sistem pada saat pengajuan pembayaran Shopee Paylater? Kalau iya, tentunya kamu pasti kecewa dong karena kamu tidak bisa ngutang dulu saat belanja di Shopee.

Apabila Shopee Paylater Ditolak saat pengajuan selain kecewa mungkin pengguna Shopee juga kebingungan akan penyebab dan solusi untuk mengatasinya, namun jangan khawatir, berikut mimin akan menjelaskan Penyebab Shopee Paylater Ditolak dan Solusinya ! Berikut ulasannya:

Apa itu Shopee Paylater ?

Shopee Paylater merupakan layanan terbaru yang dirilis oleh Aplikasi Belanja Online Shopee. Dengan adanya layanan ini, pengguna tidak perlu lagi berbelanja secara cash melainkan secara kredit saja dengan limit utang selama satu bulan dihitung dari pasca belanja.

Layanan Shopee Paylater benar-benar disukai oleh masyarakat terutama kalangan mahasiswa yang terkadang keuangannya masih ditentukan kiriman dari orang tua. Mereka berbelanja dengan cara berhutang dulu di Shopee dan bayarnya ketika uang sudah tersedia.

Belanja seperti ini sudah lumrah dan Shopee termasuk marketplace yang juga memberi wadah. Akan tetapi, kamu harus tetap berhati-hati dan harus bisa memastikan kalau pas jatuh tempo nanti uangnya sudah ada dan siap dibayarkan ya.

Cara Aktivasi Shopee Paylater

Untuk memenuhi kebutuhan penggunanya, Shopee menghadirkan layanan metode pembayaran Shopee Paylater dengan sistem pembelian dan melakukan pembayaran belakangan.

Dengan menggunakan metode pembayaran ini, kamu bisa lebih hemat dan mengatur keuangan kamu diwaktu yang akan mendatang.

Namun perlu dicatat, agar berhasil melakukan aktivasi Shopee Paylater ada bebrapa syarat dan ketentuan yang telah diberlakukan oleh platform ini, seperti

  • Harus memiliki KTP akif.
  • Usia minimal 18 tahun dan maksimal 6 tahun.
  • Satu KTP hanya bisa untuk mengaktifkansatu akun Shopee Paylater daja.
  • Memiliki nomor handphone yang aktif.
  • Aplikasi Shopee sudah versi terbaru.

Nah, setelah semua syarat diatas sudah terpenuhi, selanjutnya kamu bisa melakukan aktivasi Shopee Paylater dengan mengikuti panduan berikut ini.

  • Buka akun Shopee diperangkat ponsel kamu.
  • Masuk ke opsi menu Saya.
  • Pada layanan dompet saya, pilih SpayLater.
  • Klik Aktifkan Sekarang Spaylater.
  • Pilih opsi Terima Kode OTP, seperti melalui WhatsApp atau Cara Lain.
  • Tunggu beberapa saat hingga Shopee mengirimkan kode OTP.
  • Lalu masukkan 6 digit kode OTP yang telah dikirimkan melalui opsi yang kamu pilih.
  • Aktivasi Shopee Paylateter dengan menguploas KTP. Pastikan KTP di dalam bingkat yang sudah ditentukan.
  • Konfirmasi data KTP.
  • Masukkan data tambahan sesuai keterangan yang telah diminta.
  • Lakukan verifikasi wajah.
  • Aktivasi Shopee Paylater telah berhasil dilakukan.
Baca Juga :   5 Cara Mengganti Tema Di GB WhatsApp Biar Keren 2023

Penyebab Shopee Paylater Ditolak Saat Aktivasi oleh Sistem

🔰 Shopee Paylater Ditolak ✅Ajukan Kembali
🔰 Penyebab ✅Data Diri Tidak Valid
🔰 Solusi Utama ✅Perbaiki Kesalahan
🔰 Rekomendasi ✅Verifikasi Akun
🔰 Daftar Shopee Paylater ✅Klik Disini

Sekalipun telah menjadi program unggulan di Shopee, ternyata masih saja ada pengguna yang mengalami Shopee Paylater Ditolak saat aktivasi loh. Tentunya ini disebabkan oleh alasan-alasan tertentu dan ini dia penjelasannya :

1. Ada Ketidakcocokan Antara Nomor Rekening dengan KTP

Shopee Paylater Ditolak
KTP Tidak Sesuai dengan Nama Rekening

Kalau pengajuan Shopee Paylater Ditolak disetujui oleh sistem maka coba periksa kembali nomor KTP dan nomor rekening kamu yang didaftarkan. Teliti lagi apakah keduanya sudah singkron atau justru berbeda satu sama lain.

Perlu kamu ketahui, untuk bisa menggunakan metode pembayaran ala Shopee Paylater, maka kamu harus menggunakan rekening yang didaftarkan menggunakan KTP yang sama dengan yang kamu unggah di sistem. Sedangkan kalau berbeda pasti akan tertolak.

Kalau kamu memiliki banyak rekening bank, maka teliti lagi, rekening yang mana yang ketika pembuatannya menggunakan KTP yang kamu unggah di Shopee. Nah, silakan pakai rekening tersebut atau membuat rekening yang baru.

2. Pengajuan untuk Orang Lain

Shopee Paylater Ditolak juga bisa disebabkan oleh pengguna yang melakukan pengajuan Shopee Paylater untuk orang lain. Karena hal ini sudah pasti dilarang oleh Shopee dan kamu tidak akan bisa melakukan pengajuan sampai kapanpun.

Lebih baik biarkan si orang tersebut melakukan registrasi di marketplace Shopee sendiri. Kalau sudah berhasil maka ajari saja untuk menggunakan layanan Shopee Paylater tanpa harus mengganggu akun kamu sendiri.

Kalau kamu melakukan pengajuan pembayaran Shopee Paylater untuk orang lain tetapi menggunakan akun Shopee sendiri, tentunya kamu yang rugi. Apalagi belum tentu si orang tersebut bersedia membayar cicilan tepat waktu.

3. Ada Bukti Identitas yang Tidak Memenuhi Syarat

Kamu pengguna Shopee yang ingin memanfaatkan layanan Shopee Paylater? Maka pastikan usia kamu sudah lebih dari 17 tahun ya dan dibuktikan dari KTP.

Namun kalau kamu masih berada di bawah usia tersebut, Ini merupakan penyebab Shopee Paylater Ditolak yang biasanya pengguna tidak perhatikan.

Pasalnya bukti identitas yang kamu kirimkan ke Shopee dianggap tidak memenuhi syarat. Dan jangan coba-coba menggunakan KTP orang lain, karena sistem pasti bisa mendeteksinya dan akan menganggap kamu telah melakukan kecurangan loh.

Jadi, Shopee tidak serta merta merilis program layanan Shopee Paylater. Melainkan sudah dipertimbangkan secara matang demi memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengguna Shopee sendiri termasuk untuk kamu.

Baca Juga :   10 Cara Merekam Zoom di Laptop Sebagai Peserta

4. Rekam Jejak Terdeteksi Bermasalah

Kalau rekam jejak kamu terpantau bermasalah dapat juga menyebabkan pengajuan pembayaran Shopee Paylater Ditolak oleh sistem saat aktivasi.

Perlu kamu ketahui, setiap transaksi online yang kamu lakukan akan terekam secara virtual loh. Bahkan, rekam jejaknya juga dipantau secara saksama oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan yang disingkat OJK.

Untuk itu, silakan berbelanja tetapi yang bijak dan amanah. Karena sekali saja kamu melakukan kecurangan, jangan harap deh kamu bisa berbelanja lagi di internet. Apalagi mengharap bisa menggunakan layanan pembayaran Shopee Paylater yang terkenal ketat.

5. Akun Kamu Belum Terverifikasi

Apakah kamu sudah mengetahui syarat mendapatkan layanan pembayaran Shopee Paylater? Nah, syarat yang pertama itu adalah akun Shopee kamu harus sudah terverifikasi oleh sistem.

Dengan akun yang telah terverifikasi, maka Shopee Paylater Ditolak saat pengajuan akan lebih kecil peluangnya dan jika berhasil kamu bisa mendapatkan layanan pembayaran Shopee Paylater ini dengan mudah.

Oh iya, Shopee itu merupakan marketplace yang aturannya ketat dan sistemik loh. Untuk itu silakan verifikasi akun kamu dengan menyetor bukti foto identitas yang sah seperti KTP, SIM dan sejenisnya.

Baca Juga : 10 Solusi Lazada Paylater Tidak Tersedia Untuk Order!

6. Masa Aktif Akun Belum Sesuai Ketentuan

Penyebab Shopee Paylater Ditolak saat aktivasi maka coba periksa lagi keaktifan akun kamu. Apakah sudah sesuai ketentuan yang dirilis oleh sistem atau masih belum.

Perlu kamu ketahui, akun yang bisa mengajukan pembayaran belanja dengan sistem Shopee Paylater adalah mereka yang aktif minimal 3 bulan. Sedangkan kalau masih di bawah masa itu, maka masih belum bisa melakukan pengajuan.

Jadi kamu jangan terburu-buru untuk menggunakan program Shopee Paylater ya. Silakan aktif dulu di marketplace Shopee dengan berbelanja secara rutin dan tentunya amanah. Jangan lupa nonton juga Shopee Video supaya kamu bisa mendapatkan koin yang bisa digunakan berbelanja.

Solusi Shopee Paylater Ditolak Agar Disetujui

Setelah mengetahui Penyebab Shopee Paylater Ditolak di atas, berikut kami berikan solusi mudah dan cepat yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, berikut solusinya :

1. Perbaiki Kesalahan Pengajuan

Solusi Shopee Paylater Ditolak yang pertama tentunya memeriksa dan memperbaiki kesalahan yang terjadi saat pengajuan, karena sistem shopee dirancang untuk merangkum kesalahan yang pengguna lakukan saat melakukan aktivasi.

Kesalahan tersebut juga akan rinci diberitahukan melalui detail penolakan maupun dikirim melalui email terdaftar, baca kembali poin yang perlu diperbaiki dan perbaiki kesalahan tersebut lalu ajukan ulang.

2. Mengajukan Aktivasi Ulang

Shopee Paylater Ditolak
Ajukan Ulang

Setelah memperbaiki kesalahan dan kamu rasa sudah memenuhi syarat dan ketentuan fitur Shopee Paylater maka kamu dapat mengajukan kembali dengan cara yang sama.

Perlu diketahui saat pengajuan, ada baiknya kamu memberikan selang waktu 2-3 hari dari masa penolakan agar sistem tidak mendeteksi spam untuk mengantisipasi Pengajuan Shopee Paylater Ditolak kembali.

Baca Juga :   Update Harga Ganti Baterai iPhone di iBOX 2023

3. Update Aplikasi

Shopee Paylater Ditolak
Update Aplikasi

Solusi Shopee Paylater Ditolak yang selanjutnya sangat sederhana yaitu coba update aplikasi, hal ini memang sederhana namun sering dilupakan pengguna saat melakukan pengajuan.

Maka dari itu cek kembali aplikasi Shopee kamu di Playstore atau Appstore apakah sudah versi terbaru, jika belum update lalu ajukan kembali.

4. Lengkapi Data Diri

Shopee Paylater Ditolak
Lengkapi Data Diri

Data Diri yang tidak lengkap merupakan penyebab utama mengapa pengajuan Shopee Paylater ditolak, untuk mengatasinya sebenarnya sangat mudah yaitu dengan memberikan dan memasukkan Data Diri yang benar dan valid.

Baca Juga : 10 Solusi Lazada Paylater Tidak Tersedia Untuk Order!

5. Aktifkan GPS Ponsel (Lokasi Terkni)

Shopee Paylater Ditolak

Saat mengunduh aplikasi Shopee pertama kali biasanya ponsel akan memberikan opsi izinkan lokasi untuk aplikasi yang sudah terinstal, dan mungkin kamu tidak mengizinkan shopee untuk fitur tersebut.

Hal ini juga jadi penyebab Shopee Paylater Ditolak loh, solusinya cek perizinan aplikasi Shopee dan aktifkan fiturkan izinkan lokasi mendeteksi lokasi akun Shopee kamu.

6. Hubungi Kontak Bantuan Shopee

Shopee Paylater Ditolak
Kontak Bantuan Shopee

Apabila sudah mengikuti dan melakukan semua solusi Shopee Paylater Ditolak di atas dan pengajuan kamu masih belum berhasil, maka tidak ada salahnya kamu mencoba hubungi kontak bantuan Shopee untuk meminta penjelasan lebih lanjut atas masalah tersebut.

Kenapa Shopee PayLater Tidak Bisa Digunakan

Shopee Paylater yang sudah aktif tetapi tidak bisa digunakan biasanya terjadi dikarenakan dikarenakan fitur gangguan atau akun pengguna bermasalah. Solusinya yaitu menghubungi pihak bantuan Shopee dan meminta untuk memperbaiki masalah tersebut.

Akan tetapi, kamu harus tetap menggunakan program ini dengan sangat bijaksana. Maksudnya tidak terlalu berlebihan dan kalau memang ada uang lebih baik berbelanja secara cash saja. Di sisi lain silakan gunakan program ini untuk membeli produk yang penting saja ya.

Tentunya kamu ingin punya banyak uang bukan? Untuk itu, jaga kesehatan finansial kamu dengan meminimalisir hutang. Kecuali kalau memang ada produk yang harus dibeli sedang dana mepet, maka pakai saja metode Shopee Paylater.

Kesimpulan

Shopee Paylater Ditolak
Penyebab dan Solusi Shopee Paylater Ditolak

Nah, kalau kamu membaca artikel ini sampai tuntas, maka terlihat deh kalau marketplace Shopee memiliki program yang sangat bagus namanya Shopee Paylater. Ini merupakan program yang mempermudah pengguna saat berbelanja karena tidak harus secara cash melainkan kredit atau berhutang.

Akan tetapi, kalau pengajuan pembayaran Shopee Paylater Ditolak , maka bisa jadi akun kamu sedang bermasalah. Sedangkan masalah-masalah yang menjadi penyebab penolakan tersebut bisa kamu baca di penjelasan di atas.

Jadi selamat berbelanja dan tetaplah berbelanja secara bijaksana. Program pembayaran Shopee Paylater hanyalah program untuk mempermudah tetapi tidak juga membuat kamu menjadi lebih boros ya.