12 Cara Membuka Akun DANA Yang Dibekukan 2023

Senior Kultural September 29, 2023

Cara Membuka Akun DANA Yang Dibekukan dapat kamu lakukan dengan beberapa Cara disesuaikan dengan pelanggaran dari Akun DANA yang bersangkutan.

Pasalnya Akun DANA yang dibekukan pihak DANA biasanya bukan tanpa sebab, mungkin saja kamu telah melanggar syarat dan ketentuan atau kamu terdeteksi telah melakukan kesalahan-kesalahan yang melanggar aturan penggunakan E-Wallet yang satu ini.

Nah, kesalahan yang dimaksud, bisa kamu baca di sini dan akan mimin kupas secara singkat dan informatif.

Memang seharusnya kamu tidak boleh bermasalah dengan pihak DANA jika masih ingin menggunakan akun kamu di E-wallet tersebut.

Tetapi, silakan melakukan aktivitas yang negatif kalau kamu memang ingin kehilangan akun kamu beserta saldo di dalamnya. Jadi, bijaklah ketika menggunakan E-Wallet yang populer tersebut ya.

Apa Itu Akun DANA?

Sebelum mempraktekkan Cara Membuka Akun DANA Yang Dibekukan, Kamu perlu tahu nih kalau Aplikasi DANA sudah menjadi E-wallet yang populer. Dan sudah banyak masyarakat yang menggunakannya loh.

Sedangkan akun Dana sendiri adalah nama dan identitas seseorang yang sudah dianggap secara sah sebagai pengguna wallet atau dompet digital DANA.

DANA merupakan wallet atau tempat penyimpan uang secara virtual. Yang mana saldo di dalamnya bisa kamu gunakan untuk membeli produk secara online atau untuk melakukan transfer ke rekening Bank.

Artinya wallet DANA tetap dibutuhkan untuk saat ini termasuk dibutuhkan oleh kamu juga loh ya.

Baca Juga : 12 Cara Mengatasi DANA Limit Bulanan 2023

Penyebab Akun Dana Dibekukan

Penyebab Akun DANA dibekukan
Penyebab Akun DANA dibekukan

Sebagian besar penyebab akun DANA kamu dibekukan oleh sistem adalah karena kesalahan kamu sendiri.

Kesalahan tersebut diantaranya :

  • Indikasi Penipuan.
  • Login Mencurigakan di lebih dari 1 Perangkat.
  • Memanfaatkan Bug DANA.
  • Salah PIN berulang.
  • Data Akun Tidak Sesuai.

Baik karena terdeteksi akan melakukan tindakan kecurangan seperti memanfaatkan bug sistem, atau melakukan transaksi yang tidak wajar. Biasanya ini merupakan kesalahan-kesalahan yang disengaja.

Tetapi ada juga kesalahan user atau pengguna DANA yang tidak disengaja tetapi berpotensi membuat akun dibekukan sementara.

Salah satunya ialah salah memasukkan kode akun berulang kali. Bisa juga dengan mencoba mengakses akun ketika jaringan sedang eror, dan jika hal ini sudah terjadi maka Cara Membuka Akun DANA Yang Dibekukan sangat diperlukan.

Baca Juga :   12 Cara Mengembalikan File PDF Yang Terhapus Di WhatsApp

Ciri-Ciri Akun DANA Dibekukan

Ciri-Ciri Akun DANA Dibekukan
Ciri-Ciri Akun DANA Dibekukan

Akun DANA dibekukan biasanya memiliki ciri-ciri tertentu untuk membedakan akun DANA normal dan sedang dibekukan.

Jadi pastikan kamu mengetahui cirinya sebelum mempraktekkan Cara Membuka Akun DANA Yang Dibekukan agar kamu tidak melakukan pembukaan akun pada akun DANA yang Normal.

1.DANA Tidak Bisa dibuka

Biasanya akun DANA yang dibekukan tidak dapat login atau masuk ke dalam aplikasi, karena sudah dibatasi oleh Pihak DANA langsung.

Dengan mengetahui hal ini diharapkan pengguna langsung mengecek melalui email atau menghubungi Costumare Care DANA langsung.

2.Mendapatkan Notifikasi Pembekuan

Notifikasi pembekuan Akun biasanya didapatkan melalui SMS nomor yang terhubung dengan DANA, atau Nomor WhatsApp yang terhubung dengan nomor terdaftar.

Tetapi untuk mengetahui rincian notifikasi pembekuan akun kamu bisa mengecek melalui email yang tertaut akun DANA tersebut sembari menghubungi pihak Bantuan DANA.

3.DANA Tiba-Tiba Keluar

Apabila akun DANA kamu keluar tiba-tiba(Forced Close) biasanya dikarenakan DANA error pada server dan juga bisa menandakan akun kamu di bekukan tiba-tiba.

Untuk memastikannya kamu bisa login dua akun DANA bersamaan apakah salah satunya Normal atau sebaliknya.

4.Tidak Bisa Transaksi

Pastinya ciri paling pasti apabila akun DANA dibekukan yaitu kamu tidak bisa melakukan aktivitas di dalam aplikasi DANA, baik itu Transfer, Top Up ataupun transaksi digital.

Maka dari itu kamu sebaiknya hubungi Pihak DANA untuk dan menjelaskan kendala kamu dan menanyakan solusinya apakah akun kamu sedang masa pembekuan atau kendala lainnya.

Cara Membuka Akun Dana yang Dibekukan

⚠️Kendala 🔰Akun DANA Dibekukan
🔰Penyebab ✅Indikasi Fraud, Multilogin 
🔰Ciri-Ciri ✅Notifikasi, Tidak Bisa Transaksi
🔰Solusi ✅Banding, Hub Pihak Bantuan
🔰Buka Akun DANA ▶️Klik Disini

Kalau kamu memiliki DANA yang dibekukan sementara maka kamu bisa mengikuti step demi step Cara Membuka Akun DANA Yang Dibekukan di bawah ini ya guys.

Namun di ingat, cara ini hanya bisa diterapkan pada akun yang di-banned atau dibekukan secara parsial alias sementara saja ya. Sedangkan kalau akun dibekukan permanen, maka kamu membutuhkan cara yang lebih detail. Ini ulasannya:

1. Login Kembali 1 Jam Pasca Pembekuan

Sebenarnya Cara Membuka Akun DANA Yang Dibekukan sementara itu ternyata sangat mudah loh. Yaitu kamu tinggal menunggu satu jam dari masa pembekuan akun.

Setelah itu, silakan masuk kembali atau melakukan login kembali ke sistem. Namun pastikan kamu tidak lagi melakukan kesalahan yang menyebabkan akun kembali di-banned ya.

Step ini bisa digunakan untuk mengembalikan akun kamu yang dibekukan akibat adanya kesalahan input kode DANA sebanyak 3 kali.

Baca Juga :   9 Cara Transfer Pulsa Ke DANA Tanpa Aplikasi Terbaru 2023

Maka dari itu, kode atau PIN DANA kamu harus disimpan dengan baik supaya ketika akan menginputnya tidak lagi lupa. Karena khawatir untuk kasus yang terbaru akun kamu malah di-banned permanen.

2. Menghubungi Costumer Service DANA

Cara Membuka Akun DANA Yang Dibekukan
Hubungi Pihak Bantuan DANA

Apabila Cara Membuka Akun DANA Yang Dibekukan sebelumnya belum berhasil, Kamu bisa menghubungi CS DANA kalau tidak merasa melakukan kesalahan tetapi akun malah di-banned.

Cara ini bisa digunakan untuk kasus banned permanen atau pembekuan akun selamanya. Silakan tanyakan kepada CS kesalahan apa yang telah kamu perbuat tapi jangan ngegas ya.

Kamu menghubungi CS semata untuk meminta keterangan saja. Sehingga kamu bisa mendapatkan konfirmasi dan mungkin juga klarifikasi kalau pembekuan tersebut akibat kesalahan sistem dari DANA itu sendiri. Jadi jangan malu-malu ya silakan hubungi CS Dana saja sekarang juga.

3. Meminta Pengajuan Banding Pemulihan Akun (PBPA)

Kalau kamu benar-benar merasa tidak pernah melakukan kesalahan tetapi akun DANA tetap dibekukan apalagi permanen, maka segera hubungi CS untuk meminta Pengajuan Banding Pemulihan Akun yang disingkat PBPA.

Cara Membuka Akun DANA Yang Dibekukan yang satu ini merupakan muncul dari layanan E-Wallet Dana demi menjamin kenyamanan pengguna ketika bertransaksi.

Akan tetapi, sebelum melakukan PBPA, kamu harus yakin dulu kalau kamu memang bersih dari kesalahan pada sistem.

Kalau perlu kamu harus mempersiapkan bukti-bukti kalau kamu memang tidak melakukan tindakan kecurangan sedikitpun. Nah, kalau kamu memang tidak terbukti bersalah, maka otomatis akun DANA akan kembali diaktifkan dong.

4. Mengirimkan Bukti Tidak Melanggar Panduan Komunitas

Cara Membuka Akun DANA yang Dibekukan
Mengirimkan Bukti Tidak Melanggar Panduan Komunitas

Pembekuan akun Dana terjadi karena kesalahan kamu atau kesalahan sistem bisa dilihat dari bukti TOS atau pedoman komunitas yang disepakati oleh pihak DANA dengan user.

Untuk itu, kalau akun DANA kamu terblokir, maka segera screenshot bukti kalau kamu tidak pernah melanggar TOS lalu kirimkan ke CS.

Nantinya CS DANA akan mempelajari bukti tersebut dan akan dijadikan alasan untuk kembali mengaktifkan akun kamu.

Tetapi kamu harus bisa memastikan kalau screenshot tersebut legal dan bukan rekayasa ya agar Cara Membuka Akun DANA Yang Dibekukan yang satu ini dapat berhasil, Karena kalau hasil editing maka akun kamu tidak akan bisa diaktifkan selama-lamanya.

5. Menunggu Masa Banned

Akun DANA kamu di-banned? Wah jadi nggak bisa belanja dong! Tetapi jangan khawatir kamu tinggal membaca dulu ketentuan dari banned tersebut.

Biasanya di sana tertulis banned 1 jam, 15 hari atau 30 hari. Biasanya yang namanya banned permanen itu yang paling pendek adalah 30 hari.

Jadi, kalau ada tulisan semacam itu, ya silakan saja kamu menunggu sampai masa banned-nya habis sebagai satu-satunya Cara Membuka Akun DANA Yang Dibekukan tesebut.

Baca Juga :   15 Aplikasi Beli Pulsa Bayar Nanti Paling Cepat Cair

Setelah itu lakukan login kembali dan biasanya Akun DANA sudah kembali normal. Dan kamu sudah bisa menggunakan E-Wallet tersebut untuk berbelanja secara online lagi.

Apakah Saldo Hilang saat Akun DANA dibekukan?

Setelah melakukan Cara Membuka Akun DANA Yang Dibekukan di atas Tentunya kamu sangat khawatir kalau tiba-tiba Saldo akun DANA dibekukan (banned) Hilang.

Yah ituPasti, Pasalnya kamu berusaha mengaktifkan kembali akun DANA tersebut demi menyelamatkan saldo DANA di dalamnya.

Makanya, kamu akan langsung mencari cara supaya pembekuan ini tidak berlangsung lama.Sejatinya saldo DANA kamu tidak akan berkurang apalagi habis kalau hanya akun di-banned.

Dan ini berlaku tidak hanya untuk pembekuan sementara saja tetapi juga pembekuan akun permanen. Jadi kamu tidak perlu kawatir terkait dengan hal tersebut. Cuma kamu harus mencoba untuk mengaktifkan akun Dana kamu kembali.

Baca Juga : 11 Cara Refund Saldo DANA yang Salah Kirim [√Berhasil]

Yang Perlu Dipersiapkan Saat Pembukaan Akun

Cara Membuka Akun DANA Yang Dibekukan
Persiapan Pembukaan Akun DANA

Sebelum mempraktekkan Cara Membuka Akun DANA Yang Dibekukan di atas, Ada beberapa identitas yang harus kamu persiapkan jika akun DANA kamu ingin segera diaktifkan oleh Pihak DANA.

Identitas yang dimaksud di antaranya adalah email yang masih aktif. Karena biasanya admin akan mengirimkan notifikasi pembukaan akun melalui alamat email tersebut, Namun selain itu Data pendukung lainnya juga diperlukan, diantaranya:

  • Foto Identitas KTP/SIM.
  • Nama Asli Akun Terdaftar.
  • Nomor Akun DANA aktif.
  • Perkiraan Saldo Akun.
  • Kapan terakhir Transaksi.
  • Waktu Login Terakhir.

Jangan lupa kamu juga harus mempersiapkan nomor ponsel yang bisa dihubungi ya. Karena nantinya pihak admin DANA akan mengirimkan OTP ke nomor tersebut dan OTP itu harus kamu isikan pada notifikasi yang muncul di Email loh.

Namun sebelum masuk ke step ini, kamu harus membuka akun tersebut dengan Cara Membuka Akun DANA Yang Dibekukan yang telah mimin paparkan di atas.

Kesimpulan

Cara Membuka Akun DANA Yang Dibekukan
Cara Membuka Akun DANA Yang Dibekukan

Kalau kamu masih ingin bertransaksi online dengan menggunakan akun DANA maka pastikan kamu harus menggunakan platform ini dengan sebaik-baiknya.

Termasuk tidak melakukan tindakan curang, penipuan dan kejahatan virtual money yang lainnya. Selain itu, kamu juga bisa terjerat hukum loh.

Untuk itu, mari kelola akun DANA dengan baik termasuk menyimpan user name dan kode dengan sebaik-baiknya.

Dan jika sudah terjadi pembekuan maka kamu dapat menggunakan Cara Membuka Akun DANA Yang Dibekukan yang telah mimin paparkan di atas dengan benar dan sesuai prosedur.

Akhir kata mimin sarankan kamu tidak melakukan pelanggaran apapun yang akan membuat akun di-banned sementara maupun permanen. Dan kalau ini benar terjadi, di jamin deh kamu pasti menyesal.