11 Cara Refund Saldo DANA yang Salah Kirim [√Berhasil]

Senior Kultural September 29, 2023

Kultural.ID – Kejadian salah kirim saldo DANA ke nomor lain atau Bank mungkin jarang terjadi namun tidak menutup kemungkinan hal ini dapat terjadi pada kamu atau seseorang yang kamu kenal.

Atau kamu sudah mengalaminya ? Jika sudah terjadi tentunya hal ini membuat kita panik dan bingung bagaimana Cara Refund Saldo DANA yang Salah Kirim tersebut.

Terlebih apabila pengiriman tersebut sudah terkonfirmasi berhasil terkirim ke akun DANA atau rekening BANK orang yang tidak kamu kenal.

Untuk menghindari hal ini terjadi, dan jika sudah terjadi kamu perlu mengetahui Cara Refund Saldo DANA yang Salah Kirim tersebut secara lengkap pada artikel ini, Simak Informasinya di bawah ini.

Penyebab DANA Bisa Salah Kirim

Penyebab DANA Bisa Salah Kirim
Penyebab DANA Bisa Salah Kirim

Hal yang menjadi penyebab utama Saldo di Aplikasi DANA bisa salah kirim yaitu karena terburu-buru dalam melakukan pengiriman DANA sehingga lupa mengecek Nomor atau BANK tujuan.

Penyebab lainnya juga karena kesalahan pengetikan nomor atau lupa mengganti nomor tersimpan saat ingin kirim DANA.

Untuk salah pengiriman ke akun BANK biasanya terjadi karena salah masukkan nomor rekening tujuan.

Kesimpulannya dari penyebab DANA bisa salah kirim ini adalah kurangnya ketelitian saat melakukan pengirim saldo DANA, disebabkan situasi pengiriman yang mendesak.

Baca Juga : 7 Cara Convert Pulsa Ke DANA Minimal 10 Ribu 2023

Cara Mengembalikan Saldo DANA yang salah Kirim

⚠️Kendala ⚠️Salah Transfer DANA
✅Tranfer Berhasil ⚡️Hubungi Penerima DANA
✅Tranfer Pending ⭐️Tuggu Status Refund
✅Solusi Lainnya ⭐️Call Center DANA
✅Penyebab ⚡️Terburu-buru/Salah Nomor
Baca Juga :   Kalkulator Snack Video: Hitung dan Tarik Penghasilan 2023

Jika sudah terjadi salah kirim Saldo DANA, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah jangan panik dan lakukan pengecekan transaksi tersebut.

Apabila statusnya sudah berhasil dan kamu mengenal nomor/Rekening Bank tujuan DANA yang telah terkirim sesegera mungkin untuk mengkonfirmasi salah pengiriman tersebut agar dilakukan refund oleh yang bersangkutan.

Dengan harapan yang menerima DANA tersebut dapat bekerja sama dengan kamu untuk melakukan pengembalian DANA dan masalah tersebut selesai.

Cara Refund Saldo DANA yang salah Kirim ke Nomor Pengguna Lain

Berikut Cara Refund Saldo DANA yang salah Kirim ke Nomor Pengguna Lain :

  1. Pertama Cek status transaksimu, jika gagal kamu tidak perlu khawatir karena saldo otomatis kembali ke saldo akun DANA kamu.
  2. Kedua, jika status transaksi telah berhasilSegera menghubungi nomor pengguna penerima saldo DANA kamu tersebut.
  3. Jika kamu mengenal nomor tersebut akan lebih mudah untuk pengembalian DANA.
  4. Apabila nomor tujuan tidak kamu kenal, maka dalam hal ini kamu harus menghubungi dan meminta kerjasama yang bersangkutan secara sopan agar DANA Segera dikembalikan.

Hal yang perlu diketahui dalam transaksi pengiriman salah nomor tujuan DANA adalah bahwa transaksi dapat dibatalkan jika status sudah berhasil.

Maka solusinya adalah meminta penerima DANA untuk melakukan pengembalian DANA tersebut dan mengakui bahwa kamu telah keliru dalam melakukan transaksi.

Salah Kirim DANA Ke No. Tidak Aktif

Berikut Cara Refund Saldo DANA yang salah Kirim ke Nomor Penggunayang tidak Aktif/Belum didaftarkan DANA :

  1. Seperti biasa kamu tidak perlu panik dan segera Cek status transaksimu, sesuai ketentuan dari aplikasi DANA bahwa nomor DANA yang sudah tidak aktif atau belum didaftarkan otomatis transaksi akan Gagal atau status Pending.
  2. Jika transaksi dalam status pending maka cek detail status pending tersebut dan perhatikan sisa waktu transaksi tersebut.
  3. Apabila waktu status pending habis maka secara otomati Saldo DANA kamu akan kembali ke akun DANA pengirim.
Baca Juga :   3 Cara Convert Pulsa Rate 90 2023, Langsung Diproses!

Kesimpulannya, Salah transfer ke nomor pengguna tidak aktif atau belum didaftarkan ke DANA tidak masalah karena otomatis sistem akan mendeteksi hal tersebut dan membatalkan transaksi atau transaksi dalam status pending menunggu saldo refund ke akun DANA pengririm.

Cara Refund Saldo DANA yang salah Kirim ke Rekening BANK

Cara Refund Saldo DANA yang salah Kirim ke Rekening BANK
Cara Refund Saldo DANA yang salah Kirim ke Rekening BANK

Berikut Cara Refund Saldo DANA yang salah Kirim Ke Rekening BANK :

  1. Cek status transaksi kamu apakah berhasil atau gagal.
  2. Jika berhasil, hal yang pertama kamu lakukan yaitu mengecek detail transaksi dan menghubungi rekening BANK yang telah terkirim saldo tersebut.
  3. Pastinya rekening yang tersimpan adalah seseorang yang pernah kamu kirimi DANA antar BANK sehingga kamu mengenalnya dan minta kerjasamanya untuk pengembalian DANA.
  4. Kamu bisa komunikasi lewat WA/Telfon untuk menjelaskan perihal salah kirim tersebut dan mudah-mudahan DANA dapat dikembalikan.
  5. Karena Transaksi yang telah berhasil sesuai dengan syarat dan ketentuan dari DANA tidak bisa dibatalkan atau direfund, kecuali statusnya Pending menunggu untuk refund.

Apabila si penerima tidak mau bekerja sama, tidak ada salahnya kamu mencoba untuk hubungi bantuan kontak bantuan dana melalui email Help@dana.id atau kontak costumer care yang sudah mimin sebutkan di atas sebelumnya.

Baca Juga : 12 Aplikasi Penghasil Saldo DANA Tercepat 100 Ribu Perhari

Cara Menarik Saldo DANA yang sudah ditransfer

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya menghubungi Nomor/Bank tujuan yang salah kirim saldo adalah satu-satunya Cara Refund Saldo DANA yang salah Kirim.

Dengan catatan status transaksinya telah berhasil, dan apabila kamu memerlukan bantuan dan informasi lebih lanjut terkait transaksi yang Salah kirim tersebut kamu dapat menghubungi Call Center Bantuan DANA di bawah ini :

  • WhatsApp DANA : 08191 1500 445
  • No Telpon DANA : 1500 445
  • Media Sosial DANA : DANA Indonesia
  • Email DANA : Help@Dana.id

Alasan Saldo DANA tidak Bisa dikembalikan

Alasan Saldo DANA tidak Bisa dikembalikan
Alasan Saldo DANA tidak Bisa dikembalikan

Saldo DANA bisa dikembalikan secara otomatis oleh sistem dengan 2 ketentuan yaitu :

  1. Nomor tujuan DANA tidak aktif atau belum didaftarkan dan status transaksinya pending (Menunggu Refund ke akun DANA pengirim)
  2. Transaksi gangguan dari internal aplikasi DANA dan status transaksi Pending (Bisa berhasil atau refund)
Baca Juga :   8 Ciri-ciri WA Dibisukan Notifikasi Orang Lain 2023

Namun yang menjadikan alasan utama DANA yang sudah terkirim dalam hal ini salah kirim ataupun transaksi normal tidak dikembalikan yaitu :

1. Melewati Verifikasi Nomor & Nama Akun BANK tujuan

Sebelum melakukan pengiriman DANA, pengirim wajib memasukkan nomor tujuan DANA atau rekening tujuan, kemudian sistem membaca otomatis data tujuan.

Pada tahap ini kamu dapat mencek apakan data nomor maupun rekening Bank tujuan sudah sesuai dengan nama tujuan pengirim.

2. Telah Melewati Tahap Konfirmasi OTP/PIN

Selanjutnya, setelah nama dan nomor tujuan telah terkonfirmasi kamu akan memasukkan PIN konfirmasi ataupun OTP untuk melakukan transfer DANA tersebut, sehingga tidak mungkin terjadi salah kirim saldo DANA.

3. Konfirmasi Transfer Berhasil

Tahap terakhir yang menjadikan Cara Refund Saldo DANA yang Salah Kirim ini tidak bisa dilakukan yaitu konfirmasi transfer berhasil yang terlihat pada status transaksi kamu, tertera nomor ataupun rekening bank tujuan.

Ini merupakan tahap terakhir saat melakukan transfer saldo ke nomor tujuan/Bank, dengan melihat detail transaksi yang telah berhasil kamu tidak dapat melakukan refund dengan mengubungi CS DANA atau semacamnya.

Kesimpulan

Cara Refund Saldo DANA yang Salah Kirim
Cara Refund Saldo DANA yang Salah Kirim

Setelah mencoba Cara Refund Saldo DANA yang Salah Kirim yang telah mimin paparkan di atas diharapkan Saldo DANA tersebut dapat kembali ke akun DANA kamu.

Masalah salah kirim Saldo DANA ini sebenarnya jarang terjadi namun jika sudah terjadi dan status transaksi telah berhasil maka satu-satunya cara adalah dengan menghubungi penerima DANA sesegera mungkin untuk diminta kerjasamanya untuk mengembalikan DANA tersebut.

Maka dari itu untuk menghindari hal ini terjadi, disarankan dalam melakukan pengiriman melakukan croscheck berulang kali dan jangan terburu-buru sebelum memastikan data sudah benar lalu lanjutkan transaksi.

Akhir kata semoga artikel dapat memecahkan masalah kamu dan selamat mencoba !