10 Asuransi Mobil Syariah Termurah dan Terbaik

Senior Kultural November 30, 2023

Asuransi mobil menjadi hal yang amat penting bagi setiap pemilik mobil. Pasalnya, saat kita berkendara, rentan sekali terjadi kecelakaan maupun pencurian yang akan menyebabkan kerugian finansial.

Sebagai bentuk proteksi terhadap mobil kesayangan, asuransi mobil haruslah dimiliki oleh setiap pemilik mobil baik itu mobil baru maupun mobil tua.

Ada banyak jenis asuransi mobil yang bisa kamu pilih. Salah satu yang paling terkenal di tanah air ialah asuransi mobil syariah.

Informasi selengkapnya mengenai asuransi mobil syariah terbaik akan dibahas pada penjelasan berikut ini.

Apa itu Asuransi Mobil Syariah?

Asuransi syariah merupakan produk proteksi yang bermanfaat untuk menjamin risiko kerugian finansial dengan berlandaskan syariat islam. Ada banyak produk asuransi syariah, termasuk asuransi mobil.

Risiko-risiko yang dimaksud antara lain kerusakan akibat bencana alam, kecelakaan lalu lintas, kerusakan, kerusuhan, hingga pencurian.

Secara umum, asuransi mobil syariah dan asuransi mobil konvensional sebenarnya sama saja, terutama perihal premi, layanan, dan bengkel rekanan. Yang menjadi pembeda ialah prinsip yang digunakan.

Asuransi mobil syariah menerapkan prinsip tolong menolong, bukan prinsip jual beli seperti yang diterapkan pada asuransi konvensional. Dengan demikian akadnya pun menggunakan akad tolong menolong (ta’awuni).

Proteksi terhadap kendaraan menjadi hal penting yang tak boleh luput dari perhatian. Bukan hanya soal keselamatan dan keamanan pengendara, melainkan juga soal keamanan kendaraan itu sendiri.

Baca Juga : 10 Asuransi Mobil All Risk Termurah 2023, Premi Mulai 100 Ribuan

Rekomendasi Asuransi Mobil Syariah Terbaik

✅ Rekomendasi 🔰Asuransi Mobil Syariah Terbaik
✅ Pilihan Asuransi Mobil Syariah 🔰Gardaoto Syariah, Otomate Syariah
✅ Kerusakan Yang Dicover 🔰Kerusakan Penuh Dan Total Loss Only
✅ Sistem Pembayaran 🔰Prinsip Tolong Menolong
✅ Cek Asuran Mobil Terbaik 👉Klik Disini

Meski sudah cukup banyak pilihan asuransi mobil syariah di tanah air, memilihnya bukanlah perkara mudah.

Oleh sebab itu, berikut ini deretan asuransi mobil syariah terbaik yang kami rekomendasikan.

1. Garda Oto Syariah

Asuransi Mobil Syariah Terbaik
Garda Oto Syariah

Garda Oto menyediakan produk asuransi mobil syariah dan konvensional. Perbedaannya terletak pada prinsip yang digunakan.

Selain itu, Garda Oto Syariah juga memiliki skema no claim bonus dan bagi hasil yang bisa diperoleh jika pada periode sebelumnya nasabah tidak melakukan klaim. Perhitungan bagi hasil mengandalkan hasil keutungan perusahaan.

Baca Juga :   9 Cara Convert Pulsa Ke OVO Minimal 10 Ribu Tanpa Biaya

Meski terdapat perbedaan prinsip serta akad, layanan, fasilitas dan premi Garda Oto Syariah maupun konvensional tetaplah sama.

2. Otomate Syariah

Asuransi Mobil Syariah Terbaik
ACA Otomate Syariah

Otomate Syariah merupakan produk asuransi mobil dari ACA Insurance. Polis asuransi satu ini menawarkan jenis asuransi mobil all risk, dengan pertanggungan menyeluruh atas risiko-risiko berupa kehilangan atau kerusakan.

Asuransi ini dikemas secara paket dengan sejumlah fasilitas, antara lain mobil pengganti selama mobil diperbaiki di bengkel rekanan, perbaikan darurat, ambulans, dan mobil derek.

Otomate Syariah memberikan akses layanan 24 jam setiap harinya kepada nasabah. Tertarik memilikinya?

3. Astra Buana Syariah

Asuransi Mobil Syariah Terbaik
Astra Buana Syariah

Asuransi mobil syariah berikutnya yang kami rekomendasikan ialah Astra Buana Syariah. Sama seperti asuransi syariah lainnya, prinsip yang digunakan ialah prinsip tolong menolong.

Selain itu, terdapat juga skema no claim bonus dan bagi hasil jika nasabah tidak melakukan klaim pada satu periode. Presentase bagi hasilnya bisa mencapai 50% dari total laba bersih perusahaan.

Terdapat beberapa penawaran paket asuransi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Setiap paket menawarkan fasilitas dan manfaat yang berbeda-beda.

4. Autocilin Ikhlas

Asuransi Mobil Syariah Terbaik
Autocilin Ikhlas

Autocilin Ikhlas merupakan salah satu produk asuransi mobil besutan Adira Finance yang berlandaskan syariah islam.

Salah satu kelebihan Autocilin Ikhlas ialah adanya opsi modifikasi iuran premi asuransi kepada para nasabah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Opsi ini bisa dipilih untuk berbagai produk yang dipilih, baik itu all risk (comprehensive) ataupun TLO (Total Loss Only).

Tak sampai di situ, nasabah juga bisa mendapatkan bagi hasil apabila tidak melakukan klaim. Besarannya ditentukan berdasarkan keuntungan perusahaan.

Proteksi yang bisa kamu peroleh dari polis satu ini ialah, ganti rugi pihak ketiga, santunan kecelakaan, ganti rugi biaya pengobatan, ganti rugi kerusakan mobil, serta kerugian finansial lainnya.

Terdapat juga fitur tambahan lainnya yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, seperti Car Rental, New for Old, dan fitur Personal Effect.

5. Asuransi Mobil Syariah Takaful

Asuransi Mobil Syariah Terbaik
Asuransi Tafakul Umum

Bagi kamu yang memiliki kendaraan komersial seperti bus, truk, dan pick-up, asuransi mobil syariah Tafakul bisa menjadi pilihan tepat. Tak hanya untuk kendaraan komersil, kendaraan non komersil pun bisa menggunakan produk asuransi mobil syariah satu ini.

Terdapat dua jenis polis yang bisa dipilih, yakni komprehensif (menyeluruh), yang mengcover partial loss.

Ada juga total loss atau yang disebut dengan constructive total loss, mengcover kerugian yang kerusakannya lebih dari 75%. Masing-masing polis menetapkan biaya premi yanh berbeda-beda.

Risiko yang ditanggung pada dua produk di atas meliputi benturan, tabrakan, perbuatan jahat orang lain, kebakaran, sambaran petir, hingga menanggung biaya derek.

Kelebihan lainnya ialah jaringan bengkel rekanan yang sangat luas, yang bisa ditemukan di hampir semua area Banten, Jabodetabek, Sumatera, Kalimantan, hingga di Sulawesi.

Baca Juga :   10 Aplikasi Penguat Sinyal Indosat 3G, 4G Dan 5G Anti Iklan

Baca Juga : 10 Pinjaman Online Cicilan 12 Bulan Cepat Cair Dan Resmi OJK

6. Chubb Syariah

Asuransi Mobil Syariah Terbaik
Chubb Syariah

Chubb Syariah melindungi mobil kesayangan dari berbagai kerugian finansial termasuk kehilangan maupun kerusakan.

Berbagai manfaat yang bisa diperoleh nasabah antara lain:

  • Pertanggungan kehilangan.
  • Pertanggungan kerusakan.
  • Pertanggungan hukum pihak ketiga.
  • Ganti rugi akibat kecelakaan.

Chubb Syariah juga banyak digunakan oleh masyarakat tanah air untuk perlindungan terhadap mobil baru maupun mobil antik.

8. BNI Oto Syariah

Asuransi Mobil Syariah Terbaik
BNI Oto Syariah

BNI sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia memiliki produk asuransi mobil syariah yaitu BNI Oto Syariah.

Dengan menjalankan sistem akad murabahah, Asuransi mobil milik BNI menerapkan perjianjian jual beli pada harga asal dengan prinsip tolong menolong yang sudah di sepakati oleh pembeli dan penjual.

Beberapa manfaat yang ditawarkan oleh BNI Oto syariah melingkupi :

  • Biaya ganti rugi untuk segala jenis kerusakan yang diakibatkan kecelakaan, bencana alam, pencurian dan faktor tertentu.
  • Bantuan fasilitas seperti mobil derek, Ambulans darurat hingga mobil pengganti.
  • Pendaftaran mudah dengan survey yang cepat di proses.
  • Rekanan bengkel tersebar merata di Indonesia.

7. Sinarmas Syariah

Asuransi Mobil Syariah Terbaik
Sinarmas Syariah

Salah satu perusahaan terbesar yaitu Sinarmas Group juga memiliki produk asuransi mobil syariah yaitu Sinarmas Syariah.

Menawarkan biaya premi asuransi berdasarkan asas tolong menolong dengan biaya pendaftaran gratis menjadikan asuransi kendaraan milik sinarmas cukup banyak dilirik.

Kelebihan asuransi mobil syariah milik sinarmas :

  • Pertanggungan kerusakan kendaraan secara menyuluruh atau sebagian dengan ganti rugi biaya atau penggantian jenis kendaraan.
  • Layanan ramah 24 jam membantu para nasabah mendapatkan pelayanan asuransi yang prima.
  • Tersedia fasilitas pendukung seperti, patroli jalan hingga derek untuk kendaraan yang mengalami masalah.
  • Bengkel rekanan tersebar di seluruh kota besar di Indonesia.

9. Asuransi Mobil Zurich Syariah

Asuransi Mobil Syariah Terbaik
Zurich Syariah

PT Zurich General Tafakul Indonesia membawahi setiap produk syariah yang dikeluarkan oleh perusahaan utamanya yaitu Zurich Group, salah satunya asuransi mobil Syariah.

Penawaran asuransi mobil syariah dari Zurich Indonesia ini hanya mencakup total loss only (TLO) untuk asuransinya, Namun meskipun begitu resiko kerusakan kecil bisa di klaim langsung.

Pembiayaan preminya menjalankan prinsip tolong menolong antar nasabah jadi tidak ditentukan besaran biayanya secara langsung melainkan setelah klaim dan pengecekan kerusakan kendaraan terlebih dahulu.

10. Adira Finance Syariah

Asuransi Mobil Syariah Terbaik
Adira Finance Syariah

Adira Finance sudah sejak lama memberikan pelayanan terbaik untuk produk unggulan mereka yaitu asuransi mobil dengan pripsi syariah, asuransi menyediakan 2 jenis asuransi mobil menyesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Pertama yaitu Comprehensive, ini merupakan jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan atau kerusakan sebagian maupun keseluruhan kendaaran.

Untuk jenis kedua yaitu otomate, produk asuransi mobil syariah jenis ini dibuat dengan metode paket yang di dalamnya terdapat fasilitas seperti penggantian, perbaikan darurat dengan sifat urgensi atau penting.

Baca Juga :   100 Star Facebook Berapa Rupiah? Ini Dia Cara Hitungnya√

Perbedaan Asuransi Mobil Syariah Dengan Asuransi Mobil Biasa

Untuk perbedaan asuransi mobil syariah dengan asuransi mobil konvensional lebih terletak pada konsep pembiayaan, namun secara lengkap dijelaskan di bawah ini:

Aspek Perbedaan Asuransi Mobil Syariah Asuransi Mobil Biasa
Prinsip Dasar Berdasarkan syariah Islam Berdasarkan hukum umum
Pembayaran Tabarru (sumbangan sukarela) Premi wajib
Bagian Keuntungan Dibagi sesuai prinsip syariah Keuntungan perusahaan
Investasi Menghindari instrumen syubhat Investasi lebih bebas
Jenis Produk Sesuai prinsip syariah Standar tanpa syarat
Penggunaan Dana Bantuan dalam situasi darurat Klaim dan operasional
Etika dan Transparansi Lebih menekankan etika Lebih bisnis-orientasi
Proses Klaim Sesuai prinsip syariah Standar industri

Premi Asuransi Mobil Syariah

Hal berikutnya yang membuatmu penasaran saat membeli produk asuransi mobil syariah ialah persoalan premi.

Setiap perusahaan asuransi menetapkan besaran premi yang berbeda-beda. Premi juga biasanya tergantung manfaat dan fitur yang diberikan.

Besaran premi juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya seperti usia kendaraan, domisili, serta jenis polis asuransi mobil yang dipilih.

Sehingga, tidak ada angka pasti berapa jumlah besaran premi asuransi mobil syariah. Jadi sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu ke lebih dari dua perusahaan asuransi mobil syariah untuk mengetahui berapa preminya dan manfaat apa saja yang bisa didapatkan.

Cara Membeli Asuransi Mobil Syariah Terbaik

Cara membeli asuransi mobil syariah sebenarnya sama saja dengan membeli asuransi mobil konvensional. Untuk lebih jelasnya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Sebagai langkah awal, sebaiknya lakukan riset atau survey ke beberapa perusahaan asuransi mobil yang berbasiskan syariat islam.
  • Bandingkan produk terbaik dengan manfaat terbaik. Jangan lupa sesuaikan dengan alokasi dana dan kebutuhan.
  • Setelah menentukan produk terbaik, isilah formulir pengajuan, bisa secara online ataupun offline di kantor cabang di kotamu.
  • Berikutnya, selesaikan pembayaran premi sesuai fasilitas pembayaran yang telah disepakati.

Cermati setiap polis dengan seksama sebelum mantap memilih agar kamu mendapatkan proteksi terbaik bagi mobil kesayanganmu.

Penutup

Asuransi Mobil Syariah Terbaik
Asuransi Mobil Syariah Terbaik

Harga mobil tidaklah murah, begitupun perawatannya. Apalagi jika terjadi kerusakan akibat hal-hal di luar kendali kita, kamu harus merogoh kocek sangat dalam untuk memperbaiki mobil agar seperti semula.

Oleh sebab itulah mengapa asuransi mobil wajib dimiliki setiap pemilik kendaraan roda empat ini. Selain melindungi kendaraan dari kerugian finansial, asuransi mobil juga melindungi pengendara mobil itu sendiri.

Beruntungnya kini sudah ada asuransi mobil syariah, sebuah produk perlindungan kendaraan dengan prinsip tolong menolong.

Selain membuatmu nyaman berkendara, asuransi mobil syariah juga membuatmu tenang karena prinsip yang digunakan telah sesuai dengan ketentuan agama islam.