Kenapa Akulaku Tidak Bisa Cicilan? Ini 12 Solusi Terbaru

Inne Desember 1, 2023

Kenapa Akulaku tidak bisa cicilan? Untuk menjawab pertanyaan ini, tentunya kamu harus mengetahui faktornya.

Menikmati fasilitas dari Akulaku memang sangat memberikan keuntungan. Sayangnya, beberapa kendala bisa dijumpai oleh penggunanya, salah satunya tidak bisa menikmati fasilitas cicilan.

Agar lebih jelas terkait penyebab dan cara atasi Akulaku tidak bisa cicilan, kamu bisa menyimak ulasan di bawah ini.

Kenapa Akulaku Tidak Bisa Cicilan?

✅ Kenapa Akulaku Tidak Bisa Cicilan 🔰Penyebab Dan Solusinya
✅ Penyebab Umum 🔰Skor Kredit Rendah
✅ Penyebab Utama 🔰Belum Lunasi Cicilan
✅ Penyebab Teknis 🔰Akulaku Bug, Server Gangguan
✅ Tingkatkan Kredit Akulaku Sekarang 👉Klik Disini

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi kenapa Akulaku tidak bisa cicilan, di antaranya ialah sebagai berikut:

1. Skor Kredit yang Rendah

Kenapa Akulaku Tidak Bisa Cicilan?
Naikkan Skor Kredit

Faktor yang paling berpengaruh terhadap kenapa Akulaku tidak bisa cicilan. Sebab, Akulaku sendiri memiliki aturan tertentu untuk bisa menggunakan layanan cicilan, salah satunya skor kredit harus mencapai minimal 700 poin.

Jika di bawah 700 poin, tentunya kamu tidak bisa menikmati fasilitas cicilan Akulaku. Untuk memastikan hal ini, kamu bisa mencoba periksa skor kredit yang dimiliki.

Lantas, bagaimana cara cek skor kredit Akulaku finance? Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama silahkan buka aplikasi Akulaku pada perangkat ponsel kamu
  • Kemudian masuk ke bagian Keuangan atau Credit
  • Lanjut dengan mengklik Lihat Tagihan
  • kamu bisa melihat skor kredit akun Akulaku di bagian bawah halaman tagihan ini.

2. Sudah Mencapai Limit Kredit

Alasan lain kenapa Akulaku tidak bisa cicilan ialah sebab kamu sudah mencapai limit kredit yang ditetapkan oleh Akulaku.

Selain aturan terkait skor kredit, kamu juga memiliki limit kredit yang tidak boleh dilampaui. Jika kamu sudah mencapai batas atau limit kredit ini, maka sudah pasti kamu tidak bisa menikmati fasilitas cicilan.

Contohnya, kamu baru memiliki limit kredit Akulaku senilai Rp. 2.500.000, kemudian kamu membeli produk yang memiliki nilai Rp. 2.500.000 atau lebih, maka kamu tidak bisa mendapatkan akses cicilannya.

Baca Juga :   17 Asuransi Mobil All Risk Termurah di Indonesia

Untuk pertama kalinya, biasanya Akulaku akan memberikan batasan limit sekitar Rp. 500.00 hingga Rp. 1.500.000, dan bisa meningkat seiring riwayat kredit kamu lancar. Kamu pun bisa memastikan limit kredit melalui aplikasi Akulaku Finance.

3. Memiliki Tunggakan dan Pinjaman yang Belum Lunas

Kenapa Akulaku Tidak Bisa Cicilan?
Bayar Tagihan

Alasan lain kenapa Akulaku tidak bisa cicilan ialah adanya tunggakan atau pinjaman yang belum terlunasi.

Jika kamu memiliki Tunggakan cicilan, maka Akulaku tidak akan menyetujui kredit baru, apalagi jika memiliki cicilan jatuh tempo yang belum dibayar.

Itulah kenapa penting sekali pengguna Akulaku untuk mengingat apakah cicilan yang dimiliki sudah lunas atau belum.

Membayar cicilan secara telat pun bisa sangat mempengaruhi skor kredit kamu, di mana skor kredit akan menurun dengan secara signifikan.

4. Memiliki Pinjaman Produk KTA Asetku dan Dana Cicilan

Kenapa Akulaku Tidak Bisa Cicilan?
Lunasi Pinjaman KTA Asetku

Pada dasarnya, pihak Akulaku tidak me-sarankan penggunanya untuk mengambil 2 pinjaman dengan bersamaan.

Apabila pengguna masih memiliki dua pinjaman di kedua aspek tersebut (KTA Asetku dan Dana Cicilan) yang belum terlunasi, maka pengguna tidak diperbolehkan untuk mengambil pinjaman baru.

Dengan kata lain, kamu tidak bisa menikmati fasilitas cicilan sebelum melunasi kedua pinjaman tersebut. hal ini sama dengan tunggakan atau pinjaman yang belum kamu lunasi.

Maka untuk bisa menikmati kembali fasilitas cicilan Akulaku atau produk kredit, kamu harus melunasi pinjaman sebelumnya terlebih dahulu.

Baca Juga : 10 Cara Mencairkan Limit Akulaku Via Shopee, Mulai 100 Ribu

5. Melanggar Aturan dan Kebijakan Akulaku

Jika kamu melanggar kebijakan atau aturan yang berlaku, maka Akulaku berhak untuk mem blacklist atau tidak memberikan fasilitas cicilan. Hal ini bisa menyebabkan kenapa Akulaku tidak bisa cicilan.

Seperti yang kamu ketahui, saat membuat akun kamu harus menyetujui kebijakan dan aturan layanan Akulaku. Maka untuk itu, bacalah dengan secara teliti, sehingga kamu paham mana saja yang tidak boleh dilakukan. Di bagian ini terhadap sejumlah poin kewajiban dan hak kedua belah pihak.

Jika kamu melanggar salah satu aturan atau kebijakan Akulaku, akun kamu akan ditinjau sementara, sehingga kamu pun tidak bisa menikmati fasilitas cicilan Akulaku.

Contoh kasusnya kamu memalsukan atau memanipulasi data pribadi, yang mana hal ini bertentangan dengan kebijakan yang ada.

6. Data Diri Akun Akulaku Belum Lengkap

Kenapa Akulaku Tidak Bisa Cicilan?
Data Diri Belum Lengkap

Data diri adalah bagian yang sangat penting yang harus diinput dalam akun Akulaku.

Ketika kamu memutuskan besar kecilnya kredit yang bisa kamu terima Akulaku akan menggunakan identitas kamu untuk diinput pada pendaftaran dan sebagai bahan pertimbangannya.

Jika profil akun Akulaku kamu tidak lengkap, jelas pihak Akulaku akan menolak pengajuan yang kamu lakukan. Itulah kenapa Akulaku tidak bisa cicilan.

 Untuk itu, cobalah periksa kembali data-data yang masuk di menu profil kamu, apakah sudah lengkap dan benar? kamu bisa memperbaiki dan melengkapinya dengan sebaik mungkin. Barulah setelah itu, kamu bisa mengajukan verifikasi ulang.

Baca Juga :   100 Star Facebook Berapa Rupiah? Ini Dia Cara Hitungnya√

Identitas diri juga menjadi bahan pertimbangan dan jaminan bagi Akulaku untuk bisa menilai kelayakan kamu untuk memperoleh fasilitasnya.

7. Pengajuan Akun Baru Belum Diterima

Kenapa Akulaku Tidak Bisa Cicilan?
Pengajuan Belum Diterima

Pada dasarnya dalam melakukan registrasi akun baru dibutuhkan waktu untuk bisa melakukan verifikasi akun.

Nah, jika pengajuan akun baru Akulaku belum diterima, maka kamu tidak bisa menggunakan akun tersebut untuk cicilan produk apa pun.

Biasanya akun Akulaku yang gagal ACC ini disebab data yang diisi tidak lengkap atau relevan. Jika kamu ingat tidak melakukan kesalahan apapun, kamu bisa meminta pusat bantuan Akulaku untuk segera memproses pembuatan akun baru.

8. Aplikasi Akulaku Belum Diupdate

Terlihat sepele memang, tetapi jangan salah, aplikasi yang belum diupdate ke versi baru bisa mempengaruhi kenapa Akulaku Tidak bisa cicilan.

Dengan kata lain, kamu sebagai penggunanya tidak bisa menikmati fasilitas dan layanan Akulaku secara lengkap.

Ketika kamu tidak bisa menikmati fasilitas cicilan untuk produk digital seperti pulsa, bisa jadi penyebabnya adalah aplikasi yang belum diupdate ke versi terbaru, sehingga kamu tidak bisa menggunakan sejumlah fitur Akulaku.

Untuk mengecek apakah aplikasi Akulaku sudah diperbarui atau belum, kamu bisa mengeceknya melalui aplikasi Google Playstore atau Appstore. Jika kamu menemukan opsi Update, silahkan klik opsi tersebut untuk proses pembaharuan.

Solusi Mengatasi Kenapa Akulaku Tidak Bisa Cicilan

Menyelesaikan permasalahan kenapa akulaku tidak bisa cicilan harus diselesaikan dengan solusi yang sesuai dengan penyebabnya, maka dari itu penting melakukan riset terlebih dahulu sebelum mengatasinya.

Namun secara umum dari penjelasan penyebabnya di atas dapat kita ambil beberapa solusi umum, diantaranya :

1. Tingkatkan Skor Kredit

Mengatasi Kenapa akulaku tidak bisa cicilan pertama tentunya dengan menaikkan skor kredit kamu, caranya seperti di bawah ini :

  • Lengkapi profil akun mulai dari terutama informasi mengenai detail pekerjaan dan total gaji.
  • Terkait total gaji bisa lampirkan dokumen slip gaji yang berkaitan.
  • Lengkapi data pendukung seperti NPWP dan BPJS Ketenagakerjaan.
  • Isi informasi tambahan seperti hobi lalu kaitkan media sosial resmi yang kamu miliki.

2. Bayar Cicilan Tepat Waktu Dan Lunasi Tunggakan

Penyebab utama kenapa akulaku tidak bisa cicilan tentunya ada tunggakan dari cicilan produk yang belum kamu selesaikan.

Masuk ke menu profil lalu cari menu tagihan, cek cicilan yang belum kamu lunaskan dan segera bayar.

Selain melunasi cicilan tersebut, kedepannya saat mengambil cicilan lainnya pastikan membayar dengan tepat waktu jangan sampai terkena denda, hal ini bertujuan agar latar belakang pembayaran tagihan kamu bersih.

3. Ajukan Pinjaman KTA Asetku

Dari penjelasan poin kenapa Akulaku tidak bisa cicilan, tentu kamu sudah bisa menyimpulkan langkah strategi agar bisa kembali menikmati fasilitas cicilannya.

Baca Juga :   10 Aplikasi Cek KTP Online Terbaik dan Akurat 2023

Semisalnya meningkatkan poin kredit, tidak menggunakan layanan kredit secara penuh alias tidak melebihi limit, melengkapi data diri secara lengkap, dan menggunakan pinjaman secukupnya.

Baca Juga : 7 Cara Mencairkan GoPay Paylater Via Akulaku Paling Mudah 2023

4. Belanja Cash di Akulaku

Cara alternatif untuk mengembalikan layanan cicilan Akulaku, kamu bisa melakukan pembelian barang secara cash alias tidak menggunakan fitur cicilan.

Sangat disarankan untuk belanja produk yang sesuai dengan data hobi di profil kamu dan usahakan nominal pembelian mencapai Rp. 200.000 rupiah lebih.

Dengan melakukan belanja secara rutin, penggunaan aplikasi Akulaku kamu akan tercatat di sistem Akulaku.

5. Hubungi Customer Service

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah kenapa Akulaku tidak bisa cicilan ialah menghubungi customer service.

Sebelum menghubungi dan menanyakan kendala yang kamu hadapi, catat terlebih dahulu terkait Username, alamat email, dan nomor telepon yang kamu gunakan. Sebab, Akulaku akan meninjau data tersebut.

Penyebab Akulaku Tidak Bisa Cicilan 12 Bulan

Akulaku adalah platform finansial dan layanan pinjaman yang menawarkan berbagai opsi pembayaran, termasuk cicilan.

Namun, ada beberapa alasan mengapa Kamu mungkin mengalami kesulitan dalam memilih opsi cicilan 12 bulan di Akulaku:

  • Kelayakan Kredit: Akulaku mungkin memiliki kriteria tertentu untuk memberikan opsi cicilan 12 bulan. Jika profil kredit Kamu tidak memenuhi syarat atau memiliki riwayat kredit yang kurang baik, Kamu mungkin tidak diberikan opsi ini.
  • Batas Kredit: Setiap pengguna memiliki batas kredit tertentu yang ditentukan oleh Akulaku berdasarkan penilaian kredit. Jika limit kredit Kamu tidak mencukupi untuk memilih cicilan 12 bulan, Anda tidak akan dapat memilih opsi tersebut.
  • Produk Tertentu:  Akulaku mungkin memiliki persyaratan khusus untuk produk-produk tertentu yang dapat dijangkau dengan opsi cicilan ini.
  • Pengguna Baru: Jika Anda pengguna baru di Akulaku, Kamu mungkin akan diberikan batas kredit dan opsi cicilan yang lebih rendah pada awalnya.
  • Keterbatasan Teknis: Terkadang, masalah teknis atau gangguan pada platform Akulaku dapat memengaruhi kemampuan Kamu untuk memilih opsi cicilan tertentu.

 Kesimpulan

Kenapa Akulaku Tidak Bisa Cicilan?
Kenapa Akulaku Tidak Bisa Cicilan? Ini 12 Solusinya

Sudah tahu penyebab dan solusi kenapa akulaku tidak bisa cicilan? pastinya sudah dong, pastikan mencari solusi yang tepat untuk masalah tersebut karena beda penyebab pasti solusinya juga berbeda.

Namun setiap platform yang mengeluarkan metode pembayaran metode cicilan ini tidak hanya akulaku biasanya menekankan pengguna untuk membayar tepat waktu, ini bertujuan untuk menghindari denda dan meningkatkan kualitas cicilan berikutnya.

Maka dari itu pastikan memikirkan tenor cicilan sebelum membeli produk dengan metode ini, selain itu pastikan membayar tepat waktu agar skor kredit kamu makin bagus dan masalah seperti ini tidak muncul kembali.