13 Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan Dari Plat Nomor

Senior Kultural November 25, 2023

Sekarang untuk mengecek nama pemilik kendaraan sudah sangat mudah dikarenakan sudah ada aplikasi cek nama pemilik kendaraan yang bisa diunduh dari Google Play Store.

Dengan aplikasi ini kendaraan jenis dan merek apapun pasti bisa diketahui nama pemiliknya selama plat nomor yang digunakan asli.

Plat nomor sendiri merupakan deretan angka yang unik dan bisa dipastikan antara kendaraan yang satu dengan kendaraan yang lain memiliki plat nomor yang berbeda.

Kode inilah yang akan dianalisa oleh aplikasi untuk menentukan kendaraan tersebut atas nama siapa.

Apa Itu Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan?

Sesuai namanya Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan adalah aplikasi yang berfungsi untuk melakukan pengecekan identitas pemilik kendaraan secara online.

Biasanya pengecekan dilakukan dengan memasukkan Plat kendaraan bermotor dan hasil akan keluar dalam sekejap.

Nah, nantinya plat nomor akan disinkronkan dengan identitas pemilik kendaraan seperti yang tertulis di Surat Tanda Naik Kendaraan atau STNK.

Aplikasi cek nama pemilik kendaraan digunakan untuk mengetahui nama pemilik kendaraan dengan cara mendeteksi plat nomor dari kendaraan tersebut.

Kamu tinggal memasukkan deret angkanya saja, maka otomatis data yang ada di STNK akan ditunjukkan di dalam aplikasi yang kamu gunakan. Tentunya ini merupakan sistem pengecekan yang cukup simpel.

Siapa yang Bisa Mengecek Pemilik Kendaraan?

Yang bisa mengecek pemilik kendaraan dengan menggunakan aplikasi cek nama pemilik kendaraan salah satunya adalah petugas Samsat.

Karena bidang ini memang bertugas untuk melayani kebutuhan administratif kendaraan bermotor seperti pembaruan STNK dan BPKB.

Pihak kepolisian juga bisa saja mengecek nama pemilik kendaraan dengan menggunakan aplikasi ini jika memang sesuai dengan porsi dari tugasnya.

Semisal ada kendaraan yang mengalami kecelakaan, maupun untuk mengecek kendaraan hilang karena kasus curanmor.

Sedangkan orang yang berhak untuk menggunakan aplikasi cek nama pemilik kendaraan yang berikutnya adalah si pemilik kendaraan itu sendiri.

Sehingga mereka tidak perlu datang ke Samsat atau ke kantor Polisi kalau hanya ingin melakukan pengecekan nama pemilik dari kendaraannya.

Baca Juga : 10 Aplikasi Cek KTP Online Terbaik 2023, Bisa Cek KTP Palsu

Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan Dari Plat Nomor

✅Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan ⚡️Pilihan Banyak
✅Rekomendasi  ⚡️SIGNAL, SAMBARA
✅Alternatif Aplikasi ⚡️SAKLPOLEE, SAMBAT
✅Fitur Aplikasi  ⚡️Lengkap
✅Cek Nama Pemilik Kendaraan Sekarang Klik Disini ⭐⭐⭐⭐⭐
Baca Juga :   7 Cara Mencairkan GoPay Paylater Via Akulaku Paling Mudah 2023

Kalau kamu ingin mengetahui aplikasi cek nama pemilik kendaraan seperti apa yang bisa digunakan untuk mengecek plat nomor, maka silakan baca listicle di bawah ini.

Ulasannya tentang beberapa aplikasi cek plat nomor yang terbilang akurat dengan interface yang user friendly. Ini dia aplikasi yang dimaksud:

1. SAMBARA

Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan
SAMBARA

SAMBARA adalah singkatan dari Samsat Mobile Jawa Barat. Ini merupakan aplikasi cek nama pemilik kendaraan yang pastinya khusus wilayah Jabar saja dan tidak untuk wilayah yang lain.

Salah satu kelebihan dari SAMBARA adalah interface aplikasi cukup simpel sehingga kamu bisa melakukan pengecekan dengan mudah.

Kamu cukup memasukkan nomor plat pada kolom pencarian dan klik Enter. Maka otomatis informasi seputar pemilik kendaraan yang kamu cek akan muncul di sana.

2. E-Smart Samsat Jawa Timur

Aplikasi cek nama pemilik kendaraan yang berikutnya adalah E-Smart Samsat Jawa Timur. Ini merupakan aplikasi pengecekan plat nomor khusus Jawa Timur saja dan tidak bisa digunakan untuk mengecek kendaraan yang ada di provinsi yang lain.

E-Smart Samsat Jawa Timur sendiri merupakan aplikasi legal yang dirilis oleh Ditlantas Jatim.

Sekalipun demikian untuk menggunakan aplikasi ini kamu tidak perlu membayar sepeser pun.

Dan tidak perlu khawatir dengan kapasitas memori perangkat karena aplikasi ini berukuran tidak sampai 5 Mb saja.

3. SIGNAL – Samsat Digital Nasional (SDN)

Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan
SIGNAL

Aplikasi cek pemilik kendaraan yang paling direkomendasikan untuk saat ini ialah Samsat Digital Nasional yang disingkat Signal.

Perlu kamu ketahui, aplikasi ini dikeluarkan langsung oleh Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah dan berfungsi secara nasional.

Fungsi Utama dari Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan Signal :

  • ISamsat Digital Nasional bisa digunakan oleh pemilik kendaraan yang berasal dari seluruh Indonesia.
  • aplikasi ini merupakan platform terbaik yang akan mempermudah pelanggan ketika mengurus administrasi kendaraan bermotor.
  • Layanan ini didukung oleh ketersediaan fitur yang cukup lengkap. Termasuk sudah dipersiapkan fitur Terbit STNK yang memungkinkan kamu bisa memperbarui STNK secara online.

Pastinya ini sistem yang sangat mudah karena kamu tidak perlu berkunjung ke kantor Samsat terdekat.

4. SAKLPOLE E-Samsat Jateng

Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan
NEWSAKPOLE

Kalau kamu berdomisili di Jawa Tengah dan kendaraan kamu berasal dari sana, maka silakan cek plat nomornya dengan menggunakan aplikasi SAKLPOLE E-Samsat Jateng.

Ini merupakan aplikasi cek nama pemilik kendaraan yang khusus daerah Jawa Tengah saja.

Aplikasi SAKLPOLE E-Samsat Jateng tidak hanya digunakan untuk mengecek identitas kendaraan beserta pemiliknya saja, tetapi juga bisa digunakan untuk mengecek pemblokiran administratif.

Baik pemblokiran STNK maupun PKB. Jadi, dibandingkan yang lain aplikasi ini terbilang lebih lengkap.

5. e-Samsat Sumut Bermartabat

eSamsat Sumut Bermartabat

Aplikasi yang berikutnya khusus untuk kawasan Sumatera Utara yaitu e-Samsat Sumut Bermartabat. Ini terbilang aplikasi yang populer dan dibuktikan dengan reward rating 3+ di Google Play Store.

Kalau kamu ingin mengecek kendaraan menggunakan aplikasi Cek Ranmor dan Pajak, maka kamu harus mempersiapkan plat nomor dan juga Nomor Induk Keluarga yang disingkat NIK. Nah, kedua identitas tersebut harus kamu isikan ke dalam aplikasi.

Baca Juga :   7 Cara Mengetahui Story WA Kita Dibisukan Orang Lain

Kamu harus memastikan kalau plat nomor dan NIK sudah valid. Karena kalau tidak valid aplikasi tidak akan memberikan notifikasi apapun.

Artinya kamu akan gagal untuk mendapatkan informasi seputar identitas kendaraan dan identitas pemiliknya. Jadi, periksa terlebih dahulu sebelum kamu mencoba ya guys.

6. Bapenda Sulsel Mobile

Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan
Bapenda Sulsel Mobile

Rekomendasi Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan yang selanjutnya yaitu Bapenda Sulsel Mobile, yang dimiliki oleh pemerintahan provinsi Sulawesi Selatan khsusus pengecekan data kendaraan bermotor wilayah tersebut.

Fitur aplikasi ini cukup lengkap untuk sekelas aplikasi buatan pemerintah daerah diantaranya :

  • Fitur Cek Data Kendaraan.
  • Cek Pajak dan Masa Aktif Kendaraan.
  • Layanan Pengurusan Samsat.

Jadi tunggu apalagi, untuk kalian warga Makasar dan sekitarnya cukup menggunakan aplikasi ini untuk ketahui identitas data kendaraan kalian maupun orang lain.

7. Cek Ranmor DKI Jakarta

Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan
CEK Ranmor DKI Jakarta

Pengecekan data kendaraan bermotor terutama diprovinsi yang jumlah kendaraannya lebih banyak ketimbang penduduknya sangatlah penting salah satunya di ibu kota yaitu DKI Jakarta.

Untuk menemukan data kendaraan yang akurat maka rekomendasi Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan yang tepat adalah Cek Ranmor DKI Jakarta.

Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap dengan interface aplikasi yang cukup menarik, diantaranya :

  • Pengecekan data kendaraan dengan kode plat nomor.
  • Pengurusan Pindah identitas pemilik kendaraan.
  • Bantuan pengurusan pajak kendaraan.
  • Info layanan samsat DKI Jakarta, dan fitur bantuan lainnya.

Baca Juga : 7 Cara Mengetahui Siapa Yang Memberi Tag di Getcontact Paling Mudah

8. SAMSAT DELIVERY

Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan
Samsat Delivery

SAMSAT DELIVERY diluncurkan pada tahun 2016 oleh pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat sebagai Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan resmi wilayah mereka.

Keunggulan aplikasi selain untuk melakukan pengecekan identitas pemilik kendaraan juga dapat melayani pengurusan Samsat lainnya tanpa harus datang kekantor tapi secara COD (Cash On Delivery).

Pengurusan tersebut seperti registrasi identitas kendaraan, pembayaran pajak dan denda, Biaya Balik nama dan masih banyak lagi.

9. e-Dempo Samsat Sumsel

Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan
eDempo Samsat Sumsel

Kamu tinggal di palembang dan sekitarnya, maka kini tidak perlu repot kekantor samsat untuk melakukan pengecekan identitas kendaraan bermotor.

Cukup unduh Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan e-Dempo Samsat Sumsel, pastinya kendaraan yang dikeluarkan diprovinsi bisa kamu cek secara akurat dengan aplikasi ini.

Berikut tujuan dibuatnya aplikasi e-Dempo Samsat Sumsel :

  • Sebagai Perpanjangan Bantuan SAMSAT Sumsel Lewat Aplikasi.
  • Melayani segala sesuatu terkait pengurusan dikantor Samsat Secara Online.
  • Wadah informasi terbaru terkait Samsat via aplikasi.
  • Efisiensi pengurusan secara online.

10. ESamsat Kepri

Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan
ESamsat Kepri

Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan yang satu ini hanya menyimpan database data kendaraan khusus Provinsi Kepulauan Riau, Yaitu ESamsat Kepri.

Bagi yang berdomisili di Kota Batam sudah pasti familiar dengan aplikasi ini, pasalnya kebutuhan pengecekan akan data pemilik kendaraan wajib dimiliki setiap orang diprovinsi.

Alasannya sudah pasti karena banyaknya kendaraan yang memiliki data dan izin ilegal yang masuk ke provinsi Kepulauan Riau.

Baca Juga :   12 Pinjaman Gadai BPKB Mobil Terbaik di Indonesia

11. SAMBAT

Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan
SAMBAT

Jika kamu berdomisili di provinsi Banten maka Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan yang paling direkomendasikan yaitu SAMBAT.

SAMBAT merupakan singkatan Samsat Banten yang dikelola oleh pemerintah provinsi Banten sendiri jadi dapat dipastikan keakuratan aplikasi ini untuk mencek data pemilik kendaran khususnya provinsi Banten.

Kelebihan Aplikasi Sambat yang perlu kamu ketahui :

  • Aplikasi memiliki desain yang sederhana dan simpel.
  • Memiliki Size kecil dan penggunaannya yang mudah.
  • Tidak memiliki Iklan.

12. Samsat Online

Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan
SAMSAT ONLINE

Kemudian ada aplikasi Samsat Online, ini merupakan Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan yang bisa anda gunakan untuk mengecek identitas pemilik kendaraan secara nasioanal.

Aplikasi ini cukup banyak diunduh diplaystore, pasalnya dengan database data kendaraan yang besar, keakuratannya juga cukup baik.

Fitur lengkap dari aplikasi ini sama seperti aplikasi lainnya, dan pada dasarnya merupakan versi pelayanan online dibandikang dengan datang Ke kantor Samsat langsung.

13. Aplikasi Cek Data Pemilik Kendaraan

Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan
Aplikasi Cek Data Pemilik Kendaraan

Rekomendais Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan yang terakhir yaitu Aplikasi Cek Data Pemilik Kendaraan, seperti namanya aplikasi ini fungsi utamanya adalah mengecek identitas kendaraan bermotor via aplikasi secara langsung.

Namun aplikasi ini keakuratannya masih jauh dibanding aplikasi sejenisnya, mungkin karena aplikasi ini tergolong baru namun tidak ada salahnya untuk kamu coba.

Cara Menggunakan Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan

Cara menggunakan seluruh aplikasi pengecekan nama kendaraan sangat mudah. Bahkan tutorialnya antara satu aplikasi dengan aplikasi yang lain hampir sama.

Kalau kamu ingin mengetahuinya, silakan baca tutorial berikut:

  • Unduh dulu aplikasi cek plat nomor di Google Play Store.
  • Pilih aplikasi yang adaptabel dengan wilayahmu.
  • Silakan instal aplikasi tersebut.
  • Kalau sudah silakan buka aplikasi cek plat nomor.
  • Silakan masukkan nomor plat nomor kendaraan kamu.
  • Jangan lupa klik Kirim.
  • Nantinya akan muncul informasi seputar kendaraan kamu dan silakan diperiksa.
  • Tutup kembali aplikasi.
  • Done.

Keamanan Menggunakan Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan?

Selama kamu memakai aplikasi resmi yang dikelola oleh provinsi maupun nasional terkait Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan, maka dipastikan data yang dicek maupun kamu sendiri Aman.

Penting untuk tidak melakukan pengunduhan dari penyedia aplikasi bajakan atau non-resmi untuk menghindari data-data kamu disalahgunakan.

Kesimpulan

Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan
Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan

Kamu harus memastikan kalau aplikasi cek nama pemilik kendaraan yang digunakan harus legal dan dirilis resmi oleh pemerintah terkait, yang dalam hal ini Samsat atau Polantas.

Karena kalau tidak, lebih baik kamu meninggalkannya daripada memicu masalah di kemudian hari.

Selain itu, kamu menggunakan aplikasi cek plat nomor semata untuk kebaikan. Bukan justru untuk melakukan tindakan kejahatan atau kriminal.

Bukan juga untuk melakukan tindakan penipuan maupun pemalsuan dokumen kendaraan bermotor.

Kalau aplikasi cek PKB hanya digunakan untuk melakukan tindakan kejahatan, tentunya kamu bisa terjerat pidana.

Hukumannya pun sangat berat dan dijamin kamu pasti tidak ingin mengalaminya. OIeh sebab itu, silakan gunakan aplikasi cek nama pemilik kendaraan dengan bijak ya sobat.