10 Penyebab Kenapa Kuota XL Tidak Bisa Digunakan

Inne November 30, 2023

Kuota XL kamu masih banyak tetapi tidak bisa digunakan? Pada dasarnya ada banyak hal yang bisa menyebab kuota tidak digunakan.

Nah, agar kamu tidak bingung lagi mengenai kenapa kuota XL tidak bisa digunakan, kamu bisa menemukan jawabannya di bawah ini.

Melalui artikel ini, kamu pun bisa mencari solusi mudah untuk mengatasinya, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Kuota XL?

Sebelum mengetahui solusi Kenapa Kuota XL Tidak Bisa Digunakan, pastikan sudah memahami arti dari kuota XL sendiri. Kuota XL merujuk pada batas jumlah data yang dapat digunakan oleh pelanggan provider seluler XL Axiata untuk mengakses internet.

Sebagai contoh, jika seseorang membeli paket data dengan kuota 5GB, maka ia dapat menggunakan hingga 5GB data untuk berselancar di internet, mengunduh, streaming, dan kegiatan lainnya yang memerlukan akses internet.

Setelah kuota tersebut habis, kecepatan internet akan berkurang atau pengguna mungkin perlu membeli paket tambahan untuk melanjutkan penggunaan data dengan kecepatan normal.

XL menawarkan berbagai jenis kuota, seperti:

  • Kuota Utama: Kuota reguler yang dapat digunakan kapan saja selama periode aktif.
  • Kuota Malam: Kuota khusus yang hanya dapat digunakan pada jam-jam tertentu di malam hari.
  • Kuota Akhir Pekan: Kuota yang hanya dapat digunakan pada hari Sabtu dan Minggu.
  • Kuota Aplikasi Tertentu: Beberapa paket menawarkan kuota khusus untuk aplikasi tertentu, seperti YouTube, WhatsApp, atau media sosial lainnya.

Baca Juga : 5 Cara Daftar Paket Combo Sakti Telkomsel 75 Ribu Terbaru

Kenapa Kuota XL Tidak Bisa Digunakan Dan Solusinya

✅ Kenapa Kuota XL Tidak Bisa Digunakan 🔰Penyebab Dan Solusi
✅ Penyebab Umum 🔰Kuota Belum Aktif
✅ Cara Mengatasi 🔰Aktivasi Kuota
✅ Cara Cek Kuota XL 🔰*123#
✅ Convert Pulsa XL Menjadi Uang 👉Klik Disini

Ada banyak penyebab kenapa kuota kartu XL tidak bisa digunakan, berikut kami rangkum penyebab dan solusinya untuk kamu:

1. Kartu yang Belum Diaktivasi

Kenapa Kuota XL Tidak Bisa Digunakan
Registrasi Kartu XL

Salah satu penyebab kenapa kuota XL tidak bisa digunakan ialah kartu yang belum diaktivasi. Biasanya hal ini terjadi ketika kamu melakukan pembelian bundling kartu perdana + kuota. 

Oleh sebab itu, saat kamu melakukan pembeliannya, kamu bisa meminta bantuan penjual atau pemilik kartu untuk melakukan melakukan aktivasi terlebih dahulu.

Akan tetapi, jika kamu ingin melakukan aktivasi secara mandiri, langkah-langkah di bawah ini dapat kamu ikuti:

  • Pertama pastikan kamu sudah memasang kartu SIM ke ponsel yang kamu gunakan dengan benar.
  • Tak berselang lama kamu akan menerima pesan singkat untuk melakukan aktivasi kartu.
  • Silahkan lakukan aktivasi sesuai intruksi yang ada atau dengan membuat pesan format ACT (spasi) KODE AKTIVASI dan kirim ke nomor tujuan yakni 4444.
  • Tunggu notifikasi atau balasan pihak XL terkait pernyataan kartu kamu berhasil diaktivasi.
  • Setelah melakukan aktivasi kartu, kamu bisa langsung menggunakannya.
Baca Juga :   15 Cara Mendapatkan Diamond FF Gratis & Terpercaya

2. Bukan Area Jangkauan

Penyebab lain kenapa kuota XL tidak bisa digunakan ialah area akses yang kamu tempati bukan area yang dijangkau.

Biasanya hal ini terjadi ketika kamu menggunakan paket kuota internet lokal. Jelas saja jika kamu mengakses internet dengan kuota tersebut di bukan areanya, kamu tidak dapat menggunakannya.

Contohnya kamu membeli paket kuota kota Sukabumi, kemudian kamu menggunakan kuota tersebut di areal lain misal Yogyakarta, tentu saja kamu tidak bisa menggunakannya. Kamu bisa menggunakan kuota tersebut jika sudah berada di area yang dicakup.

3. Kuota Hanya Layanan Tertentu

Kenapa Kuota XL Tidak Bisa Digunakan
Pembagian Kuota XL

Tak sedikit pengguna yang paham akan pembagian kuota yang ditetapkan oleh provider. Di setiap pembelian kuota, umumnya XL sudah memberitahukan terkait pembagian kuota tersebut.

Contohnya, kuota utama yang bisa digunakan untuk koneksi internet, kuota chat yang hanya digunakan untuk aplikasi chat saja, atau kuota sosmed yang bisa digunakan untuk akses aplikasi sosial media semisal instagram, Facebook atau TikTok.

Ketika salah satu kuota di antaranya habis semisalnya kuota utama, maka kamu hanya tidak bisa melakukan browsing, otomatis kamu hanya bisa mengakses aplikasi chat dan sosial media saja.

Selain pembagian kuota layanan, ada juga pembagian kuota berdasarkan region atau wilayah yang terbagi dari kuota lokal dan kuota di semua areal.

Oleh sebab itulah penting pengguna mengetahui batasan kuota yang dibelinya, agar tidak bingung kenapa kuota XL tidak bisa digunakan.

4. Masa Aktif Kuota yang Sudah Habis

Masa aktif yang sudah habis bisa menjadi penyebab kenapa kuota XL tidak bisa digunakan. Setiap pembelian kuota tentunya memiliki periode masa aktifnya, ada yang harian, mingguan atau bulanan.

Meskipun saldo kuota sudah banyak, tetapi masa aktif kuota sudah habis, maka kamu tidak bisa menggunakannya lagi. Di mana secara otomatis, sisa kuota yang belum digunakan tersebut akan hangus.

Oleh karena itu, pastikan kamu sudah menggunakan kuota secara maksimal sebelum masa aktif kuota habis, sehingga tidak membuat kuota kamu terbuang sia-sia.

Cara Cek Kuota XL Secara Lengkap

Untuk mengecek kuota XL, Anda dapat mengikuti beberapa cara berikut:

  • Menggunakan Kode Dial USSD:

Tekan *123# dari ponsel Kamu, Ikuti instruksi yang muncul di layar ponsel Anda dan pilih opsi yang relevan untuk mengecek kuota internet.

  • Menggunakan Aplikasi myXL:

Unduh dan instal Aplikasi myXL dari Google Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS).

Baca Juga :   12 Penyebab Shopee Paylater Ditolak dan Solusinya !

Daftarkan atau masuk ke akun kamu, pada halaman utama kamu akan melihat informasi mengenai sisa kuota, masa aktif, dan informasi lainnya.

  • Melalui Website Resmi XL:

Kunjungi situs resmi XL lalu Masuk atau daftarkan akun untuk melihat informasi mengenai detail sisa kuota dan paket lainnya yang kamu miliki.

  • Melalui SMS:

Kirim SMS dengan teks “INFO” ke 3636, selanjutnya tunggu balasan SMS yang berisi informasi mengenai sisa kuota kamu.

  • Customer Service:

Kamu juga dapat menghubungi customer service XL di nomor 817 untuk mengecek sisa kuota Anda.

5. Kartu Tidak Aktif Atau Dalam Masa Tenggang

Kenapa Kuota XL Tidak Bisa Digunakan
Kartu XL Nonaktif Atau Masa Tenggang

Penyebab lain kenapa kuota XL Tidak bisa digunakan ialah kondisi kartu sedang dalam masa tenggang atau sudah tidak aktif alias terblokir.

Kondisi ini tentunya membuat kamu tidak bisa menggunakan kuota tersebut, meskipun saldo kuota yang dimiliki masih banyak.

Itulah kenapa, dalam penggunaan kartu perdana diperlukan pengecekan periode kartu sehingga kamu bisa mencegah kartu terblokir dan memperpanjang masa aktifnya.

Situasi ini hanya terjadi jika kamu melakukan kesalahan tidak mengisi ulang pulsa kartu saat mendapatkan notifikasi pemberitahuan kartu sudah memasuki masa tenggang.  

Baca Juga : Tanpa Root, Ini Cara Mengubah Kuota Game Axis Menjadi Kuota Utama

6. Tidak Ada Jaringan Internet

Kenapa Kuota XL Tidak Bisa Digunakan
Jaringan XL Tidak Tersedia

Jika kamu sudah memastikan penyebab kenapa kuota XL tidak bisa digunakan gunakan di atas tidak terjadi, maka bisa jadi masalahnya pada gangguan jaringan atau bahkan tidak adanya jaringan.

Bisa dibilang, masalah ini merupakan penyebab umum kenapa kuota XL tidak bisa digunakan. Hal ini biasanya terjadi ketika kamu berada di lokasi terpencil yang sulit menangkap jaringan atau cuaca hujan.

Dua faktor ini bisa membuat kamu merasa berat saat berselancar di internet. Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah jaringan? Ada banyak solusi yang bisa kamu lakukan, salah satunya menggunakan mode pesawat.

kamu bisa mengaktifkan mode pesawat untuk beberapa saat, kemudian matikan lalu uji kembali dengan melakukan browsing. Cara lainnya kamu bisa menonaktifkan data dan mengaktifkan data.

Jika masih bermasalah, kamu bisa melakukan restart perangkat. Cara ini paling ampuh untuk mengatasi berbagai masalah ringan pada perangkat.

7. Imei HP Tidak Terdaftar

Imei HP yang tidak terdaftar bisa menjadi penyebab kenapa kuota XL tidak bisa digunakan. IMEI HP yang tidak terdaftar atau tidak tercantum di Kemenperin akan menyulitkan kamu untuk menggunakan perangkat secara maksimal.

Sebab, akan secara otomatis HP kamu terblokir, sehingga tidak bisa mendapatkan layanan seluler dari operator, bukan hanya internetan saja, tetapi juga layanan telepon dan SMS.

Jika hal ini terjadi, maka kamu hanya bisa menggunakan koneksi WiFi untuk bisa mengakses internet atau layanan lain di perangkat.

Itulah kenapa sebelum melakukan perangkat HP, kamu harus benar-benar mengecek apakah IMEI HP tersebut terdaftar atau tidak. Apalagi saat ini pemerintah menjalankan program untuk mematikan HP yang tidak terdaftar  di Kemenperin.

8. Jenis Layanan Jaringan Tidak Mendukung

Penyebab selanjutnya Kenapa Kuota XL Tidak Bisa Digunakan adalah Jenis layanan jaringan tidak mendukung kuota tersebut digunakan.

Baca Juga :   7 Cara Mengaktifkan Notifikasi Screenshot Instagram, Cepat & Mudah

Biasanya masalah ini terdapat pada setingan ponsel kamu, jaringan ponsel terdiri dari Edge, 2G, 3G, H+, 4G hingga 5G namun adakalanya ponsel masih terkunci pada jaringan di bawah 3G. Alhasil kuota pastinya tidak bisa digunakan karena hal ini.

Untuk mengatasinya kamu bisa dengan mengunci jaringan ponsel kalian ke mode jaringan yang memadai, ikuti langkah di bawah ini :

  • Masuk ke Pengaturan atau Setelan Ponsel.
  • Pilih “Kartu SIM dan Jaringan Seluler”.
  • Ketuk Jaringan XL lalu pilih Opsi “Tipe Jaringan Prioritas”.
  • Pilih jaringan “4G ke Atas”.
  • Selesai.

Untuk mengunci jaringan perangkat menggunakan kode dial kamu bisa menggunakan kode *#*#4636#*#* kemudian kunci jaringan LTE pada menu kartu SIM XL.

9. Kesalahan APN Jaringan Pada HP

Kenapa Kuota XL Tidak Bisa Digunakan
Setelan APN Jaringan XL

Jika kamu sering mengotak atik bagian setingan jaringan pada ponsel bisa jadi kamu salah setingan pada pengaturan APN Jaringan hp tersebut, hali ini juga bisa menjadi penyebab Kenapa Kuota XL Tidak Bisa Digunakan.

Untuk mengatasinya kamu bisa ikuti setingan di bawah ini :

  • Buka seting atau pengaturan ponsel.
  • Kemudian buka menu jaringan lalu lanjut kesetingan APN.
  • Isi kolom APN dengan “Internet” lalu simpan.

APN ini juga bisa berubah meskipun kamu tidak merubahnya sebelumnya jika kamu memiliki aplikasi VPN di ponsel.

Maka dari itu kamu dapat menghapus layanan VPN tersebut dengan dengan cara :

  • Masuk ke setelan Ponsel kemudian pilih jaringan dan internet.
  • Cari dan buka menu VPN.
  • Terakhir kamu dapat menghapus Semua VPN yang tertera.
  • Selesai.

10. Masalah Teknis pada Perangkat

 Penyebab lain kenapa kuota XL Tidak bisa digunakan ialah adanya masalah teknik pada perangkat, yang biasanya ini terjadi oleh berbagai sistem operasi yang sudah kadaluarsa, sehingga menyebabkan bug sistem.

Adanya gangguan pada perangkat lunak atau penyimpanan ponsel yang penuh bisa mempengaruhi kinerja sistem perangkat, sehingga kamu merasa kuota tersebut tidak dapat digunakan.

Sebagai solusinya, kamu harus melakukan up date sistem operasi pada perangkat yang digunakan, sehingga kinerja ponsel tidak mengalami gangguan.

Namun, jika update sistem tidak bisa menyelesaikan permasalahannya, maka kamu bisa melakukan beberapa cara lain semisalnya melakukan restart perangkat.

Atau cara lainnya yang bisa kamu lakukan ialah me reboot perangkat untuk mengembalikan ke pengaturan setelan. Namun, untuk melakukan reboot, pastikan kamu mencadangkan data-data penting, sehingga tidak kehilangan data tersebut.

Apabila masih belum pulih setelah melakukan dua cara tersebut, langkah lainnya ialah membawanya ke tempat service yang berpengalaman.

Kesimpulan

 Kenapa Kuota XL Tidak Bisa Digunakan
Kenapa Kuota XL Tidak Bisa Digunakan Dan Solusinya

Dari penjelasan diatas, kita dapat mengetahui Kenapa Kuota XL Tidak Bisa Digunakan bisa difaktori oleh berbagai hal, baik itu secara internal dari kartu itu sendiri atau eksternal karena masalah perangkat yang digunakan.

Namun kini, dengan mengetahui berbagai permasalahannya, kamu bisa menghindari hal-hal tersebut untuk mencegahnya.