Cara Live di TikTok & Penyebab Kenapa Tidak Bisa Live di TikTok

Kultural.ID – Bagi kamu yang belum tahu tentang bagaimana cara live di TikTok, tenang saja. Kami bakal memberikanmu beberapa informasi yang bisa membuatmu tahu bagaimana cara melakukannya.

Kami akan secara detail mengulas tentang cara untuk melangsungkan live streaming pada platform ini. Bahkan juga sudah ada sejumlah tips lain mengenai penggunaan live TikTok.

Belakangan, aplikasi TikTok memang sering digunakan oleh banyak orang. Nggak hanya untuk live stream saja.

TikTok pun menawarkan berbagai fitur lain yang bisa bikin penggunanya bisa jualan, ngobrol, dan juga lainnya.

Namun, kadang banyak kendala yang terjadi saat pengin live streaming. Misalnya saja belum tahu bagaimana cara untuk melakukan live streaming di TikTok. Hal ini jelas jadi penghambat terutama menghambat perkembangan.

Entah itu perkembangan dari sisi kreativitas ataupun perkembangan dari segi finansial. Maka dari itu, kamu harus segera bisa mengatasinya agar kemandekan tersebut tidak lagi terjadi.

Mengenal Apa Itu TikTok

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bagaimana cara live di TikTok, maka ada baiknya untuk tahu lebih dahulu tentang aplikasinya. Apa itu TikTok? Kamu bisa simak sedikit penjelasan yang ada di sini.

Aplikasi TikTok ini asalnya dari Tiongkok. TikTok dirilis pada awal bulan September tahun 2016. Aplikasi ini dikembangkan oleh Zhang Yiming yang juga pengusaha dan pendiri ByteDance.

Aplikasi TikTok ini merupakan aplikasi media sosial yang kepopulerannya sudah diakui. Pasalnya, TikTok menduduki peringkat dari salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di dunia.

TikTok ini bisa dipakai oleh semua pengguna media sosial terutama untuk menghilangkan kejenuhan maupun kebosanan.

Dengan adanya aplikasi media sosial dan platform musik-video ini, setiap pengguna bisa bikin, edit, juga bagikan video secara bebas.

Dalam TikTok, kamu bisa mendapatkan berbagai filter juga musik agar hasil video yang kamu buat bisa semakin berkualitas.

TikTok bisa dikatakan hadir menjadi pembaharu pada cara mengenai orang-orang untuk bersosial media.

Tidak hanya itu saja. Setiap pengguna pun bisa melakukan konten secara lipsync dalam waktu singkat.

Konten terebut adalah konten yang beberapa waktu lalu memang sangat trending dalam aplikasi ini.

Di dalam aplikasi TikTok pun ada fitur FYP atau For Your Page. Dalam FYP ini, bisa dikatakan sebagai beranda dari aplikasi musik-video satu ini.

Setiap pengguna dapat membuat konten dan hasil dari konten tersebut bakal muncul di FYP.

Para pengguna lain pun bisa membuat konten serta hasil dari konten tersebut bisa ditampilkan ketika memiliki jumlah reach yang sangat besar.

FYP ini pun memang umumnya berisikan konten-konten video yang paling banyak disukai dan dilihat oleh pengguna TikTok.

Maka dari itu, kamu bisa menikmati beragam konten yang disukai tanpa adanya batasan.

TikTok ini memang cocok banget untuk semua orang yang memang suka dengan hal berbau trending.

Ada banyak hal dan konten trending yang biasanya muncul dari TikTok. Sampai saat ini, belum ada syarat tertentu untuk mendownload aplikasi menarik ini dari toko aplikasi resmi dan tetap gratis.

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Yang Benar Biar Di Terima Kerja

Apa Itu Live Streaming TikTok?

Semua pengguna media sosial tentunya udah nggak asing lagi dengan satu istilah, yakni live streaming. Kini, live streaming adalah satu hal yang memang banyak banget digemari dan dilakukan.

Live streaming merupakan suatu kegiatan di media sosial yang melakukan perekaman secara real time.

Live streaming pun biasanya juga disebut sebagai siaran langsung. Saat ini, sudah ada banyak platform yang menawarkan fitur live streaming.

Salah satu media sosial yang terkenal banyak digunakan oleh penggunanya untuk melakukan live streaming adalah TikTok. Fitur live streaming yang ada ini, jadi fitur yang memang banyak dipakai oleh banyak pengguna TikTok.

Fitur live streaming yang ada pada TikTok ini dibikin agar setiap pengguna TikTok bisa melakukan interkasi dengan aktif pada semua penonton.

Live streaming ini pun sudah dilengkapi dengan adanya fitur QnA yang membuatnya jadi semakin menyenangkan.

Para pengguna media sosial satu ini dapat memakai fitur live streaming ini untuk melakukan interaksi dengan siapa saja yang menjadi penontonnya.

Tidak hanya itu, kamu pun bisa menjadikan fitur live streaming ini sebagai salah satu strategi marketing.

Live streaming ini pun bisa kamu gunakan untuk berjualan. Nggak hanya itu, semua konten kreator pun bisa memanfaatkan fitur ini untuk menambah jumlah penghasilan. Nantinya, penghasilan tersebut bisa kamu dapatkan dari banyak cara.

Misalnya saja kamu bisa dapat penghasilan lebih dari gift penonton. Kamu pun bisa menukarkan hasil gift tersebut dengan uang sungguhan.

Nggak itu doang, kamu pun bisa mendapatkan uang dari hasil endorse jika memang ada brand yang melirikmu.

Syarat Untuk Bisa Live di TikTok

Nggak hanya penting untuk tahu bagaimana cara live di TikTok saja. Kamu pun harus tahu apa saja syarat yang perlu dipenuhi jika memang ingin melakukan live di TikTok.

Dengan ini pun bisa dikatakan kalau nggak semua pengguna TikTok bisa melakukan live streaming.

Nah, setiap pengguna memang wajib memenuhi sejumlah syarat yang memang sudah ditentukan oleh developer TikTok itu sendiri. Apa saja kira-kira syarat agar bisa melakukan live streaming di TikTok? Berikut ini jawabnnya:

1. Batasan Usia

Syarat tertentu yang wajib kamu ketahui adalah aturan untuk batasan usia. Ya, usia memang menjadi batasan jika ingin melakukan live di TikTok.

Developer aplikasi ini sendiri menetapkan kalau batas usia minimal yakni 16 tahun agar bisa melakukan live streaming di TikTok.

Tentu saja, anak-anak yang masih berusia di bawah 16 tahun tidak bisa melakukan live di TikTok.

Jadi, pastikan dulu sebelum melakukan live streaming kamu sudah berada di usia minimal yang telah ditetapkan.

2. Jumlah Follower Minimal 1000

Nggak hanya batasan usia saja, ada syarat lain yang diberlakukan ketika ingin melakukan live di TikTok.

Kamu baru bisa live di TikTok hanya jika memenuhi jumlah followers yang menjadi syaratnya.

Nah, minimal followers yang harus kamu miliki adalah 1.000 followers. Jadi, ketika akun TikTok yang kamu miliki memang belum sampai 1000 followers, tentunya live TikTok tidak bisa kamu lakukan.

Jika memang ingin segera live, maka silakan saja cari followers lebih dahulu. Bisa dengan bikin konten-konten menarik ataupun membuat sesuatu yang jadi FYP maka kamu bisa dapat 1000 followers dan bisa mulai live di TikTok.

3. Upgrade Aplikasi TikTok Terbaru

Syarat lanjutan yang harus kamu penuhi ketika ingin live di TikTok adalah dengan memastikan kalau aplikasi TikTok yang kamu gunakan memang sudah upgrade atau update ke versi paling baru.

Baca Juga :   224 Username IG Aesthetic Keren Kpop B Inggris Girl Dan Artinya

Dengan melakukan upgrade aplikasi, maka fitur-fitur yang ada dalam aplikasi ini pun pastinya bisa diperbaharui.

Kalau kamu memang masih memakai aplikasi TikTok versi lama, maka kemungkinan besar kamu nggak bakal bisa melakukan live di TikTok.

Jadi, kamu harus memastikan kalau aplikasi satu ini dalam ponsel memang sudah benar-benar menggunakan versi terbaru.

Nah, kalau kamu sudah memenuhi beberapa syarat ini, barulah bisa mengetahui bagaimana cara live di TikTok.

Cara Live di TikTok

Saat ini, TikTok memang jadi satu aplikasi yang cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Dengan memakai aplikasi ini, kamu pun bisa dengan bebas mengekspresikan diri.

Hanya saja perlu diketahui kalau ada satu fitur yang membuatnya juga cukup menarik untuk digunakan. Salah satu fitur tersebut adalah untuk mengekspresikan diri lewat live streaming.

Dengan adanya live streaming ini, nantinya kamu bisa loh mendapatkan banyak keuntungan. Misalnya saja kamu bisa memperoleh banyak gift ketika melakukan live streaming.

Gift tersebut nantinya bisa langsung ditukar dengan saldo rekening ataupun saldo dompet digital.

Maka dari itu, sangat penting bagi banyak orang untuk tahu tentang bagaimana langkah-langkah dan juga cara yang perlu dilakukan untuk melakukan live streaming di TikTok.

Kamu bisa cek penjelasan kami di bawah ini untuk tahu bagaimana cara live streaming:

  • Langkah pertama langsung saja buka aplikasi TikTok yang udah terinstal dalam ponsel milikmu.
  • Kemudian silakan pilih tanda Plus yang ada di bagian home. Letaknya ada di sebelah bawah.
  • Lalu klik tombol Mulai Siaran Langsung.
  • Selanjutnya langsung klik Live.
  • Bisa bikin caption juga judul yang menarik biar makin banyak yang datang ke live yang kamu lakukan.
  • Kemudian bisa klik Go Live guna memulai siaran secara langsung.

Itu adalah cara live di TikTok yang bisa kamu lakukan. Sekarang kamu bisa langsung nyoba live selama beberapa syarat yang kami sebutkan sebelumnya sudah semuanya terpenuhi.

Kenapa Tidak Bisa Live di TikTok?

Ada sejumah masalah yang biasanya menyebabkan semua pengguna tidak dapat melakukan live di TikTok.

Hal inilah yang bikin banyak pengguna bertanya-tanya tentang sebabnya. Cek penjelasannya di sini buat tahu penyebab kenapa live TikTok nggak bisa dilakukan:

1. Akun TikTok Melanggar Sejumlah Kebijakan

Akun TikTok yang bermasalah atau melanggar kebijakan yang sudah diterapkan oleh pihak TikTok bisa jadi alasan mengapa kamu nggak bisa melakukan live di TikTok.

Setiap pengguna wajib banget taat terhadap kebijakan yang udah ditentukan secara resmi oleh pengembang aplikasi ini.

Salah satunya adalah kebijakan juga panduan komunitas TikTok. Kebijakan yang berlaku isinya mengenai beberapa tindakan yang mengatur tentang apa saja yang dibolehkan dan tidak diperbolehkan ketika memakai aplikasi utamanya saat melakukan live streaming.

Semua hal yang memang dianggap melanggar kebijakan, maka akan langsung terdeteksi oleh sistem.

Nantinya secara otomatis akun TikTok yang kamu miliki bisa langsung di-banned ataupun diblokir sehingga tidak bisa lagi melakukan live TikTok.

2. Jaringan dan Koneksi Internet Buruk

Ketika melakukan live TikTok, maka koneksi internet menjadi hal yang sangat penting. Kualitas internet pun bisa mempengaruhi bagaimana hasil live dari TikTok yang kamu miliki. Entah itu dari segi kualitas suara, gambar, ataupun yang lainnya.

Maka dari itu, sebelum melakukan live di TikTok, memang nggak ada salahnya untuk memeriksa terlebih dahulu bagaimana kualitas dari koneksi ataupun jaringan internet.

Baca Juga :   Fitur Instagram Notes Viral 2022, Cara Menggunakanya

Selain itu, memastikan kalau kuota yang kamu gunakan cukup untuk live adalah hal yang wajib dilakukan.

Kalau memang kurang baik, maka terang saja kamu nggak bakal bisa melakukan live di TikTok dengan lancar.

3. Belum Memenuhi Syarat Live di TikTok

Yap, salah satu masalah lain yang kerap kali tidak dipertimbangkan adalah syarat-syarat untuk live.

Padahal, syarat yang berlaku adalah yang paling utama agar kamu bisa melakukan live streaming di TikTok.

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, ada beberapa syarat yang wajib kamu penuhi seperti:

  • Harus sudah berusia minimal 16 tahun atau lebih.
  • Sudah mempunyai minimal 1000 followers di TikTok.
  • Upgrade akun TikTok ke versi yang paling baru.

Cara Mengatasi Akun yang Tidak Bisa Live di TikTok

Nggak hanya harus paham bagaimana cara live di TikTok saja. Kamu pun wajib tahu bagaimana cara untuk mengatasi akun yang tidak bisa digunakan untuk live streaming di TikTok. Jika belum tahu, pakai cara ini:

1. Perbaharui Aplikasi TikTok

Cara pertama yang harus kamu lakukan kalau emang nggak bisa live di TikTok adalah dengan melakukan pembaharuan terhadap aplikasi.

Siapa tahu, versi aplikasi TikTok yang kamu gunakan memang sudah out of date atau udah versi lawas.

Dengan memperbaharui aplikasi TikTok, maka dengan otomatis semua fitur yang ada di dalam aplikasi bakal ikut diperbaharui. Termasuk juga dengan fitur Live TikTok yang ingin kamu gunakan.

Kamu pun bisa mengupdate aplikasi ini langsung melalui toko aplikasi resmi seperti App Store ataupun Google Play Store.

2. Mengubah Identitas Usia dari Akun TikTok

Kadang ada nih yang sembarangan memasukkan identitas usia ke akun TikToknya. Hasilnya nggak jarang banyak yang nggak bisa live karena ternyata usianya jadi di bawah 16 tahun.

Padahal sebenarnya sudah berusia lebih dari 16 tahun. Nah, selain dengan upgrade akun TikTok ke versi paling barunya, kamu pun bisa mengubah identitas akun dengan usia lebih dari 16 tahun atau sudah 16 tahun.

Setelah melakukan itu, dijamin kamu bakal bisa melakukan live streaming di TikTok dengan cara yang sudah kami sebut dan jelaskan sebelumnya.

3. Menambah Jumlah Followers

Harap diingat kalau jumlah followers TikTok yang kamu miliki juga sangat berpengaruh terhadap live streaming yang ingin kamu lakukan.

Jadi, meskipun kamu sudah upgrade aplikasi, usia sudah 16 tahun, kalau jumlah followersnya kurang ya tetap saja nggak bisa melakukan live di akun TikTok.

Jadi, nantinya kamu harus cari followers dengan jumlah minimal 1000 followers lebih dulu pada akun TikTok untuk melakukan live streaming.

Peningkatan jumlah followers bisa kamu lakukan dengan cara memproduksi berbagai konten menarik dan berkualitas.

4. Patuhi Kebijakan TikTok

Nah, agar kamu bisa melakukan live streaming di TikTok, maka kamu harus dan wajib mematuhi setiap kebijakan yang berlaku dan diterapkan oleh developer TikTok. Hal ini wajib dilakukan agar TikTok milikmu tidak diblokir dan dibanned.

Tentu saja, jika akun diblokir, kamu nggak bakal bisa melakukan live streaming di TikTok.

5. Periksa Koneksi Internet Sebelum Melakukan Live Streaming

Sebelum kamu melakukan live streaming di platform TikTok, memang tidak ada salahnya untuk memastikan lebih dahulu mengenai koneksi internet yang digunakan. Pastikan kalau koneksinya sudah benar-benar lancar dan bagus.

Nah, dengan koneksi yang lancar dan juga bagus, maka kamu bisa melakukan live di TikTok dengan lancar pula.

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu tentang cara live di TikTok, syarat, dan alasan serta cara mengatasi tidak bisa live di TikTok.