Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Yang Benar Biar Di Terima Kerja

Kultural.ID – Bagian penting dalam melamar pekerjaan adalah surat lamaran kerja. Kata pada laporan ini semua informasi penting diri anda akan menjadi salah satu bahan pertimbangan pihak perusahaan.

Alasan inilah yang membuat surat lamaran harus dibuat secara baik dan bagus sesuai permintaan perusahaan.

Setiap surat lamaran harus disusun secara jelas, sopan, rinci, memakai bahasa baku dan tidak terlalu berlebihan.

Hal ini menjadi salah satu struktur penting untuk menunjukkan pengalaman dan keterampilan calon pelamar sesuai dengan syarat dan deskripsi pekerjaan yang akan dilamar.

Semua informasi yang dituliskan secara lengkap dan baik akan menjadi salah satu acuan penting pihak perusahaan tertarik dengan pengalaman atau pengetahuan yang sudah anda miliki.

Bagaimana menulis surat lamaran yang efektif dan baik, berikut ini penjelasan lengkap yang bisa anda ketahui.

Poin Penting Membuat Surat Lamaran Kerja

Untuk membuat surat lamaran pekerjaan saat ini memang sangat mudah karena tinggal mengetik saja menggunakan PC atau laptop.

Tetapi hal tersebut juga harus anda perhatikan, karena masih banyak perusahaan yang ingin dan mengharuskan calon pelamarnya menulis surat lamaran pada secarik kertas.

Maka dari itu ada beberapa poin penting ketika anda menulis surat lamaran kerja, berikut ini beberapa poin yang dimaksud.

  • Untuk membuat hasil tulisan menjadi semakin rapi, silakan menggunakan kertas bergaris. Kertas yang paling cocok untuk menulis lamaran kerja yaitu kertas folio bergaris.
  • Tulisan yang ada di dalam surat lamaran juga harus menggunakan bahasa yang benar dan baik. Sesuaikan bentuk formasi lamaran yang akan dipilih pada perusahaan tersebut. Jangan lupa menggunakan bahasa resmi karena pekerjaan merupakan salah satu bidang yang resmi.
  • Pilihlah kata-kata sopan karena berkaitan langsung dengan perusahaan. Hindari penggunaan bahasa gaul ataupun beberapa bahasa daerah yang mungkin kurang dimengerti pihak perusahaan.
  • Gunakanlah format surat lamaran yang tersusun rapi. Hindari tulisan yang kurang begitu indah dibaca, bahasa jangan bertele-tele, dan disarankan menggunakan tulisan tegak bersambung.
  • Silakan mengecek agar lebih mudah memastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan. Ketika menulis surat lamaran kerja silakan berhati-hati jangan sampai ada kesalahan. Hindari juga kesalahan yang mengharuskan anda melakukan penghapusan yang akan mempercayai lembar kertas.
  • Pilihlah warna pena berwarna hitam. Karena selama ini warna pena meskipun sepele tetapi sangat mempengaruhi daya tarik surat lamaran.
  • Berusaha untuk menulis secara manual yaitu tulisan tangan Anda sendiri. Dengan begitu pihak perusahaan akan mempertimbangkan tulisan tangan yang memang dibutuhkan untuk berbagai dokumen nantinya.
  • Silakan menggunakan tanda baca, pemakaian huruf kapital, pemenggalan kalimat, dan bahasa baku dengan ejaan yang benar.
  • Lengkapi dokumen yang dibutuhkan pihak perusahaan dan sesuai dengan formasi lamaran kerja yang akan dilamar. Jangan sampai dokumen kurang ataupun salah memasukkan dokumen yang dibutuhkan.
  • Sertakanlah nomor pribadi yang bisa dihubungi apabila nanti diterima perusahaan.
  • Tuliskanlah posisi jabatan atau bidang perusahaan yang dibutuhkan dalam lowongan pekerjaan.
Baca Juga :   224 Username IG Aesthetic Keren Kpop B Inggris Girl Dan Artinya

Dengan memperhatkan sejumlah poin diatas, bisa dipastikan jika surat lamaran yang nanti Anda buat akan sangat rapid an efektif.

Tulisan yang efektif dan baik akan menjadi perhatian pihak perusahaan untuk menerima surat lamaran yang sudah Anda kirimkan.

Format Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan efektif dan baik memang memiliki kaidah penulisan yang harus sesuai dengan format yang benar.

Untuk memastikan format penulisan tersebut benar, berikut ini adalah format surat lamaran yang harus anda perhatikan.

Tempat dan tanggal penulisan

Format pertama adalah tempat dan tanggal penulisan surat lamaran. Meskipun format ini sudah Anda pahami, tetapi penulisannya juga harus diperhatikan.

Silakan menuliskan atau memposisikan tempat dan tanggal penulisan surat lamaran pada sisi kiri atau kanan surat.

Penulisan tempat dan tanggal penulisan surat juga harus lengkap tidak boleh disingkat. Jangan lupa sesuaikan dengan kota tempat Anda melamar pekerjaan.

Tujuan surat

Format berikutnya yaitu yang terhormat atau yth. Penulisan tersebut juga harus sesuai dengan jabatan penerima surat lamaran kerja. Posisikan bagian ini pada sisi kiri atas.

Penulisan tujuan surat juga harus sesuai dengan resume personal dari pihak perusahaan yang akan menerima surat lamaran. Pastikan nama perusahaan sesuai dengan lowongan pekerjaan.

Salam pembuka

Format berikutnya masuk pada bagian inti surat lamaran. Pada awal silakan gunakan salam pembuka atau salam hormat yang biasanya digunakan adalah dengan hormat.

Setelah menulis kan salam pembuka pada surat lamaran, silakan menjelaskan secara langsung sumber informasi dari lowongan pekerjaan yang saat itu sedang dilamar.

Biodata pribadi

Format berikutnya yaitu menuliskan data pribadi sebagai perkenalan kepada pihak perusahaan. Pada bagian ini anda harus melengkapi beberapa informasi seperti: Nama lengkap dan gelar, jenis kelamin, TTL atau tempat tanggal lahir, nomor HP aktif, alamat email, dan pendidikan terakhir.

Baca Juga :   Cara Live di TikTok & Penyebab Kenapa Tidak Bisa Live di TikTok

Pengalaman kerja

Format yang juga sangat penting dalam surat lamaran kerja adalah pengalaman atau keahlian yang sudah dikuasai.

Pengalaman kerja menerangkan jika Anda memang sudah memiliki pengalaman pada beberapa bidang pekerjaan yang sudah dijalankan selama ini.

Kemudian adalah keahlian atau kelebihan dalam bidang pekerjaan yang sudah dikuasai. Hal ini memang sangat penting karena menjadi salah satu acuan pihak perusahaan melihat bagaimana mereka nanti akan menempatkan Anda pada bidang yang sedang dilamar.

Penutup

Pada bagian ini silahkan menuliskan harapan supaya surat lamaran bisa diterima pihak perusahaan. Silahkan menutupnya dengan kata-kata yang sopan dan ucapan terima kasih. Pada bagian bawah silahkan tuliskan tanda tangan disertai nama lengkap.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Jakarta, 24 Desember 2022

Hal: Lamaran Kerja

Yth. Pimpinan

PT Maju Mapan

Jl. Soekarno Hatta, No 78, Jakarta Pusat

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan adanya lowongan pekerjaan yang dibuka pada website perusahaan pada 12 Desember 2022, saat ini perusahaan Bapak/Ibu membutuhkan karyawan di bagian Stok Gudang. Maka dengan surat lamaran ini saya ingin melamar di perusahaan Bapak/Ibu Pimpin.

Bersama ini saya lampirkan biodata diri:

Nama                                      : Puspito Aji Samudra

Tempat dan Tanggal Lahir        : Jakarta, 04 Mei 1990

Pendidikan Terakhir                 : S1 Manajemen Ekonomi

Alamat                                    : Jl Sudirman No 123 Jakarta Pusat

Nomor Telepon                        : 085234887678

Alamat Email                           : puspitoajisamudra90@gmail.com

Sebagai bahan pertimbangan, beirkut ini saya lampirkan beberapa dokumen seperti:

  1. Curiculum Vitae (CV)
  2. Resume Kerja
  3. Fotocopy KTP
  4. Foto Copy Ijazah
  5. Pas Foto 4 x 6
  6. Surat Pengalaman Kerja

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan, sangat besar harapan saya bisa diterima di perusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

Baca Juga :   Kode Undangan Snack Video 878 539 866 Ini Bisa Hasilkan 1 Juta/Hari

Ttd

(…………………………)

Penutup

Itulah format surat lamaran kerja yang bisa Anda jadikan acuan saat mengisi lowongan pekerjaan.

Dengan penulisan dan format yang benar, dijamin Anda akan lolos seleksi dan diterima dalam pekerjaan yang sedang Anda lamar. Semoga ulasan diatas memberikan informasi tambahan bagi Anda semuanya!