Contoh Makalah Singkat Mahasiswa yang Baik Dan Benar PDF

Kultural.ID – Sebagai salah satu mahasiswa, dosen, peneliti dan siswa tentu pernah memperoleh tugas untuk membuat makalah. Salah satu karya ilmiah ini tentu saja menjadi sebuah tugas yang cukup rumit.

Namun jika sudah memahami strukturnya pembuatannya sangat mudah. Kali ini akan dibahas pengertian, jenis, struktur dan contoh makalah untuk reverensi kamu.

Apa itu Makalah?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), makalah adalah karya tulis yang dibuat untuk laporan dari hasil penelitian yang sudah dilaksanakan.

Sedangkan pengertian lain menyebutkan jika makalah merupakan tulisan resmi yang dibacakan ke khalayak umum supaya bisa dijadikan bukti pada persidangan sebagai hasil pelaksanaan tugas di perguruan tinggi dan sekolah.

Dengan melaporkan sejumlah contoh makalah kepada para pemberi tugasnya, maka sebuah masalah yang ingin digali lebih jauh segera mendapatkan jawaban dari sejumlah proses yang sudah dilaksanakan. Hal ini bertujuan untuk memmperoleh hasil penelitian dari semua riset dan observasi yang dijalankan secara nyata dan aktual.

Bagi penulis, makalah memberikan sejumlah manfaat seperti menambah wawasan mereka atas permasalahan yang sedang dibahasnya.

Lebih mudah dalam belajar menganalisa suatu objek melalu penelitian yang sudah dijalankan secara jeli dan fokus. Dan juga mudah menemukan solusi dari beberapa permasalahan yang membutuhkan jawaban.

Sedangkan bagi pembaca, makalah bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan sekaligus mendapatkan pemahaman baru dari setiap hal yang dibahas pada isi makalah.

Tambahan informasi penting ini juga bisa dijadikan pembanding dan perbaikan dari sejumlah karya lain yang memang belum sempurna.

Baca Juga :   Download Firmware SM-A102U dan Cara Flashing Samsung Galaxy A10

Jenis-Jenis Makalah

Dari sejumlah contoh makalah yang sering kita lihat, tentu memiliki beberapa kajian yang berbeda. Baik isi dan proses penelitiannya juga mengalami sejumlah fase yang tidak akan pernah sama. Sejauh ini ada tiga jenis makalah yang harus kamu pahami. Berikut ini penjelasannya.

Makalah Deduktif

Makalah deduktif merupakan makalah yang pembuatannya dilakukan secara relevan dengan dasar kajian teoritis.

Setiap masalah yang dibahas pada makalah jenis ini memang bersifat teoritis. Jadi apapun acuan yang digunakan untuk pembuatannya, strukturnya harus sesuai dengan teori yang sudah ada.

Makalah Induktif

Makalah induktif merupakan salah satu makalah yang mengambil data dari sejumlah penelitian objektif dari sejumlah data empiris yang sudah didapatkan.

Meskipun data yang didapatkan bersifat objektif tetapi struktur pembahasan dalam makalah harus tetap relevan disampaikan oleh penulis.

Makalah Campuran

Makalah campuran merupakan salah satu jenis makalah yang menggunakan dua data yaitu data empiris dan kajian teoritis. Biasanya jenis makalah ini dibedakan dari subjek yang disampaikan pada rumusan masalah.

Setidaknya ada 6 kategori yang menjadi bahan rumusan masalah pada makalah campuran. Kategori tersebut contohnya makalah kerja, makalah kajian, makalah ilmiah, makalah analisis, dan makalah posisi.

Struktur Makalah yang Baik

Contoh makalah yang baik haruslah memiliki struktur yang sesuai kaidah penulisannya.

Jika kamu ingin mendapatkan acuan penyusunan makalah yang baik maka pastikannya jika memiliki karakteristik yang menunjang dalam penyampaiannya. Inilah karakteristik makalah yang baik.

  • Menyampaikan laporan sesuai dengan kegiatan lapangan yang sesuai dengan permasalahan pokok dalam pembahasan menjadi salah satu hasil dari kajian literatur.
  • Selalu menonjolkan pemahaman dari isi yang disampaikan sebagai salah satu kemampuan untuk mengenali sejumlah sumber yang digunakan dalam penelitian.
  • Memiliki isi yang berkaitan dengan permasalahan teoritik sesuai kajian yang disampaikan seseorang melalui sejumlah prosedur, teori dan prinsip yang sesuai dengan studi kasus dalam penelitian.
  • Salah satu metode penyampaian kemampuan peneliti, dosen, siswa dan mahasiswa sebagai salah satu alat pengukur penelitian.
  • Memiliki isi yang selalu mengacu pada sistematika penulisan makalah dan kaidah penulisan ilmiah. Sehingga menyesuaikan struktur yang sudah dibuat oleh pihak lembaga pendidikan terkait.
Baca Juga :   Cara Cek BPUM UMKM BRI Terbaru 2023 & Cara Mendaftarnya

Sedangkan contoh makalah yang baik juga harus memiliki sejumlah hal yang mendukung penelitian. Sehingga apa saja hasilnya nanti akan sekaligus memberikan pertimbangan yang bagus untuk penelitian berikutnya. Makalah yang baik memiliki ciri-ciri berikut ini.

Memberikan Kontribusi

Makalah yang baik akan selalu memberikan sejumlah kontribusi penting untuk sejumlah aspek yang berkaitan dengan penelitian.

Biasanya beberapa aspek ini akan menjadi tolok ukur perbaikan sebuah metode, memberikan implikasi dan manfaat yang aplikatif serta mampu mengembangkan beberapa teori baru.

Pasti Orisinalitas

Makalah yang baik merupakan topic baru yang bisa dipastikan jika penelitian baru ini bersifat orisinil. Sehingga bukan makalah ulangan seperti yang sudah pernah disampaikan orang lain.

Merupakan Pernyataan Permasalahan

Contoh makalah yang baik selalu memberikan banyak gambaran baru. Bahkan fenomena yang diteliti juga sudah dikur secara akurat dari beberapa penelitian yang dijalankan.

Memiliki Aspek Kelayakan

Makalah yang baik harus bisa memberikan jawaban atas beberapa pertanyaan yang diajukan. Dengan adanya pertimbangan waktu dan biaya yang sudah ditetapkan, hasil dari makalah memberikan banyak pengetahuan baru bagi pembaca.  Sehingga sangat layak dipublikasikan bahkan dijadikan hasil akurat atas permasalahan yang dibahas.

Cara Menyusun Makalah yang Baik

Sebelum membuat contoh makalah tidak ada salahnya jika menyusun rencana baik dari segi isi dan pembahasannya. Hal ini akan membuat hasil didalamnya bisa dibaca dengan runtut sesuai dengan pedoman karya ilmiah pada umumnya. Berikut ini cara menyusun makalah yang baik dan benar.

Siapkan Semua Data dengan Lengkap

Siapkan apa saja yang berkaitan dengan referensi, data, dan semua prasarana yang komplit. Hal yang dibutuhkan pada tahapan ini antara lain:

  • Mengumpulkan referensi-referensi terbaik yang berhubungan dengan isi makalah.
  • Membaca buku-buku yang berkaitan erat dengan referensi penulisan makalah. Hal ini akan membantu dalam menyusun kerangka isi perumusan masalah.
  • Mengembangkan secara lengkap semua kerangka masalah secara kompleks.
  • Menyimpan semua data yang sudah dikumpulkan dalam laptop dan menyiapkan folder khusus agar semua data dapat runtut dan utuh tersimpan.
Baca Juga :   Cara Download Video/Sound Tiktok Tanpa Watermark 2023

Penulisan yang Menyesuaikan Pedoman

Dalam tahapan pengembangan kerangka pada makalah yang akan dibahas, dibutuhkan sebuah perumusan masalah. Untuk mendapatkan isi yang kompleks hal yang dibutuhkan antara lain:

  • Mempersiapkan data kajian yang sesuai dengan pembahasan judul makalah.
  • Menyajikan isi makalah sesuai dengan teknik penulisan yang benar.
  • Menguraikan dan menjabarkan semua informasi yang sesuai dengan sumber isi makalah.

Menentukan Judul Makalah

Hal berikutnya adalah menetapkan judul makalah menyesuikan topic yang sedang dibahas. Untuk memberikan gambaran jelas isi dari makalah, silahkan tetapkan judul menarik dan padat sesuai dengan topic pembahasannya.

Jika judul makalah sudah ditetapkan maka isi makalah akan mudah disampaikan sesuai sumber data yang didapat dari penelitian.

Isi makalah yang benar meliputi:

-Cover/sampul

-Kata Pengantar Makalah

-Daftar Isi Makalah

-Latar Belakang

-Rumusan Masalah

-Tujuan Penulisan Makalah

-Identifikasi Masalah

Penutup

Dengan mengacu sejumlah hal diatas maka contoh makalah yang kamu sampaikan akan sesuai dengan isi karya ilmiah yang sebenarnya.

Dari hasil yang didapatkan serta penyampaian isi yang dilampirkan didalamnya, pembaca akan semakin yakin jika makalahmu bisa dipercaya dan diketahui hasilnya sangat positif.