5 Cara Cek Nomor 3 Tri Masih Aktif Atau Tidak Terbaru 2023

Abdul September 24, 2023

Kultural.ID – Bagaimana cara cek nomor 3? Apakah kamu sudah mengetahuinya? Pastinya ada yang sudah tahu dan ada yang belum. Pasalnya, operator seluler Tri memiliki cara pengecekan yang berbeda dari operator lainnya, yang mana kamu bisa dial langsung *123#.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, 3 adalah operator seluler yang cukup banyak penggunanya. Memang tidak sebanyak Indosat atau Telkomsel, namun jumlahnya cukup lumayan. Alasannya yakni karena penawaran paket yang murah dan banyak pilihan.

Selain itu, Tri juga memberikan penggunanya masa aktif yang panjang seiring dengan seringnya pengguna mengisi pulsa. Semakin banyak pulsa yang diisi, semakin panjang pula masa aktif yang dimiliki. Bahkan kamu bisa mendapatkan masa aktif hingga bertahun-tahun ke depan.

Kelebihan ini tidak dimiliki oleh pesaing atau operator lainnya. Jika kamu menggunakan Indosat, XL, dan Telkomsel, paling hanya mendapatkan masa aktif beberapa bulan ke depan. Dengan pengisian pulsa, masa aktif tambahan yang didapatkan hanya satu bulan saja.

Alasan lain kenapa banyak yang menggunakan 3 yaitu karena kecepatan internet yang bagus. Memang tidak di semua daerah, namun di daerah tertentu kecepatannya bahkan melebihi operator seluler lainnya. Kecepatan ini lumayan stabil yang menandakan sinyal bagus.

Kembali pada topik utama, cara cek nomor 3 cukup penting bagi semua penggunanya. Sebagian tidak perlu cara ini karena bisa mengingat atau mencatat nomornya pada kontak. Tetapi tentu tidak semua orang melakukan ini bukan? Mungkin salah satunya termasuk kamu.

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui berapa nomor Tri yang digunakan. Cara yang paling umum adalah menggunakan dial up atau menu telepon. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi untuk melihatnya. Selengkapnya, silahkan simak penjelasan berikut!

Cara Cek Nomor 3 via Dial Up

Kita bahas yang paling mudah terlebih dahulu, selain itu juga umum digunakan. Cara cek nomor 3 via dial up terdiri dari tiga macam. Artinya, ada beberapa kode yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui nomor Tri yang sedang digunakan.

Baca Juga :   13 Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan Dari Plat Nomor

Cara ini juga sering dilakukan bagi mereka yang membeli paket internet atau paket SMS. Meskipun sangat mudah, namun kamu harus mengetahui kode rahasia yang dimaksud. Dibawah ini adalah tiga kode tersebut dan sekaligus cara menggunakannya!

Melalui Kode *998#

Kode pertama adalah *998#, kamu juga bisa menggunakan kode ini untuk membeli paket internet. Selain itu, ada banyak informasi penting yang mungkin kamu butuhkan. Caranya mudah, silahkan ikuti tutorial berikut ini!

  • Buka menu telepon di HP.
  • Tekan kode dial *998#.
  • Selanjutnya tekan Call atau Panggil.
  • Pastikan bahwa panggilan yang dimaksud sesuai dengan nomor SIM yang digunakan.
  • Tunggu prosesnya sebentar, lalu akan muncul informasi nomor 3 dan masa aktifnya.

Cara Cek Nomor 3 Melalui *111*1#

Selain kode yang disebutkan diatas, kamu juga bisa menggunakan kode lain untuk cek nomor 3. Kode yang dimaksud adalah *111*1#, untuk caranya juga melalui menu telepon. Supaya tidak terjadi kesalahan, lebih baik ikuti langkah berikut!

  • Buka Menu telepon.
  • Tekan kode *111*1#.
  • Klik OK, Call, atau Panggil, dan pastikan pada slot SIM kartu Tri.
  • Informasi nomor kartu akan ditampilkan pada layar HP.

Melalui Kode Dial *123*10#

Hampir semua pengguna HP pastinya tahu bahwa *123# adalah kode yang umum digunakan. Kode ini merupakan yang paling utama untuk setiap operator. Bukan hanya untuk mengecek nomor sebenarnya, namun juga untuk pembelian paket internet.

  • Buka menu telepon.
  • Tekan kode dial *123*10#.
  • Klik OK pada slot kartu Tri.
  • Silahkan lihat nomor 3 pada layar HP.

Cek Nomor 3 Via Aplikasi

Jika kamu kesulitan menggunakan ketiga kode dial up diatas dengan alasan tertentu, ada baiknya mencoba cara lain. Salah satu cara cek nomor 3 yang dimaksud adalah melalui aplikasi. Adapun aplikasinya adalah Bima Tri, kamu bisa instal gratis di Playstore.

Baca Juga :   Instagram Qlizz: Situs Penambah Followers Instagram Gratis

Bagi sebagian pengguna, cara ini dianggap paling mudah karena tanpa harus mengingat dan memasukkan kode dial. Hanya saja kamu perlu aplikasi yang di dalamnya sudah terdaftar nomor yang ingin kamu cek.

  • Download dan instal aplikasi Bima Tri melalui Playstore atau Appstore.
  • Lakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan nomor yang ingin kamu cek.
  • Jika sudah selesai, untuk mengecek nomor 3 hanya tinggal membuka aplikasinya.
  • Di halaman utama akan diperlihatkan berapa nomor yang kamu pakai.
  • Cara ini memang sangat mudah, namun tidak bisa dilakukan jika sebelumnya nomor tidak masuk dalam database aplikasi.

Cara Cek Nomor 3 Lewat SMS

Bukan termasuk cara cek nomor 3 yang utama, namun tetap penting untuk kamu ketahui. Cara ini tidak gratis, artinya kamu perlu pulsa untuk melakukannya. Tidak banyak, hanya butuh untuk satu kali SMS saja. Caranya yakni dengan mengirimkan SMS ke nomor lain, baik teman maupun keluarga.

Untuk isi pesannya tidak ada ketentuan, karena tujuannya hanya untuk melihat nomor pengirimnya. Setelah kamu kirim, silahkan tanyakan pada penerima berapa nomor yang tertera. Sampai di sini pastinya kamu paham bukan apa yang dimaksud?

Cara Cek Nomor Tri dengan Telepon

Hampir sama dengan cara diatas, cara cek nomor 3 dengan telepon juga memanfaatkan nomor lain. Bedanya, kali ini kamu menggunakan menu panggilan, bukan SMS. Tidak perlu dijawab teleponnya, cukup miss call saja untuk mengetahui nomor kamu sendiri.

Usahakan nomor yang kamu telepon berada di posisi saat ini, jadi tidak perlu menanyakan lagi via SMS. Maksudnya, kamu bisa pinjam HP teman atau saudara, kemudian panggil nomor mereka. Apabila panggilan sudah masuk, langsung saja tutup dan lihat nomornya.

Baca Juga :   9 Cara Mengembalikan Foto WA Yang Sudah Dihapus Oleh Pengirim

Cara ini dijamin berhasil, namun kamu harus menyiapkan pulsa untuk melakukannya. Supaya tidak mengulangi langkah yang sama, pastikan kamu catat dan simpan nomor Tri pada kontak atau buku kecil.

Cara Mengetahui Nomor 3 Via Operator

Masih ada lagi cara cek nomor 3 yang dapat kamu lakukan selain yang disebutkan diatas. Kita sudah membahas cara melalui kode dial, SMS, telepon, dan juga memanfaatkan aplikasi Bima Tri. Selanjutnya kita bahas cara mengecek lewat operator, yakni memanfaatkan menu panggilan.

Bukan panggilan kepada teman seperti cara sebelumnya, namun kali ini melakukan panggilan pada operator Tri. Seperti yang diketahui, Tri memberikan pelayanan 24 jam via online, salah satunya adalah melalui telepon.

  • Buka menu panggilan atau telepon.
  • Tekan nomor 111, kemudian Call.
  • Tunggu hingga kamu tersambung dengan operator.
  • Langsung tanyakan maksud dan tujuan kamu menghubunginya.

Penutup

Bagaimana, sudah sangat jelas bukan bagaimana cara cek nomor 3 diatas? Ada banyak cara yang dapat dilakukan, namun yang paling kami sarankan yaitu menggunakan kode dial up. Selain mudah dan efektif, cara ini dijamin berhasil dan tidak perlu biaya sama sekali.