12+ Cara Mengatasi Akun TikTok Tidak Bisa Follow 2023

Senior Kultural Oktober 6, 2023

Cara Mengatasi Akun TikTok Tidak Bisa Follow sebenarnya sangat mudah, tetapi banyak hal yang perlu kamu ketahui terutama terkait syarat dan kebijakan terkait cara mendapatkan Followers di TikTok.

Ini buka hal baru mengingat banyak akun TikTok sekarang, terutama yang pengguna baru susah mendapatkan Followers atau akun TikToknya tidak bisa mengikuti sama sekali.

Dari pada bingung mencoba cara-cara yang belum pasti berhasil, berikut mimin ulas untuk kamu secara lengkap Cara Mengatasi Akun TikTok Tidak Bisa Follow secara lengkap di bawah ini.

Sekilas Tentang Fitur Follow TikTok

Fitur follow Aplikasi TikTok merupakan sebuah fitur yang memungkinkan setiap pengguna untuk mengikuti akun pengguna lain dan menerima pembaruan tentang konten baru yang diunggah oleh akun tersebut di feed mereka.

Dengan mengikuti aku, pengguna juga dapat berinteraksi dengan konten yang diunggah oleh pengguna tersebut, seperti menyukai, berkomentar dan berbagi.

Fitur follow juga memungkinkan pengguna untuk menemukan konten baru dari pengguna lain yang memiliki minat yang sama atay memposting konten yang menarik.

Selain itu, melalui fitur follow pengguna juga dapat mengontrol siapa saja yang dapat mengikuti akunnya dengan memilih opsi privasi yang berbeda.

Fitur ini juga memberikan batasan kepada penggunannya, dimana setiap pengguna hanya bisa mengikuti akun TikTok pengguna lain sebanyak 140 akun setiap harinya.

Penyebab Akun TikTok Tidak Bisa Follow

Saat ini ada beberapa masalah atau kendala yang terjadi yang menyebabkan pengguna merasa terganggu dalam mengakses TikTok, salah satunya adalah akun yang tidak bisa mengikuti akun lain.

Faktor utama yang menjadi penyebab akun TikTok tidak bisa follow yaitu mengalami error atau bug aplikasi. Bukan hanya itu saja, beberapa penyabab lain yang menjadikan TikTok tidak bisa follow, yakni diantaranya sebagai berikut.

  • Batasan Jumlah Following.
  • Pelanggaran Aturan Komunitas.
  • Pembatasan Akun TikTok.
  • Server TikTok Sedang Down.
  • Koneksi Internet Lemah.
  • Data dan Cache Aplikasi Menumpuk

Selain penyebab TikTok tidak bisa mengikuti akun lain diatas, pastikankamu sudah melakukan update aplikasi TikTok. Karena hal ini juga bisa menjadi penyebab permasalahan yang sedang terjadi pada akun TikTok kamu.

Sebenarnya penyebab akun TikTok tidak bisa Follow bisa datang dari internal aplikasi atau cara penggunaan oleh akun TikTok itu sendiri,.

Maka dari itu, sangat penting mengetahui penyebab pastinya sebelum melakukan Cara Mengatasi Akun TikTok Tidak Bisa Follow yang akan diterapkan

Baca Juga : 15 Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir 2023

Cara Mengatasi Akun TikTok Tidak Bisa Follow

🔰 Akun TikTok Tidak Bisa Follow ✅Solusinya
🔰 Cara Utama ✅Buka Akun TikTok Rutin
🔰 Solusi Lainnya ✅Jangan Lakukan Spam
🔰 Rekomendasi ✅Hapus Data Aplikasi
🔰 Rating Aplikasi ⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️
Baca Juga :   7 Aplikasi Menabung Dolar Terbaik 2023

Sebelum mengetahui cara mengatasi akun TikTok tidak bisa follow, kamu juga harus memahami kebijakan yang telah diberlakukan oleh platform ini kepada pengguna.

Syarat dan ketentuan ini diberlakukan khusus untuk pengguna baru, dimana setiap pengguna yang baru saja membuat akun TikTok diberi batasan hanya dapat mengikuri atau follow akun TikTok pengguna lain sebanyak 140 akun saja setiap harinya.

Apabila pengguna mengikuti pengguna lain lebih dari batas yang telah ditentukan, maka dapat dipastikan pengguna tidak akan bisa mengikuti akun lain lain.

Namun bagi beberapa pengguna TikTok, baik yang baru saja membuat akun maupun sudah lama membuat akun dan tidak melanggar ketentuan yang diberlakukan ada beberapa cara mengatasi akun TikTok tidak bisa follow, yakni diantaranya :

1. Membatasi Limit Follow Akun

Cara Mengatasi Akun TikTok Tidak Bisa Follow

Cara Mengatasi Akun TikTok Tidak Bisa Follow adalah memberikan batasan bagi pengguna untuk mengikuti akun TikTok pengguna lain per hari.

Hal tersebut dilakukan, untuk mencegah spamming dan penyalahgunaan fitur follow. Apabila kamu mencoba mengikutin akun TikTok lain terlalu banyak dalam waktu yang singkat, maka sistem TikTok akan memblokir fungsi follow kamu untuk sementara waktu.

Jadi, jika kamu mengalami masalah akun TikTok dan sedang mencari tahu cara mengatasi akun TikTok tidak bisa follow sebaiknya dengan membatasi jumlah akun yang di di ikuti dalam sehari.

2. Periksa Server TikTok

Cara Mengatasi Akun TikTok Tidak Bisa Follow
Cek Server TikTok

Sebagai salah satu aplikasi ternama, TikTok juga tidak terlepas dari masalah server. Karena TikTok mengandalkan servernya untuk memproses konten dan layanan epa penggunanya.

Jika ternyata server TikTok sedang down, kamu hanya bisa menunggu hingga TikTok memperbaiki masalah tersebut. Apabila server sudah pulih kembali, kamu bisa mencoba follow akun lain kembali seperti biasa.

Ini merupakan Cara Mengatasi Akun TikTok Tidak Bisa Follow yang paling umum apabila server dari aplikasi TikTok sedang gangguan.

Jika server TikTok sedang mengalami masalah atau down, maka kamu tidak akan dapat menggunakan fitur beberapa fitur, seperti fitur follow.

Untuk memastikan permasalahan tersebut, kamu bisa cek apakah server TikTok mengalami kendala, seperti down, error, atau maintenance.

Kamu bisa mencari informasi dengan mengunjungi situs web status.tiktok.com atau downdector.

3. Hapus Cache Aplikasi

Cara Mengatasi Akun TikTok Tidak Bisa Follow
Hapus Cache Aplikasi TikTok

Terkadang masalah teknis bisa terjadi karena cache aplikasi TikTok yang terlalu banyak. Apabila cache aplikasi telah menumpuk, dapat dipastikan kamu tidak dapat mengikuti akun TikTok lain.

Agar tetap bisa follow akun lain, Cara Mengatasi Akun TikTok Tidak Bisa Follow hanya ada satu yaitu hapus cache Tiktok terlebih dahulu, berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan.

  • Buka menu Pengaturan atau Setelan di perangkat ponsel kamu.
  • Pilih opsi menu Aplikasi dan pili Manajemen aplikasi.
  • Cari dan pilih Aplikasi TikTok.
  • Klik Penggunaan penyimpanan.
  • Setelah itu Hapus cache aplikasi.

4. Update Aplikasi TikTok

Cara Mengatasi Akun TikTok Tidak Bisa Follow
Update Aplikasi TikTok

Memperbaharui aplikasi TikTok ke versi terbaru juga merupakan Cara Mengatasi Akun TikTok Tidak Bisa Follow.

Baca Juga :   Dapatkan Diamond Com Gratis : Hasilkan 3000 DM ML Real

Terkadang masalah yang muncul pada aplikasi TikTok bisa disebabkan oleh bug atau masalah teknis tertentu.

Karena TikTok sendiri selalu mengembangkan dan meningkatkan aplikasi mereka melalui fitur-fitur baru maupun hal lain yang menyebabkan tidak bisa mengikuti akun TikTok lain.

Untuk memastikan bahwa kamu telah memiliki versi terbaru aplikasi TikTok atau ingin melakukan pembaharuan, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka menu Play Store di ponsel kamu.
  • Ketik TikTok pada kolom pencarian.
  • Klik update apabila akun belum diperbaharui.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses update selesai dilakukan.

Setelah melakukan update aplikasi TikTok, selanjutnya buka aplikasi TikTok kamu kemudian ikuti akun TikTok pengguna lain untuk memastikan masalah tersebut sudah teratasi.

5. Pastikan Koneksi Internet Lancar

Koneksi internet yang tidak stabil atau lemah dapat menghambat akses ke aplikasi TikTok dan mengganggu fungsionalitas aplikasi, termasuk pada fungsi follow itu sendiri.

Oleh sebab itu, pastikan kamu memiliki koneksi internet yang lancar dan stabil ketika ingin menggunakan aplikasi TikTok. Kamu bisa mencoba untuk menghubungkan perangkat yang sedang digunakan saat ini ke jaringan WIFI yang lebih stabil dan kuat.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan koneksi data seluler yang lebih cepat dan stabil agar bisa mengakses TikTok tanpa terkendala, seperti tidak bisa melakukan follow.

6. Instal Ulang Aplikasi

Cara mengatasi akun TikTok tidak bisa follow selanjutnya yang dapat kamu coba yaitu dengan melakukan Re-Instal Aplikasi TikTok.

Karena dengan melakukan instal ulang aplikasi TikTok dapat memastikan bahwa kamu memiliki aplikasi TikTok yang bersih dan terbaru, tanpa masalah teknis atau bug yang mungkin ada pada versi sebelumnya.

7. Hubungi Tim Dukungan TikTok

Cara Mengatasi Akun TikTok Tidak Bisa Follow
Hubungi Kontak Bantuan TikTok

Sudah mencoba semua cara diatas namun masih tetap tidak ada perubahan pada akun TikTok, langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk cara mengatasi akun TikTok tidak bisa follow yaitu dengan menghubungi Tim dukungan TikTok.

Pasalnya, Tim Dukungan TikTok dapat membantu kamu untuk memperbaiki masalah yang lebih komplek dam memberikan solusi yang lebih spesifik lagi dibandingkan harus mengikuti semua cara diatas.

Berikut panduan untuk menghubungi Customer Service Tikok :

  • Buka menu Dukungan.
  • Pilih Pusat Bantuan.
  • Isi kendala yang sedang kamu alami pada Form laporan secara detail. Pastikan kamu melampirkan nma dan username TikTok agar memudahkan CS untuk mengakses akun kamu.
  • Kirim Laporan ke CS TikTok.

Tunggu hingga pihak TikTok memberikan balasan laporan kamu, biasanya pihak TikTok akan mengkonfirmasi 1-5 hari selama jam kerja.

Pastikan melakukan cek email secara berkala memerksa balasan email dari TikTok terkait tindakan yang harus kamu lakukan selanjutnya agar bisa mengikuti akun pengguna lain di TikTok.

Mengapa TikTok Memberi Batasan Pengikut?

Cara Mengatasi Akun TikTok Tidak Bisa Follow

Tiktok memberikan batasan pengikut untuk mencegah terjadinya spamming dan penyalahgunaan fitur follow oleh pengguna yang tidak bertanggung jawab.

TikTok selalu ingin memastikan bahwa pengguna yang menggunakan platformnya untuk berbagi konten dan membangun komunitas yang positif dan kreatif.

Tanpa terganggu oleh pengguna yang melakukan spamming atau penyalahgunaan fitur follow dengan mengikuti terlalu banyak mengikuti terlalu banyak akun dalam waktu yang singkat.

Baca Juga :   12 Cara Mengembalikan File PDF Yang Terhapus Di WhatsApp

Maka dengan memberikan batasan pengikut, TikTok juga ingin memastikan bahwa pengguna tidak terjebak dalam praktik-praktik penipuan, seperti pengumpulan pengikut secara tidak wajar, pembelian pengikut palsu, atau pertukaran pengikut.

Selain itu, batasan pengikut juga dapat membantu pengguna dalam meningkatkan kualitas konten di platform TikTok.

Dengan membatasi jumlah akun yang dapat di follow dalam sehari, pengguna TikTok juga diharapkan akan lebih selektif dalam memilih akun yang akan di follow dan akan mengikuti akun yang relevan dengan minat serta kepentingan pribadi.

Baca Juga : Cara Live di TikTok & Penyebab Kenapa Tidak Bisa Live di TikTok

Bagaimana Cara Mengatasi Akun TikTok Terkena Limit

Terkena limit follow di TikTok artinya kamu telah melewati batas jumlah akun yang dapat di-follow oleh setiap pengguna per hari.

Ketika kamu terkena follow di TkTok maka kamu tidak akan bisa mengikuti akun TikTok pengguna lain hingga batas waktu yang telah ditentukan oleh sistem.

Waktu blokir ini bisa bervariasi, tergantung pada seberapa sering kamu melakukan pelanggaran dan seberapa sering kamu telah terkena limit follow di masa lalu.

  1. Membuka akun TikTok sesering mungkin.
  2. Hindari melakukan spam.
  3. Batasi jumlah following per hari.
  4. Hapus cache atau data aplikasi.
  5. Hindari menggunakan aplikasi Bot Auto Follow.
  6. Patuhi Tos aplikasi TikTok.

Tips Agar TikTok Bisa Follow Akun Lain

Selain cara mengatasi akun TikTok tidak bisa follow kamu juga wajib tahu apa saja tips yang bisa kamu lakukan agar akun yang kamu miliki bisa kembali mengikuti akun TikTok orang lain.

Pasalnya, mengikuti akun lain di TikTok akan memberikan kamu beberapa manfaat, seperti :

  • Meningkatkan followers secara pasif.
  • Memastikan akun lain mengetahui bahwa kamu telah mengikuti mereka.
  • Menyimpan data akun atau video di daftar list teman yang kamu ikuti sehingga tidak kesulitan mencarinya di lain waktu.
  • Meningkatkan branding akun TikTok.
  • Sebagai syarat agar bisa live di TikTok.

Apabila kamu ingin follow akun TikTok orang lain, sebaiknya cek terlebih dahulu apakah akun yang akan kamu ikuti tidak melanggar kebijakan yang telah ditentukan oleh aplikasi TikTok.

Perlu dicatat, pastikan kamu juga tidak mengikuti akun pengguna TikTok lain lebih dari 1000 orang akun perhari untuk mengatasi terkena limit mengikuti atau di ikuti dan cara mengatasi akun TikTok tidak bisa follow tidak menjadi pencarian kamu lagi.

Kesimpulan

Cara Mengatasi Akun TikTok Tidak Bisa Follow
Cara Mengatasi Akun TikTok Tidak Bisa Follow

Demikian beberapa cara mengatasi akun TikTok tidak bisa follow yang dapat kamu coba apabila akun TikTok yang sedang digunakan sedang mengalami kendala tersebut.

Hindari melakukan follow akun TikTok pengguna lain melebihi batas yang telah ditentukan, agar akun Tiktok terhindar dari spamming atau penyalahgunaan fiur follow. Karena TikTok sendiri akan memberikan sanksi pada setiap pengguna yang melanggar aturan yang telah ditentukan.

Semoga informasi cara mengatasi akun TikTok tidak bisa follow ini bermanfaat dan sampai bertemu diinformasi selanjutnya. Selamat Mencoba!