10 Cara FYP Tiktok Hari Ini Biar Viral Banyak Viewer dan Like

Kultural.ID – Kaum milenial yang doyan main Tiktok pasti cari tentang cara FYP Tiktok. FYP sendiri merupakan singkatan dari For Your Page yang mana sering dipakai untuk konten video viral.

Video viral sebenarnya bisa berhubungan banyak bidang. Tak jarang para pengusaha mengandalkan fitur upload video untuk membuat viral barang dagangannya.

Khususnya bagi pengusaha yang mencari target orang muda. Yups, kita semua tahu jika anak muda lebih dari 40% tidak dapat lepas dari yang namanya media sosial.

Karena sekarang yang sedang menjamur media Tiktok, sudah pasti banyak anak muda tadi yang juga bermain Tiktok. Well, mungkin kamu salah satu dari generasi yang demikian.

Konten yang viral umumnya punya banyak viewers. Sebagian besar jumlah like mencapai lebih dari angka 200. Kalau kamu juga sedang berusaha membuat konten demikian, sebaiknya paham terhadap hal-hal terkait Fyp Tiktok.

Apabila kamu ingin lebih paham tentang hal yang berhubungan Fyp Tiktok pastikan baca laman ini hingga selesai. Kami juga akan membahas tentang keuntungan dan juga algoritma yang dipakai Fyp Tiktok.

Kemudian kamu juga harus mengerti tentang cara FYP Tiktok agar benar-benar viral. Semuanya akan dibahas dalam penjelasan ini.

Apa Itu Fyp Tiktok

Kamu sudah mengetahui bahwa kepanjangan dari Fyp adalah For Your Page. Bila diterjemahkan secara harafiah ke dalam bahasa Indonesia yakni Untuk Halaman Kamu.

Sebagian besar dari konten Fyp berdurasi sebentar. Paling cepat 15 detik dan terlama hanya 3 menit. Hanya saja jarang sekali content creator yang membuat konten video FYP Tiktok mencapai 3 menit.

User dapat mencari video Fyp Tiktok sesuai minat masing-masing. Sisanya video yang muncul akan disesuaikan dengan preference user tadi.

Kumpulan dari video yang muncul bisa berasal dari orang tak dikenal karena bersifat random. Bisa juga video yang ditampilkan merupakan milik follower maupun orang-orang yang kamu ikuti.

Tujuan dari keberadaan fitur tersebut adalah memberikan video yang direkomendasikan berdasarkan hal-hal yang biasa dicari user. Pemberian konten relevan dari Tiktok kepada user diharapkan mampu memberikan inspirasi.

Tentu saja tujuan lainnya untuk semakin menarik perhatian user untuk lagi dan lagi menggunakan Tiktok.

Sudah terbukti bukan algoritma itu berhasil karena jumlah dari pengguna aktif Tiktok mencapai 1,46 miliar per bulan.

Jumlah yang cukup banyak bukan. Pastinya pengguna aktif Tiktok jarang sekali yang melewatkan untuk menonton konten video Fyp setiap hari.

Fyp atau Prime Time Tiktok terbaru akan ditampilkan dengan mengingat lokasi, jam aktif, dan juga demografi dari user. Informasi ini sendiri juga sering dimanfaatkan oleh content creator untuk posting video mereka.

Waktu-waktu prime time yang paling efisien dalam menjaring orang melihat postingan content creator. Potensi mendapatkan like dan viewer pun akan menjadi besar jika posting di jam yang banyak pengguna aktif.

Baca Juga :   Cara Top Up Higgs Domino Murah Via Pulsa Telkomsel, Codashop DLL

Keuntungan Fyp Tiktok

Kamu sudah memahami sekilas tentang apa itu Fyp Tiktok. Sebelum mulai belajar cara Fyp Tiktok, sebaiknya tahu dahulu tentang keuntungan pakai fiturnya.

Fitur yang ada di Tiktok ini juga menawarkan banyak keuntungan selain dari segi bisnis. Kamu bisa simak apa saja keuntungannya berikut:

Hiburan

Tidak dapat dipungkiri bahwa Fyp Tiktok memberikan hiburan kepada banyak user, terutama yang sedang mengalami lockdown.

Bagaimanapun pandemik Covid-19 belum berakhir dan akan terasa bosan hanya sekedar WFH dan rebahan di rumah.

Para user Tiktok pun banyak yang menggunakannya untuk mencari hiburan. Sekedar menonton video yang mereka sukai atau berkomunikasi.

Apalagi konten Tiktok juga sempat mengeluarkan tantangan berupa “make up challenge 3 menit”. Banyak para MUA dan orang biasa mencoba tantangan tersebut.

Bahkan banyak yang membuat lelucon tentang tantangan bermake up tersebut karena tidak mudah melakukannya hanya dalam waktu 3 menit. Ada hasil make up yang hancur lebur dan ada yang berhasil.

Membuat Orang Semakin Kreatif

Tiktok juga memiliki banyak konten video yang mendidik. Misalkan saja membuat kue, payetan, dan lain-lain.

Meskipun video dilakukan percepatan dalam proses memberikan ilmunya, tetapi tetap saja bisa bermanfaat bagi banyak orang. Alhasil banyak orang menjadi lebih kreatif dengan menonton video Fyp Tiktok.

Bahkan video-video tersebut dapat memberikan inspirasi kepada banyak orang. Tak jarang juga trend dari suatu Fyp ditiru oleh orang lain.

Mungkin kamu juga salah satunya yang jadi pandai edit konten setelah melihat Fyp Tiktok. Sisanya kamu dapat mengarahkan edit konten untuk hal yang produktif.

Menambah Jejaring Pertemanan

Tidak bisa dipungkiri bahwa mencari teman dari media sosial memang harus hati-hati. Namun tidak boleh sampai menutup diri dari penggunaan media sosial guna mencari teman.

Kamu juga berkesempatan memperoleh teman dari berbagai belahan dunia. Selain mencari teman, user juga dapat berbagi komentar terhadap postingan orang lain.

Selalu perhatikan apa yang kamu ketik di kolom komentar. Sebarkan komentar positif sehingga kamu bisa mendapatkan banyak teman baik juga.

Apa Itu Algoritma Fyp Tiktok

Siapapun yang hendak terjun secara serius ke dunia Tiktok harus paham algoritmanya juga. Algoritma ini sebenarnya cukup rumit karena mampu menampilkan apa yang menjadi ketertarikan user.

Berkat algoritma tersebut, pengguna Tiktok akan memperoleh konten video berdasarkan kebiasaan menonton. Dengan kata lain Fyp orang satu dengan lainnya akan berbeda-beda.

Algoritma yang demikian dirancang agar tepat sasaran sehingga user semakin betah menggunakan Tiktok. Contohnya seseorang hobi masak sehingga sering melihat cara orang memasak yang diposting di video Tiktok.

Sudah pasti Fyp yang akan muncul dalam berandanya berkaitan dengan dunia memasak. Namun video memasak tersebut tak akan muncul pada beranda orang-orang yang senang mencari video make up.

Begitu juga dengan orang yang senang menonton video masak tadi tidak akan sampai video Fyp make up masuk dalam berandanya. Begitulah cara kerja dari algoritma Tiktok demi menjaring banyak penonton.

Ketahui Jadwal Fyp Tiktok

Kamu sudah memahami tentang cara kerja dari algoritma Tiktok. Pengetahuan lain yang harus dipahami juga berhubungan dengan jadwal Fyp Tiktok.

Jadwal Fyp Tiktok tidak berlangsung setiap saat. Ada waktu-waktu tertentu yang terbaik dalam membuat postingan video.

Hampir semua content creator berusaha upload video di jam-jam tersebut. Bagi kamu yang penasaran terhadap waktu spesifiknya dapat simak berikut.

Senin: 12.00 – 13.00

Hari Senin merupakan hari tersibuk bagi orang yang sekolah dan bekerja kantoran. Setiap content creator yang berniat upload video pastikan upload pada jam-jam tersebut.

Biasanya pertumbuhan dari penonton cukup cepat pada jam tersebut. Di luar jam istirahat bisa dikatakan tidak terlalu banyak pengguna aktifnya.

Baca Juga :   Cara Cek Nomor Indosat Masih AKtif Atau Tidak Terbaru 2023

Selasa: 15.00 – 16.00 Maupun 19.00 – 21.00

Hari Selasa banyak dari user Tiktok berusaha menyelesaikan pekerjaan yang belum terselesaikan di hari Senin.

Tentu saja tidak banyak pengguna aktif pada hari Selasa karena memang lebih jarang yang membuka media sosial.

Selepas pulang dari kantor barulah orang aktif kembali menggunakan media sosial. Usahakan upload konten di hari Selasa pada jam 15.00 – 16.00 dan jam 19.00 – 21.00.

Rabu: 11.00 – 12.00 Sekaligus 20.00 – 21.00

Banyak dari orang sudah mulai suntuk pada hari Rabu. Tidak heran banyak dari mereka yang membuka media sosial termasuk Tiktok untuk mengusir bosan.

Alhasil banyak content creator posting pada jam 11.00 – 12.00. Kemudian grafik pengguna aktif kembali naik pada 20.00 – 21.00.

Kamis: 12.00, 16.00, 19.00 – 22.00

Di hari Kamis orang-orang juga cenderung lebih fleksibel. Jumlah waktu total di hari itu masuk kategori prime time cukup banyak.

Jumat: 11.00 – 12.00 Sekaligus 19.00 – 22.00

Hari Jumat merupakan hari dimana banyak orang menjadi lebih fleksibel. Tidak heran kalau pengguna Tiktok juga meningkat di waktu-waktu tertentu.

Sabtu: 09.00 – 11.00 Maupun 19.00 – 21.00

Banyak dari para pekerja libur pada hari Sabtu. Tak heran kalau jumlah pengguna aktif Tiktok juga mengalami kenaikan.

Minggu: 07.00 – 11.00 Sekaligus 16.00 – 21.00

Seluruh karyawan dan anak sekolah libur di hari Minggu. Jumlah pengguna aktif paling banyak memang justru ada di hari ini sehingga content creator justru harus upload di hari minggu.

Inilah 10 Cara Fyp Tiktok

Pertambahan pengguna Tiktok akan membuat kompetisi untuk viral semakin sulit. Tapi tenang saja, kamu bisa menggunakan beberapa cara yang akan dijelaskan berikut.

Jangan Terpacu Membuat Konten dari Kuantitas

Kamu jangan berpikir bahwa video Tiktok sama dengan website. Viralnya suatu konten video bukan disebabkan oleh kuantitas dari video yang diupload.

Ubah mindset semakin banyak upload video maka akan semakin viral. Konsep itu salah dan perlu diubah karena tindakan tersebut justru disebut dengan spamming.

Tidak ada orang yang suka dengan spamming. Sebagai gantinya coba untuk upload video yang berkualitas dan kreatif.

Video yang demikian berpotensi dilihat banyak orang. Sebagian besar Tiktokers terkenal justru punya jumlah video yang sedikit tetapi mayoritas viral karena memang bagus.

Buat Konten Berdurasi Pendek

User Tiktok biasanya kurang suka dengan konten video yang berdurasi panjang. Berangkat dari fakta tadi, kamu dapat mulai buat video yang durasinya tidak sampai 1 menit.

Jika memungkinkan kamu juga bisa membuat video berdurasi 15-30 detik saja. Video berdurasi pendek dapat membuat completion konten semakin cepat.

Tidak heran kalau sebagian besar Tiktokers akan buat part 2 atau part 3 untuk menjaga waktu tetap pendek dari video yang seharusnya berdurasi panjang.

Mungkin kamu juga bisa coba teknik ini ketika ada hal yang harus disampaikan tetapi berdurasi panjang.

Gunakan Latar Belakang Sound yang Viral

Beberapa lagu ada yang viral dipakai untuk upload konten video. Nah, kamu juga bisa memanfaatkan sound itu saat membuat konten video.

Suara yang familiar bagi user akan membuat mereka tertarik melihat konten-konten dengan sound sama.

Kamu bisa coba terus searching dan nonton konten di Tiktok dalam seminggu terakhir guna mengetahui mana sound yang popular dan tidak.

Cara paling mudah untuk tahu sound viral adalah dengan melihat dari bagian Discover. Bagian Discover selalu menayangkan video terbaru popular saja.

Gunakan Hastag yang Tepat

Hal lain yang harus diperhatikan dalam cara Fyp Tiktok adalah pakai hastag yang banyak dicari user Tiktok. Jangan salah mengira bahwa hastag #ForYou dan #FYP dapat menarik banyak penonton.

Baca Juga :   Cara Top Up Higgs Domino Murah Via Pulsa Telkomsel, Codashop DLL

Faktanya hastag tadi tidak berfungsi efektif dalam membuat suatu video menjadi viral di Tiktok. Kamu perlu pakai hastag berdasarkan video yang diupload.

Kamu bisa coba untuk research hastag melalui video trending. Pastikan memilih hastag yang terkenal saja untuk mendongkrak trafik menuju video kamu.

Lakukan Interaksi dengan Followers

Pada dasarnya setiap orang yang ingin terkenal sebagai Tiktokers harus mampu membangun interaksi terhadap followers. Para followers akan merasa bahwa seorang Tiktokers tadi perhatian dengan followernya.

Tentu saja kamu juga harus meniru langkah tersebut. Bangun interaksi positif dengan followers.

Apabila ada followers yang memberikan komentar buruk terhadap kamu cukup maafkan mereka. Tak perlu meladeni dengan membalasnya.

Tidak perlu dibalas dengan ujaran kebencian juga. Membalas dengan ujaran kebencian justru akan merusak kesehatan diri juga.

Selalu Ikuti Trend

Menjadi seorang Tiktokers juga harus selalu update terhadap apa yang menjadi trend sekarang. Kamu tidak boleh sampai ketinggalan trend tetapi juga jangan menjadi FOMO.

Selalu amati video yang sedang trending. Lalu apa ciri-ciri dari video yang tengah naik daun?

Ciri-ciri dari video viral yakni memiliki viewer dan juga like banyak. Pelajari bagian mana dari video yang membuat orang-orang mau memberikan like dan menonton sampai video selesai.

Sisanya kamu bisa coba-coba edit video seperti yang sedang trending. Tentu saja kamu harus menambahkan unsur kreativitas sehingga tidak sama persis dengan konten lain dan ada factor wow.

Pakai Caption Menarik

Faktor lain yang tidak boleh dilupakan dari pembuat konten video adalah penggunaan caption menarik.

Meskipun sebuah video terlihat menarik tetapi caption biasa saja maka potensi untuk memperoleh lebih banyak user jadi berkurang.

Gunakan 150 karakter secara efektif guna membuat caption. Sebaiknya kamu membuat kalimat pendek yang membuat orang tertarik menonton sampai video selesai.

Sematkan juga hastag yang banyak diminati user Tiktok. Contoh dari caption kalimat pendek yang menarik adalah “tonton hingga akhir”.

Kamu juga bisa membuat caption positif yang sekiranya menarik percakapan orang di komen. Cara ini biasanya sangat efektif dalam menarik perhatian user.

Ungguh Video dalam Masa Prime Time

Setiap pembuat konten video Tiktok juga harus paham dengan istilah prime time. Prime time merupakan istilah dimana ada jam-jam tertentu yang punya banyak pengguna aktif Tiktok.

Usahakan untuk upload di jam-jam prime time agar cepat dapat viewer dan like. Bagaimanapun semakin banyak pengguna aktif, maka akan semakin banyak orang yang mungkin dapat menonton video kamu.

Jadwal prime time dari Tiktok adalah pada jam istirahat kerja dan pulang kerja. Jam istirahat kerja atau sekolah berada di rentang waktu 12.00 sampai 13.00.

Kemudian jam pulang kantor ada di kisaran 16.00 atau 17.00. Informasi lebih rinci dapat simak lagi di jadwal Fyp Tiktok.

Buat Konten Menarik

Penting untuk mengingat bahwa kamu harus selalu membuat konten menarik berdasarkan kualitasnya. Kualitas yang dimaksud tidak hanya dari segi kreativitas melainkan dari segi kejernihan video.

Kamu juga pasti tidak suka melihat video yang buram kan. Hal ini juga berlaku bagi pengguna Tiktok lainnya.

Pada tahapan ini, kamu bisa mencoba untuk meningkatkan kejernihan video yang diupload. Setelahnya kamu bisa bereksperimen pakai berbagai filter.

Buat Video yang Bersifat Engagement

Membangun engagement cukup penting. Video engagement memiliki kekuatan untuk menarik penngguna Tiktok yang melihat video tersebut untuk menuliskan komen.

Pada akhir video usahakan menambahkan kalimat “Bagaimana menurut kalian? Tulis di komen ya.” Kalimat tadi sangat powerful dalam mengajak orang-orang untuk menuliskan komentar dan pendapatnya.

Penutup

Kamu sudah memahami dengan cukup detail mengenai cara Fyp Tiktok. Giliran kamu untuk menerapkan semua pengetahuan tadi.